Interview User Akan Lebih Mudah Jika Menggunakan 7 Tips Ini!

Dalam tahapan perekrutan kerja, interview atau wawancara adalah salah satu tahapan yang akan kamu lalui. Umumnya orang-orang melupakan kehadiran interview oleh user, karena terlalu fokus mempersiapkan diri untuk wawancara bersama HRD. Padahal user adalah orang yang nantinya akan menjadi atasanmu saat kamu resmi diterima.

Berbeda dengan pertanyaan interview HRD, biasanya user akan memberikan pertanyaan yang lebih teknikal tentang pengalamanmu bekerja selama ini. Interview user umumnya menjadi penentu apakah perusahaan tersebut akan menerima kamu atau tidak.

Interview user adalah bagian wawancara terakhir yang menjadi kesempatan emas untuk menunjukkan kesan bahwa kamu adalah kandidat yang tepat dan potensial. Jadi, setelah lolos interview HRD persiapkanlah diri sebaik mungkin untuk lanjut interview user. Penasaran gimana tipsnya? Yuk simak ulasan ala Myskill.id berikut ini!

1. Sebelum Interview dengan User, Persiapkan Diri Sama Seperti Interview HRD

Interview User Akan Lebih Mudah Jika Menggunakan 7 Tips Ini!
Persiapan wawancara kerja

Meski ini bukan lagi interview yang pertama, cobalah untuk tetap mengumpulkan informasi sebanyak mungkin mengenai perusahaan sebelum bertemu user. Kamu mungkin telah menunjukkan performa yang baik saat interview bersama HR. Namun, user yang akan kamu temui saat ini belum mengetahui potensi yang kamu miliki.

Jangan sampai kepercayaan diri yang berlebihan membuatmu kurang persiapan. Cobalah mengantisipasi pertanyaan-pertanyaan mengejutkan. Kamu bisa mencari berbagai kisi-kisi pertanyaan lewat internet yang mungkin akan user tanyakan.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

2. Saat Interview dengan User, Tunjukkan Pencapaian Diri

Interview User Akan Lebih Mudah Jika Menggunakan 7 Tips Ini!
Menunjukkan sebuah pencapaian

Terkadang perekrut mencari keunggulan kandidat yang lebih spesifik dari pelamar lainnya. Salah satu kesalahan yang paling sering seseorang lakukan saat interview adalah memberikan jawaban umum untuk pertanyaan yang spesifik. Padahal, perekrut mencari kandidat yang memiliki keunggulanmu daripada kandidat lain.

Hindari jawaban umum seperti, “Saya adalah pekerja keras.” Lebih baik buktikanlah dengan data. Misalnya berapa total penjualan yang telah kamu capai atau proyek apa saja yang kamu jalani saat bekerja di perusahaan sebelumnya.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

3. Antisipasi Interview Mengenai Gaji

Interview User Akan Lebih Mudah Jika Menggunakan 7 Tips Ini!
Mengkalkulasi pendapatan

Pastikan kamu tetap membawa resume, cv, dan dokumen yang kamu perlukan saat interview dengan user. User bahkan bisa mengajukan kembali pertanyaan tersebut walaupun kamu telah menjawabnya pada interview bersama HRD sebelumnya.

Kamu perlu mempertimbangkan dengan matang sebelum mengajukan nilai yang spesifik. Lakukan riset berapa besar gaji terhadap posisi serta perusahaan yang kamu lamar. Jangan lupa untuk memasukkan biaya tunjangan dan kompensasi.

4. Jangan Malu Bertanya ketika Interview dengan User

Interview User Akan Lebih Mudah Jika Menggunakan 7 Tips Ini!
Mengajukan pertanyaan akan memberikan nilai lebih

Jangan malu untuk bertanya jika diberikan kesempatan di akhir interview oleh user. Perekrut biasanya memberikan kesempatan bagi kandidat untuk mengajukan pertanyaan. Tanyakanlah apa pun yang ingin kamu ketahui mengenai perusahaan serta posisi yang kamu lamar. Ini akan menunjukkan besarnya antusiasmemu.

Ajukan pertanyaan yang berkesan bagi perekrut, misalnya apa tujuan jangka panjang atau tantangan yang dihadapi perusahaan tersebut. Pertanyaan yang kamu berikan harus spesifik dan bukan jenis pertanyaan yang jawabannya bisa kamu temukan sendiri di internet.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

5. Bersikap Jujur dan Terbuka

Interview User Akan Lebih Mudah Jika Menggunakan 7 Tips Ini!
Sikap adalah segalanya

Selain menunjukkan semangat yang tinggi, bersikaplah jujur dan terbuka saat interview user. Jawablah semua pertanyaan dengan padat dan jelas tanpa perlu menambahkan hal lain yang tidak sesuai dengan kondisimu.

Para user tidak hanya menilai kemampuan, tapi juga kepribadianmu. Mereka ingin memahami bagaimana kamu bersikap secara profesional. Jadi, tunjukkanlah keunggulanmu sambil tetap bersikap apa adanya. Ini menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang dapat mereka percayai.

6. Usahakan Outfit Sesuai Budaya Perusahaan

Interview User Akan Lebih Mudah Jika Menggunakan 7 Tips Ini!
Menggunakan pakaian yang tepat saat wawancara

Pakaian yang kamu kenakan bisa menentukan tingkat profesionalisme. Apa yang kamu kenakan saat melakukan interview user akan membantu mereka menilai profesionalisme kamu dalam bekerja. Ketahuilah warna-warna outfit yang dapat menunjukkan kepribadian diri.

Bila perlu, sebelum melakukan interview user usahakan kamu telah mencari tahu budaya berpakaian perusahaan tersebut. Ini cukup penting agar kamu dapat menyesuaikan diri apakah harus memakai pakaian formal atau kasual.

7. Selama Interview Hindari Menjelekkan Kantor Lama

Interview User Akan Lebih Mudah Jika Menggunakan 7 Tips Ini!
Tidak menjelekkan kantor lama

Saat dirimu berada dalam situasi interview dengan user, ada baiknya kamu tidak menjelekkan atasan atau rekan kerja di kantor lamamu. Hal tersebut lantaran bisa membuat citramu justru terlihat buruk. User mungkin malah akan terus mengulik dan mencari tahu apakah dari ceritamu tersebut kamu yang menjadi masalahnya atau bukan.

Tidak etis pula menjelekkan lembaga kerjamu di saat tersebut, meski mungkin kekesalanmu terhadap mantan atasan tak dapat dibendung. Sebisa mungkin tahanlah dirimu untuk tidak menjelek-jelekkan kantor lamamu ya!

Nah, itu tadi ulasan seputar tips yang bisa kamu lakukan sebelum melakukan interview kerja bersama user. Persiapankan dan tunjukkan performa terbaikmu pada tahap ini. Jangan pantah semangat jika setelah interview kamu masih belum mendapatkan panggilan kerja. Selalu upgrade dirimu menjadi lebih baik.

Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa tinggalkan jejak komentar kamu di bawah ini ya!

Good luck!

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join Myskill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan