Interview Kerja Online? Siapa Takut, Simak Tips Ini!

Pada masa pandemi COVID-19 seperti ini, banyak perusahaan yang menghindari melakukan wawancara secara langsung. Cukup banyak yang menetapkan kebijakan untuk melaksanakan interview kerja online yang biasanya dilakukan melalui aplikasi video conference

Mungkin masih ada beberapa  yang belum terbiasa melakukan wawancara secara online. Oleh karena itu, jangan sampai menggampangkan tahap ini. Kita harus mempersiapkan diri lebih baik lagi agar semuanya berjalan lancar dan tertata. Simak tips ala MySkill.id berikut ini.

1. Raga di Rumah tapi Jiwa Berada Dekat dengan Interviewer

interview kerja online
Jiwa dan raga harus merasa dekat dengan recruiter

Interview kerja online bukan berarti kamu bisa santai-santai saja. Bayangkanlah jika kamu mengikuti wawancara secara langsung di perusahaan. Tujuannya adalah agar kamu dapat menumbuhkan keseriusan dalam menjawab pertanyaan dari interviewer.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

2. Don’t Take Too Long to Answer Saat Interview Kerja Online

wawancara daring
Think faster

Tips wawancara online lainnya adalah jangan membuang waktu terlalu lama untuk berpikir, sehingga yang kamu butuhkan adalah kemampuan berpikir cepat. Jika hal ini sudah kamu lakukan, tentunya HR akan merasa bahwa kamu memiliki soft skills seperti berpikir kritis dan komunikasi yang baik. Belum lagi kalau wawancaranya melalui video conference, bisa-bisa makin awkward nantinya.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

3. Jangan Berbelit-Belit

interview kerja online
Jelas, tepat, dan padat, fix no debat

Mau interview kerja online atau offline, pasti sama-sama bikin cemas. Tenang, ini wajar kok. Setelah tips berpikir cepat, selanjutnya adalah menghindari jawaban yang berbelit atau muter-muter. Pastinya kamu sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin dong sebelum wawancara? Jadi jawablah pertanyaan dengan jelas, tepat, dan tidak ngelantur kemana-mana.

4. Tunjukkan Kamu Memiliki Kemampuan Teamwork yang Baik

teamwork
Teamwork is a must!

Bekerja di suatu perusahaan mengharuskan kamu untuk memiliki kemampuan bekerja tim yang baik. Manusia itu makhluk sosial, maka dari itu kita tidak bisa bekerja sendirian. Orang akan butuh kamu, begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu, tunjukkan kepada recruiter bahwa kamu mampu bekerja sama, baik dalam lingkup tim yang besar atau kecil, under pressure or not, dan pribadi yang kooperatif.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

5. Interview Kerja Online: Tell Your Story Not Others

cerita diri sendiri
Ceritakan dirimu, berikan impression yang baik

It’s all about you. Tunjukkan kamu memiliki soft skills dan hard skills yang mumpuni. Ceritakan dan ekspresikan dirimu sepantasnya. Berikan penjelasan mengenai bagaimana kamu menangani suatu tantangan, hindari menceritakan peran orang lain. Lalu, jangan pernah membongkar aib tempat kerja sebelumnya, ini tandanya kamu seseorang yang dapat menjaga rahasia perusahaan.

6. Interview Kerja Online Wajib Memastikan Semua Aspek Teknis Lancar

free wifi
Perhatikan aspek teknis demi mendukung kelancaran interview

Last but not least, pastikan segala aspek teknis lancar. Pertama, jaringan internet harus stabil, entah itu Wi-Fi atau data seluler biar suaranya nggak putus-putus atau delay. Jika perlu, uji coba terlebih dahulu sebelum memulai wawancara, bisa sama teman atau keluarga. Interview kerja online itu wajib menghidupkan kamera, jangan sampai tidak, lho

Pastikan pencahayaan cukup agar penampilanmu terlihat dengan jelas. Sayangkan kalau sudah pakai outfit bagus tapi malah nggak kelihatan. Selanjutnya, sampaikan kepada keluarga atau kerabat di rumah bahwa kamu akan melakukan interview agar lingkungannya lebih kondusif. Pasti akan mengganggu kan bila ada kebisingan? Bisa-bisa kamu hilang fokus. 

Itulah beberapa tips mengenai interview kerja online yang dapat MySkill.id berikan. Wawancara daring ini tentu memiliki tantangannya tersendiri. Baik itu offline atau online, tetap persiapkan diri sebaik mungkin. Tidak ada yang lebih susah atau gampang karena keduanya setara. It’s okay to be nervous, just be yourself. Yuk, boleh banget drop tips lainnya di kolom komentar ya!

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

Bagi para jobseeker yang belum banyak pengalaman atau belum mendapat kesempatan untuk lolos tahap interview, MySkill.id ajak belajar bareng deh. Kita bisa berlatih interview bareng HR berpengalaman. Caranya tinggal gabung dengan membuat akun di laman MySkill.id lalu pilih kelas yang kamu inginkan. Gampang banget kan? Buruan gabung!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Editor: Valentina Yasyfa

Tinggalkan Balasan