Tugas Customer Relationship Management dalam Menjaga Hubungan dengan Pelanggan

Customer Relationship Management memiliki peranan penting dalam mengelola hubungan antara pihak perusahaan dengan pelanggan. Sistem ini dapat memaksimalkan komunikasi dan pemasaran dengan mempertahankan pelanggan serta memberikan nilai tambah kepada mereka. Namun, masih banyak pelaku bisnis yang belum tahu mengenai tugas Customer Relationship Management dan apa tujuan serta manfaatnya. 

Untuk itu, pada artikel ini, MySkill.id akan membahas secara khusus mengenai tugas Customer Relationship Management beserta tujuan dan manfaatnya bagi perusahaan. Let’s dig in!

Apa Tugas Customer Relationship Management yang Dapat Memberikan Keuntungan untuk Perusahaan?

Tugas Customer Relationship Management
Tugas Customer Relationship Management bagi perusahaan

Secara umum, tugas Customer Relationship Management adalah membantu perusahaan untuk mendapatkan informasi secara menyeluruh tentang perilaku pelanggan. Hal ini agar perusahaan bisa memperbaiki sistem operasional dan pelayanan mereka untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggan. 

Selain itu, Customer Relationship Management bertugas untuk menjaga hubungan yang lebih baik dengan pelanggan. Beberapa tugas lainnya dari Customer Relationship Management atau disingkat CRM ini adalah sebagai berikut.

1. Mengumpulkan dan melakukan pengelolaan informasi yang berkaitan dengan layanan dan penjualan dari pelanggan menggunakan sistem yang sudah terhubung dengan pelayanan pelanggan. 

2. Melakukan analisis efektivitas CRM untuk memastikan sistem pelayanan pelanggan sudah berjalan dengan baik atau belum. 

3. Membangun sistem pelayanan terhadap pelanggan secara optimal dan mengidentifikasi berbagai faktor penting bagi kebutuhan pelanggan. 

4. Menangani berbagai saran dan keluhan pelanggan serta menyediakan dukungan penuh untuk pelanggan. 

Tujuan Customer Relationship Management

Tujuan Customer Relationship Management
Ada beberapa tujuan dari Customer Relationship Management

CRM memiliki tujuan utama untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dengan menjaga hubungan antara perusahaan dengan pelanggan yang sudah ada. Selain itu, CRM juga bertujuan untuk menyediakan informasi dan data pelanggan secara lengkap, memperbaiki hubungan bisnis dengan pelanggan, dan meningkatkan pertumbuhan penjualan.

Baca Juga: Mau Pelanggan Loyal dengan Bisnismu? Gunakan Pendekatan Customer Relationship Management!

Apa Manfaatnya untuk Perusahaan?

Ada beragam manfaat CRM untuk perusahaan

Berikut ini beberapa manfaat dari penerapan CRM untuk perusahaan.

1. Mengurangi Biaya Produksi dan Operasional Bisnis Menjadi Lebih Efisien

Dengan adanya CRM, fokus penjualan produk akan lebih spesifik dalam menargetkan pelayanan terhadap pelanggan. Oleh karena itu, biaya yang nantinya keluar akan tercatat dan tampil secara terperinci sehingga dapat membantu mengurangi biaya produksi. 

Selain itu, kegiatan operasional bisnis menjadi lebih efisien karena proses penjualan dan layanan memiliki tingkat risiko yang lebih rendah dalam hal kualitas pelayanan. 

2. Mendorong Loyalitas Pelanggan terhadap Perusahaan 

Hubungan yang terjalin dengan baik antara perusahaan dan pelanggan akan mendorong tumbuhnya loyalitas pelanggan. Hal ini karena perusahaan memiliki informasi pelanggan yang lengkap sehingga dapat menjaga hubungan dalam level bisnis tersebut. Untuk itu, perusahaan harus terus memberikan pelayanan terbaik dan meningkatkan kualitas produk atau jasa agar pelanggan tidak berpindah ke perusahaan saingan. 

Baca Juga: 5 Strategi Pemasaran Efektif untuk Bisnis yang Wajib Diketahui!

3. Meningkatkan Pendapatan dan Time to Market

CRM dapat menghimpun data pelanggan seperti tren pembelian untuk keperluan strategi promosi. Selain itu, CRM juga dapat menentukan waktu yang tepat dalam memasarkan sebuah produk sehingga perusahaan bisa bersiap dalam merencanakan metode pemasaran.  Dengan penerapan CRM yang tepat, semua hal tentunya akan berpengaruh dalam memberikan keuntungan bagi perusahaan secara optimal.

Nah, itulah berbagai tugas Customer Relationship Management beserta tujuan dan manfaatnya untuk perusahaan. Pemahaman tentang ini bisa dipelajari lebih jauh di salah satu kelas MySkill.id, yakni Customer Relationship Management (CRM) Marketing

Dalam kelas ini, ada berbagai pembelajaran mengenai pemahaman segmentasi dan alur pengguna, komponen pada strategi CRM, contoh penerapan, dan kanal distribusi CRM. Semua materi bisa diakses secara lengkap dan ada sertifikat yang bisa didapatkan setelah mengakses semua materinya. Jadi, jangan sampai ketinggalan, ya! 

Editor: Diah Ayu Chairani