7 Tips Rahasia dalam Menghadapi Interview Kerja

Interview kerja memang selalu punya aura tersendiri yang membuat para pelamar ketar-ketir walau hanya memikirkannya. Ada banyak keresahan bermunculan, bagaimana nanti mampu melewati sesi wawancara tersebut dengan mulus. Tak perlu risau lagi, rasa takut itu timbul karena kamu belum mengetahui celah untuk mengatasinya. Intip tujuh tips interview kerja bersama MySkill.id agar tidak kikuk di hari H. Sudah siap membuat HRD terkesan? Check this out!

1. Fisik dan Mental Harus Siap Sebelum Hari Interview Kerja Tiba

Persiapkan fisik dan mental sebelum interview kerja.
Tetap tenang serta bersiap secara fisik dan mental untuk menghadapinya

Bukan hanya mengutamakan kebugaran fisik semata, interview juga butuh kesiapan mentalmu. Terlebih lagi bila ini merupakan panggilan wawancara untuk kali pertama. Rasa tidak karuan dan nervous tak tertahan pasti menyelimuti perasaanmu di hari itu. Untuk itulah, kamu harus mempersiapkan interview ini jauh-jauh hari. Berlatihlah untuk berkomunikasi dengan orang lain agar lebih santai dalam berbicara nantinya.

Saat interview kerja ini berlangsung, tempatkanlah dirimu setenang mungkin. Jangan terlampau cemas dan tergesa. Cobalah untuk berpikir positif untuk mengurangi keresahanmu. Ingat, semua akan baik-baik saja karena kamu sudah mau berusaha sampai di titik itu.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

2. Sudah Paham Soal Posisi yang Kamu Apply untuk Interview Kerja Nanti?

Pastikan kamu mengerti posisi yang kamu apply.
Jangan malas mencari tahu, sebab selalu ada saja manfaatnya

Jangan sembarang mengirimkan lamaran kerja bila merasa belum paham betul soal pekerjaan yang kelak akan kamu jalani. Kadang kala, pihak recruiter akan menanyakan perihal pemahaman soal bidang kerja tersebut. Jika kamu tidak melakukan research terlebih dahulu, kamu bisa kelabakan saat menjawabnya nih. Pastikan kamu menghadiri wawancara kerja ini dengan bekal yang matang!

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

3. On Time! Jangan Telat untuk Sesi Interview Ini

Jangan terlambat ketika interview kerja.
Terlambat hadir saat wawancara? Ucapkan selamat tinggal pada first impression yang baik

Pastikan kamu hadir untuk melakukan sesi wawancara kerja dengan on time! Para HRD tidak punya waktu untuk menunggu calon pekerja yang tidak menghargai jadwal. Ini bisa jadi penilaian soal profesionalitas dalam bekerja. Kamu tentu tidak mau menciptakan first impression yang buruk di mata perusahaan, bukan? Yuk, bangun lebih awal supaya punya banyak peluang untuk bersiap.

4. Percaya Diri itu Kunci dari Keberhasilan Sebuah Interview Kerja, Loh!

Terus percaya diri selama interview.
Kumpulkan kepercayaan dirimu dan kenakan ia saat moment besar ini

Bawa self-confident milikmu saat menghadiri interview kerja kelak. Percaya diri ini akan sangat membantu dalam mengatasi perasaan cemas juga takut akibat memikirkan hal-hal yang membuatmu risau perihal wawancara. Manfaatkan ini saat kamu menjawab pertanyaan yang diajukan para recruiter, ya. Jawaban-jawaban diplomatis yang bernilai pasti akan membuat mereka merasa puas dan yakin kepadamu.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

5. Pahami Setiap Pertanyaan yang Kamu Terima saat Interview Berlangsung

Pahami setiap pertanyaan yang kamu terima.
Jangan asal menjawab, pastikan kamu benar-benar memahami pertanyaannya

Perhatikan dengan saksama saat para recruiter mulai melontarkan setiap pertanyaan kepadamu. Tidak perlu terburu menjawabnya, tetapi jangan pula terlampau lama dalam berpikir. Pahamilah terlebih dahulu maksud dari pertanyaan tersebut. Hindari untuk menggunakan bahasa yang bertele-tele untuk merespon, ya. Jawaban yang singkat, padat, dan jelas justru disukai oleh pihak recruiter loh, sobat MySkill.id. Coba saja!

6. Kenakan Outfit yang Sesuai, Masuk dalam Daftar Tips Jitu untuk Interview Kerja

Pakai outfit yang sesuai untuk memberikan kesan yang baik.
Tampilkan first look yang profesional saat interview

Tidak peduli apakah kamu akan menghadapi wawancara kerja secara offline maupun online, kamu harus tetap memperhatikan pakaian yang kamu kenakan di hari itu. Berdandanlah dengan gaya yang formal, dengan menggunakan atasan kemeja rapi berwarna polos dan setelan yang sesuai. Cobalah mematut diri di depan kaca untuk melihat penampilanmu. Ingat, sopan dan rapi, serta jangan terlalu berlebihan.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

7. Jangan Ragu Mengajukan Pertanyaan Balik kepada Recruiter

Siapkan pertanyaan untuk ditanyakan balik ke recruiter.
Kumpulkan rasa penasaranmu untuk ditanyakan kepada recruiter di hari wawancara nanti

Last but not least, jika kamu mendapat kesempatan untuk bertanya kepada pihak recruiter, pastikan kamu mengambil kesempatan ini. Persiapkanlah beberapa hal yang masih membuatmu penasaran soal perusahaan mereka. Memanfaatkan momen tersebut bisa jadi menguntungkan buat kamu. Secara tidak langsung, hal ini menunjukkan bahwa kamu memiliki semangat dan antusias untuk mengetahui banyak hal soal mereka. 

Nah, kamu pasti sudah merasa sedikit tenang sebab telah mengetahui rangkaian tips untuk interview kerja nanti. Intinya, jangan terlampau larut dengan rasa takut di dalam diri. Lawan, atau kamu akan selamanya terjebak di sana. Untuk menghadapi hal-hal besar, kita semua memang harus berkemas dari sekarang! Jangan lupa bagikan momen menarik selepas menghadapi wawancara kerja di kolom komentar MySkill.id, ya!

Satu lagi yang tak boleh terlewatkan, ayo segera bergabung pada kelas self-upgrading milik kami dengan mengakses laman MySkill.id. Kami menyediakan sederet tawaran kelas online untuk membantumu belajar banyak hal seputar karir. Tunggu apalagi, jangan lewatkan kesempatan bersama MySkill.id dan raih segudang manfaatnya!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Editor: Agnes Zefanya Yonatan

Tinggalkan Balasan