Memikat Hati Rekruter dengan Tips Interview Kerja Berikut

Wawancara kerja merupakan tahap penting dalam proses rekrutmen yang memungkinkan calon karyawan untuk berinteraksi langsung dengan perekrut atau tim HR.
Untuk meningkatkan kesempatan sukses dalam wawancara, berikut adalah 10 tips yang dapat membantu kita menarik perhatian rekruter. Yuk simak!.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

1. Persiapkan Diri dengan Baik

Sebelum wawancara, pelajari tentang perusahaan dan posisi yang kita lamar. Ketahui visi, misi, nilai-nilai, dan budaya perusahaan serta persyaratan dan tanggung jawab pekerjaan yang diinginkan.

2. Kenali Diri

Pahami kelebihan, kelemahan, dan pengalaman kita secara mendalam. Identifikasi prestasi dan pencapaian kita yang relevan dengan posisi yang kita lamar, dan siapkan contoh konkret untuk mendukungnya.

3. Berlatihlah

Berlatihlah menjawab pertanyaan wawancara yang umum seperti tentang diri kita, pengalaman kerja sebelumnya, kekuatan dan kelemahan , serta alasan kita tertarik dengan perusahaan dan posisi tersebut.

4. Perhatikan Penampilan dan Sikap

Berpakaianlah secara rapi dan sesuai dengan budaya perusahaan. Pertahankan sikap yang positif, ramah, dan percaya diri selama wawancara. Senyum, tatap mata, dan berjabat tangan dengan perekrut secara tegas dan ramah.

5. Dengarkan dengan Aktif

Dengarkan pertanyaan perekrut dengan seksama dan berikan tanggapan yang relevan dan terperinci. Jika tidak yakin dengan pertanyaan, mintalah klarifikasi dengan sopan.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

6. Berikan Jawaban yang Spesifik dan Jujur

Beri jawaban yang jujur dan spesifik terhadap pertanyaan yang diajukan. Berikan contoh konkret dari pengalaman kerja untuk mendukung klaim atau pernyataan kita.

7. Tanyakan Pertanyaan yang Relevan

Ajukan pertanyaan yang relevan tentang perusahaan, posisi, atau budaya kerja selama wawancara. Hal ini menunjukkan minat kita yang mendalam terhadap perusahaan dan kemauan untuk belajar.

8. Tunjukkan Inisiatif dan Antusiasme

Tunjukkan inisiatif dan antusiasme kita terhadap pekerjaan dan perusahaan dengan menyampaikan ide atau gagasan yang kreatif dan relevan selama wawancara.

9. Bersikap Profesional

Selalu bersikap profesional dalam setiap interaksi dengan perekrut, bahkan setelah wawancara selesai. Jaga etika kerja yang baik dan hindari menyebarkan informasi pribadi atau negatif tentang pengalaman kerja sebelumnya.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

10. Ikuti dengan Tindak Lanjut

Setelah wawancara selesai, kirimkan ucapan terima kasih kepada perekrut atas kesempatan yang diberikan. Tindak lanjutlah dengan pertanyaan atau informasi tambahan jika diminta, dan tunjukkan bahwa kita tetap tertarik dengan posisi tersebut.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, kita dapat meningkatkan kesempatan sukses dalam wawancara kerja dan membuat perekrut terkesan dengan kemampuan dan kepribadian kita. Ingatlah bahwa wawancara adalah kesempatan untuk mempresentasikan diri kita secara optimal, jadi manfaatkanlah kesempatan ini sebaik mungkin. Selamat mencoba!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill