Mengenal Silicon Valley, Tempat Impian Pekerja Startup

Sudah pernah mendengar atau mengenal Silicon Valley sebelumnya? Itu lho, markas besarnya perusahaan teknologi masa kini. Ribuan perusahaan teknologi berada pada daerah tersebut. Sebut saja perusahaan teknologi terkenal seperti Google, Apple, Sony, Intel, Ebay, Tesla, dan lainnya.

Silicon Valley terletak di wilayah bagian selatan dari Teluk San Francisco, California Utara. Kota terbesar di Silicon Valley ini adalah San Jose. Kabarnya kota tersebut merupakan kota terbesar ketiga di California dan kesepuluh terbesar di Amerika Serikat. 

Kiblatnya Penemuan Teknologi

Jika Makkah merupakan kiblat bagi agama Islam, maka Silicon Valley bisa dikatakan kiblatnya penemuan teknologi. Seluruh riset dan observasi serta persaingan teknologi berada pada wilayah ini. Akibatnya banyak tenaga ahli profesional di sana. Oleh karena itu, banyak startup yang menginginkan untuk menjadi bagian penting di Silicon Valley. Bahkan tak sedikit juga yang tertarik bekerja di perusahaan-perusahaan yang berada di Silicon Valley.

Membahas Silicon Valley memang sangat menarik. Hal ini dapat ditunjukkan dengan adanya film bertajuk Silicon Valley. Film ini bahkan sudah sampai pada season enam, lho. Tak hanya itu, film dengan latar belakang Silicon Valley juga telah banyak rilis. Oleh karenanya, agar semakin mengenal Silicon Valley ini, simak penjelasannya di bawah ya, have fun!

1. Sejarah Silicon Valley

Melihat Sejarah

Awalnya, Profesor Teknik Stanford bernama Frederick Terman berusaha untuk menciptakan peluang kerja bagi mahasiswanya. Mahasiswa tersebut di antaranya William Hewlett dan David Packard. Frederick Terman kemudian mendukung mereka hingga akhirnya dapat menciptakan perusahaan teknologi milik mereka sendiri. Perusahaan tersebut bernama ‘HP’. Nama tersebut berasal dari inisial nama akhir mereka.

Frederick Terman kemudian menjadi dekan sekolah teknik setelah Perang Dunia II. Beliau memiliki inisiatif untuk mendirikan penelitian sekolah. Melalui upaya yang telah Terman lakukan, pada akhirnya terwujudlah Stanford Industrial Park. Suatu tempat untuk menyuburkan penelitian Stanford dan bisnis lokal.

Stanford Industrial Park selanjutnya disewakan kepada perusahaan-perusahaan seperti Varian Associates, Eastman Kodak, General Electric, Lockheed, and Hewlett-Packard. Tak hanya itu, setelah terman menjadi Rektor di Sandford, ia memperluas Stanford Industrial Park. Hingga pada tahun 1957, taman tersebut telah melahirkan 38 perusahaan, salah satunya yaitu Intel.

Popularitas Stanford Industrial Park semakin menjadi-jadi. Terbit di media pada tahun 1971, Don Hoefler saat itu membuat artikel mengenai wilayah tersebut. “Silicon Valley USA” adalah sebutan yang pertama kali beliau gunakan. Sampai saat ini akibat sebutan Don Hoefler, wilayah tersebut terkenal dengan nama Silicon Valley.

2. Banyak Orang Paling Berpengaruh dan Paling Terkenal berasal dari Silicon Valley

Mengenal Silicon Valley
Steve Job pendiri Apple.

Perusahaan teknologi yang semakin berkembang di Silicon Valley, melahirkan orang-orang berpengaruh di wilayah tersebut. Orang-orang tersebut tentu berawal dari perusahaan rintisan atau startup. Tekad yang kuat dan kegigihan dalam berinovasi mampu mengantarkan perusahaan rintisan ini menjadi perusahaan yang mendunia.

Siapa yang tidak tahu Steve Job? Tokoh pendiri Apple ini mengawali perusahaanya dengan berlokasi hanya di garasi rumah. Dibantu rekannya Steve Wozniak akhirnya dapat menciptakan produk ‘Apple’ yang memiliki keistimewaan khas dibandingkan dengan produk lainnya.

Selain itu, tokoh-tokoh lainnya juga mendirikan perusahaannya di wilayah tersebut. Di antaranya yaitu, Mark Zuckerberg si pendiri Facebook, Jack Dorsey si pendiri Twitter, Travis Kalanick si pendiri Uber, Jeff Weiner si pendiri LinkedIn, hingga Google Larry Page yang memimpin perang browser. Selain itu, tokoh yang berpengaruh akhir-akhir ini dalam dunia Teknologi yaitu, Elon Musk, juga merupakan bagian dari Silicon Valley.

3. Wilayah Tumbuhnya Uang

mengenal Silicon Valley
Uang

Banyaknya perusahaan besar yang berada di Silicon Valley mengakibatkan wilayah tersebut terkenal sebagai tempat tumbuhnya uang. Pada tahun 2015 saja misalnya, pendapatan Silicon Valley mencapai $837,7 miliar. Pendapatan tersebut merupakan akumulasi dari 150 perusahaan teratas. Bagaimana jika diakumulasikan seluruh perusahaan ya? Coba bayangkan!

Itu dia penjelasan singkat mengenai Silicon Valley. Gimana, setelah membaca penjelasan singkat di atas, tentunya kamu semakin mengenal Silicon Valley, ya! Karena popularitasnya, banyak negara yang menciptakan Silicon Valley di wilayahnya masing-masing. Indonesia merupakan salah satunya, lho. Meski baru rencana, semoga saja bisa dapat terwujud dan bisa sejajar dengan Silicon Valley yang ada di USA ya. Kita doakan.

Baca Juga: Intip Silicon Valley Indonesia, Yuk!

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join Myskill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Editor: Silvilla Sani