3 Hal Mengenal Lebih Dekat Viral Marketing! Kamu Sudah Tahu?

Sebagai seorang marketer kamu pasti sudah mengenal banyak mengenai berbagai strategi pemasaran yang digunakan untuk berbisnis, salah satunya viral marketing. “Apa sih itu viral marketing?” untuk kamu yang asing dengan kata tersebut pasti merasa aneh saat mendengar strategi pemasaran ini.

Yaps, viral marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang menjadi pilihan para marketer dalam mengembangkan bisnis mereka. Viral sendiri memiliki pengertian berupa sedang populer dan dibicarakan oleh khalayak ramai sehingga membuat topik tersebut menjadi trending setiap saat. “Sepertinya sangat mudah ya menjadikan strategi ini sebagai pilihan” ini pasti yang terlintas di benakmu.

Namun meski terlihat sederhana dan sangat mudah, terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum menggunakan strategi ini. Nah, jika kamu tertarik untuk mengenal lebih jauh, melalui artikel ini kami akan mengajak kamu untuk menyelam lebih dalam mengenai strategi ini. Yuk kita simak bersama!

Apa Sih Viral Marketing Itu?

3 Hal Mengenal Lebih Dekat Viral Marketing! Kamu Sudah Tahu?
Mengenal viral marketing

Sebelum mengenal lebih jauh alangkah lebih baik kita mengenal secara dasar terlebih dahulu. Viral marketing merupakan sebuah strategi pemasaran yang memanfaatkan kecepatan berita dunia maya untuk menyebarluaskan pemasaran produk. Strategi ini menggunakan media sosial yang sangat mudah untuk kita gunakan. Terlebih lagi dengan penyebaran informasi yang begitu cepat membuat strategi ini begitu diminati oleh para marketer. Untuk menggunakan strategi ini, cukup dengan mengundang atau membuat sesuatu yang menarik perhatian khalayak ramai.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Apa Kelebihan Menggunakan Viral Marketing?

Jika ditanya mengenai kelebihan strategi pemasaran ini, tentu ada banyak sekali kelebihan yang akan didapatkan. Berikut ini merupakan beberapa kelebihan strategi ini:

1. Tidak Perlu Biaya Mahal Alias Murah Meriah!
3 Hal Mengenal Lebih Dekat Viral Marketing! Kamu Sudah Tahu?
Murah dan mudah

Yaps, seperti pada judulnya menggunakan strategi ini tidak perlu mengeluarkan banyak biaya mahal seperti strategi pemasaran lainnya. Hal ini karena media yang kamu gunakan cukup media sosial. Kamu hanya perlu membuat suatu konten pemasaran yang menarik dan berbeda dari yang lain sehingga nantinya mampu untuk menarik keinginan para pembeli dan mudah untuk membuatnya populer. Tidak perlu keluar banyak biaya bukan!

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Target Audiens Begitu Mudah Untuk Dijangkau
3 Hal Mengenal Lebih Dekat Viral Marketing! Kamu Sudah Tahu?
Mudah mencapai audiens

Dalam melakukan pemasaran yang baik, seorang marketer pasti memiliki target tersendiri untuk menjangkau seberapa luas target audiens yang telah tercapai. Nah, melalui viral marketing kamu akan menjadi lebih mudah untuk mendapatkan target audiens yang kamu tentukan.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

3. Mengundang Para Audiens Lain Untuk Berpartisipasi
3 Hal Mengenal Lebih Dekat Viral Marketing! Kamu Sudah Tahu?
Semakin populer, semakin baik

Apa yang kamu bayangkan saat melihat judul ini? “Audiens turut berpartisipasi, kok bisa?” tentu saja bisa! Inilah kekuatan strategi viral marketing. Semakin produk kamu menjadi bahan perbincangan banyak orang maka orang lain pun juga turut mengikuti pemasaran produk yang kamu lakukan. Audiens akan terus membagikan dan mempromosikan konten pemasaran yang kamu buat. Secara tidak langsung audiens menjadi faktor pendukung penyebarluasan informasi produk kamu.

Apa Contoh Nyata Dari Viral Marketing?

3 Hal Mengenal Lebih Dekat Viral Marketing! Kamu Sudah Tahu?
Contoh viral marketing yang unik

Kamu masih tetap ragu mengenai viral marketing? Eits, yuk kita lihat dahulu salah satu contoh nyata dari penggunaan strategi ini, salah satunya pada pemasaran produk Lazada. Lazada menggunakan strategi ini dengan cara memasang baliho iklan secara terbalik yang membuat ramai media sosial dan masyarakat yang melihatnya. Lazada menggunakan strategi tersebut untuk meramaikan kampanye yang berupa diskon besar-besaran dan tentunya strategi ini berhasil.

Itulah beberapa perkenalan dari strategi pemasaran viral marketing. Dengan adanya pengenalan tersebut kamu jadi lebih paham bukan? Kamu jadi tidak perlu lagi untuk ragu dalam menggunakan strategi ini ya!

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill untuk menunjang karir, yuk join MySkill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill