Catat! 5 Pekerjaan Menjanjikan yang Akan Naik Daun

Berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi membuat dunia menjadi semakin dinamis. Begitu pula soal pekerjaan yang semakin beragam dan modern. Lalu, bagaimana prospek pekerjaan menjanjikan di tahun ini?

Revolusi Industri 5.0 benar-benar di depan mata. Banyak orang yang saat ini menekuni bidang pekerjaan tertentu demi memenuhi kebutuhan Revolusi Industri 5.0. Maka, tak heran jika pekerjaan-pekerjaan di bawah ini akan menjadi incaran banyak perusahaan di tahun-tahun yang akan datang.

Kira-kira profesi apa saja, sih? Simak 5 pekerjaan yang memiliki prospek menjanjikan pada tahun ini!

1. Digital Marketing and Strategy Specialist

Sebagai seorang digital marketing specialist, kamu akan menggunakan media digital sebagai tempat untuk melakukan kegiatan pemasaran, periklanan, dan promosi demi mencapai tujuan perusahaan.

Pekerjaan digital marketing and strategy bertanggung jawab atas segala sesuatu yang berkaitan dengan pemasaran dan promosi secara daring (online). Seperti media sosial, Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), content marketing, video marketing, dan lain-lain.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Big Data Specialist

Untuk kamu yang belum tahu, big data adalah teknologi informasi yang memungkinkan kamu untuk mengolah, menyimpan, dan kemudian menganalisis data dalam berbagai macam format atau bentuk. Big data ini istimewa karena mampu menampung dan mengolah data dengan jumlah yang besar, banyak, serta bermacam-macam.

Kamu dapat mengambil data dari sumber manapun dan menganalisisnya untuk mendapatkan jawaban yang relevan. Pekerjaan seperti ini banyak perusahaan butuhkan karena perusahaan memerlukan efisiensi tenaga, biaya, dan waktu.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

3. Information Security Analyst

Menjadi seorang information security analyst artinya kamu orang yang bertanggung jawab atas penjagaan keamanan perangkat informasi digital. Profesi ini banyak peminatnya terutama di perusahaan, pemerintahan, militer, dan juga di organisasi-organisasi nonprofit atau nonpemerintahan.

Seorang information security analyst bertugas untuk menjaga semua data dan informasi digital yang ada. Pekerjaan ini sangatlah krusial karena berkaitan dengan berbagai penggunaan teknologi digital saat ini.

Profesi ini harus dilakukan oleh orang-orang berlatar belakang pendidikan ilmu teknologi dan informasi. Namun, tak menutup kemungkinan untuk orang-orang yang belajar secara otodidak karena seluruh pekerjaan ini menggunakan basis digital.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

4. Software and Application Developer

Application and software developer adalah salah satu profesi di bidang teknologi informasi yang paling populer. Kebanyakan perusahaan saat ini membutuhkan seorang software and application developer. Bank, lembaga pemerintahan, hingga berbagai organisasi pun kini membutuhkan pekerjaan IT yang satu ini.

Apalagi dengan maraknya tren penggunaan teknologi digital saat ini, menjadi seorang software and application developer adalah hal yang memiliki banyak peminat dan pesaing.

Pekerjaan ini mencakup pembuatan dan pengembangan aplikasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan suatu perusahaan.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

5. Artificial Intelligence and Machine Learning Specialist

Pekerjaan ini khusus untuk orang yang ahli dalam pemrograman komputer dengan tugas untuk melakukan pengecekan hipotesis. Pengecekan hipotesis berguna dalam menggunakan simulasi kognitif yang berfungsi menguji cara kerja layaknya pikiran manusia.

Istilah artificial intelligence and machine learning specialist terdengar begitu asing untuk sebagian besar orang dan mungkin masih langka di Indonesia. Namun, pekerjaan ini pasti akan banyak dibutuhkan pada masa mendatang karena adanya Revolusi Industri 5.0.

Bagi kamu yang memiliki keahlian dalam bidang ini, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan profesi ini sebagai karier di masa depan nanti.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

Jika kamu mempunyai keahlian dalam salah satu dari 5 bidang pekerjaan di atas, cocok sekali jika kamu terus lakukan keahlian tersebut. Apalagi prospek pekerjaan di atas akan memiliki banyak peminat dan kebutuhan dari perusahaan di masa depan. Kamu berminat bekerja di mana? Yuk, komen di bawah!

MySkill menyediakan berbagai jenis kelas terkait pekerjaan-pekerjaan di atas. Di bootcamp MySkill, kamu akan mendapatkan banyak pelatihan dan pengetahuan yang pastinya akan cocok dengan kriteriamu. Cek sekarang!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Editor: Putrika Annaya Salsabila