Butuh Penghasilan Tambahan? 5 Pekerjaan Sampingan Online Ini Solusinya!

1 min read

Pekerjaan Sampingan Online https://www.pexels.com/photo/7915379/

Kamu sedang bingung dan ingin mendapatkan penghasilan tambahan? Atau mungkin penghasilanmu sekarang masih belum cukup? Mungkin kamu dapat mencoba pekerjaan sampingan online, nih!

Pada masa digital seperti saat ini, jenis-jenis pekerjaan menjadi sangat beragam. Apalagi beberapa, bahkan hampir semua bidang pekerjaan dapat kamu lakukan secara daring (online) dari rumah. Pekerjaan sampingan online ini tidak terbatas ruang dan waktu sehingga cakupan kerjanya pun menjadi lebih luas.

Berikut MySkill.id rangkum 5 pekerjaan sampingan online yang dapat kamu lakukan untuk menambah uang saku kamu di masa pandemi ini!

1. Penulis

Pekerjaan Sampingan Online https://www.pexels.com/photo/851213/
Penulis lepas memiliki benefit yang lumayan!

Jika kamu memiliki bakat ataupun hobi menulis, pekerjaan menjadi seorang penulis freelance mungkin cocok untukmu.

Di era digital seperti ini, banyak media online yang membutuhkan kontributor atau penulis lepas untuk website mereka. Selain itu, kamu juga dapat mencari pekerjaan untuk menulis pada beberapa situs freelancer.

Pekerjaan ini biasanya memerlukan beberapa project penulisan yang harus selesai dalam waktu tertentu. Kamu akan mendapat bayaran sesuai dengan jumlah artikel yang terbit ataupun jumlah kata per artikel. Lumayan, ‘kan?

2. Designer

Pekerjaan Sampingan Online  https://www.pexels.com/photo/56759/
Pekerjaan buat kamu yang jago gambar

Buat kamu yang jago desain grafis, menjadi pekerja lepas designer cocok untukmu!

Saat ini, banyak akun-akun media sosial online shop yang membutuhkan keahlian desain untuk keperluan promosi produk mereka. Keahlianmu dalam membuat desain kreatif akan sangat berguna.

Di samping itu, sekarang sudah marak penggunaan aplikasi desain yang mudah penggunaannya dan pasti akan mempercepat pekerjaanmu. Hal ini tentunya akan memangkas biaya waktu dan tenaga, bukan?

3. Online Shop

Pekerjaan Sampingan Online https://www.pexels.com/photo/4841737/
Berdagang secara daring, mengapa tidak?

Berdagang secara online cocok untukmu yang memiliki waktu luang yang banyak.

Kamu dapat berjualan berbagai jenis barang secara online. Dewasa ini, sistem informasi dan teknologi semakin canggih, jadi kamu tak perlu ambil pusing untuk mencari marketplace yang cocok untuk daganganmu.

Kamu bisa berjualan melalui media sosial seperti Instagram atau lewat toko online. Kerja sampingan online ini pastinya akan lebih praktis berbanding dengan berjualan secara konvensional.

Menjadi reseller barang atau menjual produkmu sendiri memang susah-susah gampang. Namun, jika kamu benar-benar niat dan tekun menjalaninya maka kamu akan mendapat keuntungan yang lumayan, loh!

Baca juga: Mau Kerja Online dari Rumah? Ini 5 Pilihan Profesi untuk Kamu!

4. Translator

Pekerjaan Sampingan Online https://www.pexels.com/photo/5045978/
Jangan sepelekan pekerjaan sebagai penerjemah!

Kerja sampingan online sebagai penerjemah ini cocok buat kamu yang memiliki kemampuan bahasa yang bagus. Banyak pekerjaan yang membutuhkan jasa penerjemah seperti menerjemahkan buku maupun artikel berbahasa asing.

Selain dapat menyalurkan keahlian dalam berbahasa asing, tak ada salahnya mengambil keuntungan dengan menjadi seorang penerjemah lepas. Dari situ kamu juga akan banyak belajar mengenai bahasa asing yang kamu kuasai tersebut.

5. Streamer Game

Pekerjaan Sampingan Online  https://www.pexels.com/photo/7915379/
Salurkan hobi bermain game menjadi sumber penghasilan

Memiliki hobi dan keahlian bermain game adalah suatu keuntungan yang lumayan. Pekerjaan sebagai seorang streamer game saat ini pun memiliki prospek karier yang cukup menjanjikan.

Dengan bermodalkan keahlian bermain game dan mengoperasikan peralatan komputer sekaligus internet, kamu sudah bisa menjadi seorang streamer. Banyak platform streaming yang dapat kamu gunakan dan berpotensi memberimu cuan.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik dengan beberapa pekerjaan sampingan secara online di atas? Mungkin pekerjaan-pekerjaan tadi tidak semuanya mudah untuk kamu lakukan. Kembali lagi pada dirimu, kira-kira pekerjaan sampingan apa yang sesuai dengan kemampuanmu?

Jangan lupa untuk mengunjungi laman kelas di MySkill.id, ya! Di sana kamu akan menemukan berbagai macam pelatihan untuk menyokong kemampuanmu dalam melakukan pekerjaan sampingan tadi. Buruan cek!

Editor: Putrika Annaya Salsabila

Baca juga: Mahasiswa Kok Bergaji? Lihat 7 Pekerjaan Sampingan yang Bisa Kamu Lakukan Sembari Kuliah