5 Rekomendasi Platform Pelatihan Digital Marketing (Gratis)

Digital marketing masih menjadi bidang pekerjaan yang dicari oleh berbagai perusahaan. Pasalnya, banyak perusahaan mencari talenta yang memiliki pemahaman mendalam mengenai dunia pemasaran digital. Tentu saja kemampuan pemasaran digital dapat membantumu memiliki prospek kerja yang luas dan menjanjikan.

Bagi kamu yang tidak memiliki latar belakang marketing, tapi ingin menekuni bidang ini tentunya bukan masalah, lho! Sebab, banyak pelatihan secara daring dengan modul pembelajaran khusus untuk pemula. Bahkan, beberapa di antaranya bisa kamu akses secara gratis! Tidak percaya? Yuk, simak 5 rekomendasi pelatihan digital marketing gratis untuk pemula yang telah MySkill.id rangkum untukmu!

1. Google Digital Garage

5 Rekomendasi Platform Pelatihan Digital Marketing (Gratis)
Google Digital Garage, pelatihan digital marketing gratis dari Google

Melalui pelatihan ini, kamu bisa belajar tentang Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), e-mail marketing, hingga cara yang tepat untuk membangun dan memperluas networking sebagai peluang bisnis. 

Ada sekitar 26 modul yang bisa kamu ikuti selama pelatihan di kelas Fundamental of Digital Marketing, dan sudah terakreditasi oleh The Open University dan Interactive Advertising Bureau Europe. Kamu juga bisa memperoleh sertifikasi setelah berhasil menyelesaikan seluruh modul yang ada. 

Selain itu, tersedia berbagai webinar dengan tema yang beragam, mulai dari bagaimana menulis resume dan cover letter yang baik dan benar, tentang pengembangan karier, cara berjejaring, dan masih banyak lainnya. Kamu tidak harus mempelajari semua modul yang tersedia, lho.

Jadi, silakan pilih topik dan pembahasan yang sesuai dengan minatmu, ya!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. HubSpot Academy Free Inbound Marketing Certification

5 Rekomendasi Platform Pelatihan Digital Marketing (Gratis)
Inbound Marketing Certification, pelatihan digital marketing gratis dari HubSpot Academy

Sesuai namanya, di sini kamu bisa mempelajari lebih dalam mengenai inbound marketing, yaitu teknik pemasaran yang berguna untuk menarik pelanggan ke produk dan layanan yang tersedia melalui pemasaran konten, pemasaran media sosial, SEO, dan branding yang kohesif. 

Ada sekitar 11 modul yang terdiri dari format video dan teks, dengan durasi pembelajaran selama 4,5 jam yang bisa kamu ikuti selama pelatihan ini. Pada akhir pelatihan, kamu akan mendapatkan sertifikasi dari HubSpot jika berhasil menyelesaikan seluruh modul tersebut. 

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

3. Google Analytics Academy

5 Rekomendasi Platform Pelatihan Digital Marketing (Gratis)
Google Analytics Academy, pelatihan digital marketing dalam menggunakan Google Analytics

Untuk dapat menguasai pemasaran digital, kamu harus piawai dalam menggunakan Google Analytics. Pasalnya, Google Analytics adalah tools yang berperan penting untuk menarik data-data yang kamu perlukan dalam strategi pemasaran dan pengembangan bisnis. 

Kamu bisa memperdalam pengetahuan dan keterampilanmu dalam menggunakan Google Analytics dengan mengikuti Google Analytics Academy. Selain gratis, kamu juga dapat memilih jenis pelatihan berdasarkan tingkat kemampuan mulai dari pemula hingga pengguna aktif. 

Google Analytics Academy menyediakan video pembelajaran dan transkrip teks dari video yang dapat membantumu lebih memahami penyampaian materi. Kamu juga bisa mengambil sertifikasi setelah mempelajari seluruh materi yang tersedia.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

4. PPC University

5 Rekomendasi Platform Pelatihan Digital Marketing (Gratis)
PPC University, pelatihan digital marketing gratis dari WordStream

Pelatihan ini menawarkan pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan terkait PPC (pay-per-click) dan pemasaran digital. Sebagai digital marketer, keterampilan ini penting untuk kamu kuasai terutama agar kamu bisa mengalokasikan anggaran iklan untuk bisnis dengan tepat. 

PPC University sangat cocok untuk kamu yang masih pemula. Kamu bisa mengikuti PPC University secara gratis dan memilih level pembelajaran yang kamu butuhkan. Ada tiga level pembelajaran yang tersedia, mulai dari pemula hingga yang sudah mahir. 

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

5. Social Media Quickstarter Digital Marketing Course

5 Rekomendasi Platform Pelatihan Digital Marketing (Gratis)
Social Media Quickstarter Digital Marketing Course, pelatihan digital marketing yang berfokus pada media sosial dari Social Media Quickstarter

Bagi kamu yang masih pemula dan tertarik dengan media sosial, platform yang satu ini sepertinya cocok untukmu. Lengkap dengan materi, panduan dan contoh yang mudah dipahami, kamu akan lebih fokus dan mudah dalam mengaplikasikannya. Quickstarter mengajakmu untuk mempelajari taktik pemasaran digital untuk Facebook, LinkedIn, Pinterest, Instagram, YouTube, Twitter, dan blog. 

Nah, itulah beberapa rekomendasi pelatihan digital marketing gratis untuk pemula dari MySkill.id. Sudah menemukan pelatihan mana yang kira-kira cocok untukmu? Bagikan jawabannya di kolom komentar, ya! Semoga bermanfaat!

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join Myskill.id! Disini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill