Hati-Hati! Ini 8 Pertanyaan Interview Kerja yang Menjebak

Interview kerja merupakan salah satu tahapan yang harus kamu lalui saat akan melamar pekerjaan pada perusahaan tertentu. Momen ini pastinya membuat banyak orang merasa deg-degan, bukan? Bagaimana tidak, kamu akan berhadapan dengan HRD berpengalaman yang siap menanyai kamu dengan pertanyaan interview kerja yang mungkin saja bersifat jebakan, nih, sahabat MySkill!

Akan tetapi, apakah sahabat MySkill sudah menyadari pertanyaan-pertanyaan jebakan tersebut? Kalau belum, perlu disiapkan dari sekarang ya, agar kamu bisa lancar menjalani interview kerja. Jangan khawatir, berikut kami sajikan beberapa pertanyaan jebakan HRD saat interview kerja. Yuk, kita simak sama-sama!

1. Coba Perkenalkan Diri Anda pada Kesempatan Interview Kerja

Hati-Hati! Ini 8 Pertanyaan Interview Kerja yang Menjebak
Perkenalkan diri anda dengan cara yang sopan, ya!

Pertanyaan ini biasanya menjadi pembuka saat interview kerja, tujuannya juga sudah jelas supaya kamu bisa menjabarkan diri kamu secara profesional dan tidak melebar ke ranah pribadi. Banyak sekali yang terkecoh dengan pertanyaan tentang menjelaskan diri ini dan ada juga yang malah memberikan penjelasan mengenai topik yang tidak relevan dengan kebutuhan HRD.

Beda halnya ketika kamu memang mendapatkan pertanyaan spesifik dari HRD nih, sahabat MySkill. Biasanya pelamar kerja malah menceritakan orang tua, saudara, masalah keluarga, dan lain sebagainya. Jadi, pada intinya jangan memberikan pernyataan yang tidak perlu supaya meminimalisir anggapan bahwa kita tidak mempunyai cerita penting yang lain. 

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

2. Sebutkan Kekurangan yang Ada pada Diri Anda

Hati-Hati! Ini 8 Pertanyaan Interview Kerja yang Menjebak
Lebih baik lagi jika mengatakan kekurangan dan solusi menanganinya

Dalam menjawab pertanyaan terkait kekurangan yang ada pada diri kamu, sebaiknya lebih pahami lagi bagaimana diri kamu, karena kalau kamu sendiri bingung, HRD yang bertugas mewawancarai akan lebih bingung lagi. Sering kali banyak orang menganggap hal ini sepele dan justru menjelaskan secara gamblang semua kekurangan diri yang ada.

Terlebih lagi, jika kamu menjelaskan kekurangan itu tanpa adanya solusi untuk menanganinya. Kesan yang akan muncul adalah kamu tidak mampu mengantisipasi kekurangan dirimu, dan ada kemungkinan HRD menilai kamu hanya asal melamar pekerjaan saja.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

3. Apa Alasan Anda Memilih Perusahaan Kami di Interview Kerja

Hati-Hati! Ini 8 Pertanyaan Interview Kerja yang Menjebak
Tetapkan tujuan kamu terlebih dahulu

Bagi sahabat MySkill yang pernah melakukan interview kerja pasti pernah dong, mendapatkan pertanyaan ini. Maksud dan tujuannya ialah pihak perusahaan ingin mengetahui pengetahuan kamu tentang perusahaan, antusias kerja, dan pihak perusahaan juga berusaha untuk melihat apakah karakteristik kita sudah cocok dengan perusahaan.

Hindari jawaban seadanya, coba untuk melakukan riset kecil-kecilan, seperti mencari latar belakang profil perusahaan. Berikan juga jawaban lain seperti menyebutkan kecocokan antara passion kita dengan pekerjaan yang dilamar. 

4. Akan Jadi Apa Anda 5 Tahun ke Depan

Hati-Hati! Ini 8 Pertanyaan Interview Kerja yang Menjebak
Mau jadi apa anda dalam 5 tahun lagi?

Kalau mendapat pertanyaan rencana 5 tahun kedepan, kira-kira jawaban yang tepat gimana, ya? Yang bisa jawab pertanyaan ini, ya, diri kamu sendiri nih, sahabat MySkill. Akan tetapi, pikirkan secara matang terlebih dahulu. HRD bertanya seperti ini bukan tanpa sebab. Biasanya dia ingin mengetahui apakah kamu termasuk orang yang visioner atau tidak. 

Bagaimana jadinya jika kita tidak bisa merencanakan masa depan kamu sendiri? Itu akan berimbas pada anggapan dasar HRD yakni apabila pelamar tidak bisa menentukan tujuan hidupnya sendiri, pelamar pasti tidak bisa menentukan tujuan dari project perusahaan.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

5. Berapa Gaji yang Anda Inginkan

Jawab sejujurnya dan sesuai kemampuan
Sesuaikan dengan kemampuan yang ada pada diri anda juga

Hayo, bingung nggak nih, jika ditanya pertanyaan ini? Memang serba salah ya untuk menjawab salah satu pertanyaan interview kerja ini. Apabila kamu merasa memiliki value, biasanya perusahaan juga akan melakukan negosiasi gaji. Sebelum itu, tentukan terlebih dahulu sebenarnya untuk apa kamu bekerja atau pastikan dulu tujuan kamu.

Logikanya seperti ini, jika kamu mempunyai tanggungan memberikan nafkah untuk keperluan rumah tangga, maka tujuan kamu bekerja ialah mencari rezeki guna memenuhi kewajiban tersebut. Beda lagi dengan seseorang yang hanya ingin mencari pengalaman lebih. Jadi, negosiasinya pun berbeda.

6. Kontribusi Apa yang Akan Anda Berikan pada Perusahaan Kami

Hati-Hati! Ini 8 Pertanyaan Interview Kerja yang Menjebak
Tunjukkan bahwa kita memiliki tujuan yang sama dengan perusahaan

Biasanya, HRD mengajukan pertanyaan menjebak seperti ini saat mendekati akhir wawancara. Tujuannya apa? Tidak lain dan tidak bukan, yakni ingin tahu nilai diri kamu yang bisa berguna bagi perusahaan. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah menyadari apa nilai diri yang ingin ditawarkan kepada perusahaan.

Lebih baik lagi menjelaskan tujuan kamu yang sejalan dengan tujuan perusahaan. Dengan itu, HRD dapat melihat keyakinan dan keseriusan dalam diri sahabat MySkill dalam melamar pekerjaan. Nah, nggak ketinggalan juga beritahu pengalaman kamu sebelumnya itu bisa memberikan pengaruh.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

7. Mengapa Kami Harus Menerima Anda pada Interview Kerja Kali Ini

Hati-Hati! Ini 8 Pertanyaan Interview Kerja yang Menjebak
Yakinkan HRD dengan pengalaman kerja yang sudah ada

Perusahaan ingin tahu apakah kualifikasi kamu sesuai dengan yang mereka butuhkan, sehingga memberikan kesempatan pada kamu untuk menunjukkan kemampuan mempromosikan diri. Misal anda telah menunjukkan skills dan pengalaman bekerja sebelumnya itu dapat memberikan benefit pada perusahaan.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan cerita bagaimana nanti akan menggunakan skills tersebut ketika sudah diterima bekerja. Fokuslah pada apa yang kamu bisa berikan pada perusahaan dan persiapkan dengan matang jawabannya agar terlihat lebih meyakinkan.

8. Apakah Ada Pertanyaan

Hati-Hati! Ini 8 Pertanyaan Interview Kerja yang Menjebak
Setidaknya ada satu hal yang anda tanyakan

Pertanyaan jebakan ini muncul pada akhir interview dan istilahnya adalah pertanyaan pamungkas dari HRD untuk pelamar. Wah, gimana ya kalau dari kamu benar-benar tidak memiliki pertanyaan untuk diajukan? Eits, kalau bisa tetap bertanya nih, karena ini menunjukkan seberapa tertariknya kita dengan perusahaan.

Kalau kamu tertarik terhadap suatu perusahaan, pastinya kamu akan mencari tahu bukan, entah itu ke laman media sosialnya atau website resminya. Tidak semua informasi ada di website resmi, sehingga penting bagi kamu untuk menanyakannya pada interview kerja.

Itu tadi beberapa pertanyaan HRD saat interview kerja yang perlu kamu siapkan dengan baik, nih, sahabat MySkill. Sudah tahu cara menjawabnya? Coba tuliskan pengalaman wawancara kalian di kolom komentar, ya!

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join Myskill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill