5 Penyebab Writer’s Block yang Sering Dialami Penulis

Writer’s block merupakan masalah yang sering kali dialami oleh para penulis. Di antara teman-teman MySkill, pasti banyak yang pernah mendengar masalah tersebut. Akan tetapi, sudahkah kalian tahu apa sebenarnya penyebab dari writer’s block? Jika belum, yuk, simak bersama-sama penjelasannya di bawah!

Apa Itu Writer’s Block?

Banyaknya pikiran dapat menjadi penyebab Writer’s Block
Pengertian writer’s block

Sebelum mengetahui apa saja penyebabnya, perlu dibahas terkait definisinya terlebih dahulu. Writer’s block merupakan fase saat seseorang mengalami penurunan kreativitas. Oleh karena itu, masalah ini juga termasuk dalam creative block

Writer’s block dapat menyebabkan kesulitan bahkan ketidakmampuan dalam membuat tulisan baru. Terdapat banyak gejala dari permasalahan ini, beberapa di antaranya seperti kesulitan untuk fokus, pikiran tidak jernih, kekurangan inspirasi, dan merasa tertekan serta frustasi.

Ada beberapa pendapat mengenai writer’s block. Webster dictionary menganggapnya sebagai hambatan psikologis yang menghalangi seorang penulis untuk menyelesaikan tulisannya. Sementara menurut Susan Reynolds, writer’s block hanyalah mitos dan bukan sebuah masalah psikologi. 

Walaupun terdapat perbedaan pandangan mengenai writer’s block, tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa banyak orang-orang yang mengeluh pernah mengalaminya. Bahkan, penulis terkenal seperti F. Scott Fitzgerald pernah menghadapinya. Namun, kalian tak perlu khawatir, karena masalah ini merupakan kondisi temporal dan terdapat beberapa cara untuk mengatasinya. 

Cobalah untuk mencari solusi guna mengatasinya, jangan hanya menunggu waktu dan inspirasi. Seperti ucapan Elizabeth Gilbert, kita tidak perlu menunggu inspirasi dan ide untuk menulis, karena manusia memiliki kemampuan untuk terus membuat karya. Inspirasi dan kreativitas akan datang dengan sendirinya saat kita mencoba mulai menulis, serta berusaha mengatasinya.

Penyebab Writer’s Block

Salah satu penyebab Writer’s Block adalah sikap perfeksionis
Penyebab terjadinya writer’s block pada seorang penulis

Jika ingin mencoba mengatasinya secara tuntas, kalian perlu mengetahui penyebabnya dahulu. Berikut adalah penyebab alasan terjadinya writer’s block yang perlu teman-teman ketahui lebih lanjut:

1. Ketakutan

Kebanyakan penulis pernah mengalami berbagai ketakutan. Seperti ketakutan untuk menuangkan idenya atau takut terhadap penilaian orang-orang pada karyanya. Ketakutan merupakan kejadian normal. Namun, hal itu bisa menjadi masalah ketika dapat menghambat kreativitas. Penyebab satu ini merupakan alasan terbesar yang menghalangi penulis dalam melanjutkan tulisannya. 

2. Terlalu Perfeksionis

Salah satu alasan lain penyebab creative block adalah perfeksionisme. Sifat ini biasanya bersamaan dengan ekspektasi tinggi, sebab semua orang pasti ingin melakukan yang terbaik untuk karyanya. Menjadi perfeksionis merupakan suatu cara untuk menghindari diri dari kesalahan atau kritik. Namun, sayangnya perfeksionis bisa bersifat destruktif, serta membuat seseorang menjadi terlalu keras pada diri sendiri. Selain itu, sifat yang ingin selalu sempurna ini dapat menyebabkan penulis tidak bisa menulis satu kata pun.

3. Banyak Distraksi

Dalam menjalani kegiatan sehari-hari, penulis tidak hanya mengurus masalah pekerjaanya saja. Akan tetapi, terdapat beberapa permasalahan lain seperti mengurus anak, keluarga, urusan finansial, dan tanggung jawab lainnya. Hal tersebut dapat menyita banyak ruang di pikiran, sehingga bisa menjadi penyebab menurunnya tingkat produktivitas. Maka dari itu, banyaknya masalah dalam pikiran kalian bisa menjadi distraksi yang mendorong terjadinya writer’s block.

Baca juga: Freelance untuk Menambah Cuan? Ini 5 Rekomendasi Situsnya

4. Burned Out

Memaksakan diri dalam bekerja bisa menjadi salah satu penyebab kebuntuan kreativitas. Tubuh dan pikiran manusia membutuhkan waktu istirahat di antara waktu produktifnya. Hal itu akan berguna untuk memulihkan kembali energi. Jika kalian memberi waktu istirahat pada tubuh dan pikiran, kemungkinan terjadinya creative block akan sangat sedikit.

Pada dasarnya, ketika otak sedang kusut karena mengerahkan banyak tenaga, mereka tak akan maksimal dalam mengingat serta membuka ide-ide baru. Justru saat beristirahat manusia cenderung dapat berpikir secara out of the box. Oleh karena itu, tidak heran jika ide-ide brilian muncul saat kalian sedang mandi, melamun, atau sedang menyapu. 

Baca juga: 5 Tips ini Bantu Kamu Menemukan Judul Skripsi yang Menarik!

5. Kondisi Kesehatan

Kesulitan menulis bisa terjadi karena kondisi kesehatan. Beberapa masalah kesehatan dapat menyebabkan seseorang sulit fokus saat menulis. Oleh sebab itu, penting bagi teman-teman untuk menyadari masalah kesehatan yang mengganggu sejak dini supaya bisa kalian obati. Di samping itu, jangan terlalu khawatir dengan masalah penyakit, karena hal ini sebenarnya tak akan menghentikan jalan kalian. Terlebih jika teman-teman punya tekad yang kuat.

Itulah beberapa penyebab writer’s block. Dengan mengetahuinya, teman-teman bisa memilih cara yang tepat untuk mengatasinya. Jangan sampai kalian termakan ketakutan dan ekspektasi diri sendiri. Memiliki kesalahan, serta tidak dapat memenuhi ekspektasi orang lain adalah hal yang wajar. Teruslah mengasah diri dan jangan lelah untuk terus belajar. Guna mengasah diri, teman-teman dapat mengikuti berbagai Kelas Kepenulisan dari MySkill.id. yuk, segera daftarkan diri!

Baca juga: SEO Tools Untuk Content Writer

Editor: Wida Kurniasih