4 Perbedaan Artikel SEO Dan Artikel Biasa! Sudah Tahu?

Kamu pasti sudah mengetahui secara sederhana mengenai penulisan artikel. Artikel memiliki banyak macam loh! Salah satunya adalah artikel SEO. Artikel SEO (Search Engine Optimization) merupakan sebuah tulisan artikel yang bertujuan untuk mengoptimalkan pemasaran mengenai sebuah topik di artikel di pencarian Google. Jadi sasaran dari penulisan artikel SEO ini lebih ke mesin pencariannya agar mudah terdeteksi dan mampu menempatkan artikel tersebut di halaman utama hasil pencarian.

Jika dilihat secara luaran artikel SEO dan artikel biasa tidak memiliki perbedaan. Namun apabila kita menelaah lebih mendalam maka akan terdapat banyak perbedaan yang dapat ditemukan. Nah untuk kamu yang menggemari dunia kepenulisan tentu kamu harus mengetahui tentang pembahasan ini. Maka melalui artikel ini MySkill.id akan mengajak kamu untuk mengenal lebih jauh perbedaan dari artikel SEO dan artikel biasa.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Perbedaan Pada Struktur Penulisan

Perbedaan Pada Struktur Penulisan
Struktur yang berbeda

Jika melihat dari struktur penulisan, artikel SEO lebih menekankan kepada penulisan artikel yang dinamis dan fokus kepada keyword, sub heading, agar lebih mudah terdeteksi oleh mesin Google. Semakin baik keyword yang tercantum maka akan membuat posisi artikel menjadi yang paling utama pada halaman utama hasil pencarian.

Sedangkan artikel biasa tidak terfokus kepada keyword maupun sub heading. Artikel biasa lebih fokus kepada isi yang akan mereka berikan, baik dari pendahuluan, isi maupun penutup agar mudah tersampaikan kepada pembaca.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Perbedaan Pada Gaya Bahasa Artikel SEO dan Artikel Biasa

4 Perbedaan Artikel SEO Dan Artikel Biasa! Sudah Tahu?
Penyajian gaya bahasa berbeda

Pada artikel SEO bahasa yang digunakan oleh penulis lebih kepada PUEBI. Hal ini karena topik yang disampaikan pun cenderung lebih informatif dan formal. Selain itu, dengan menggunakan bahasa PUEBI maka akan memudahkan mesin pencarian google. Berbeda dengan artikel biasa yang penulisan bahasanya lebih dinamis. Ia mampu menempatkan tulisan tersebut sebagai teman sehingga membuat pembaca menjadi lebih rileks dan mudah memahami topik yang tertulis pada artikel tersebut.

3. Perbedaan Tujuan Penulisan Artikel

4 Perbedaan Artikel SEO Dan Artikel Biasa! Sudah Tahu?
Tujuan yang berbeda

Artikel SEO memiliki tujuan yang lebih berfokus kepada pemaksimalan pencarian pada mesin Google sehingga dapat dikatakan artikel tersebut sedang berusaha untuk bersaing dengan artikel lain agar mampu menjadi konten terbaik dari yang lain.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

Sedangkan artikel biasa memiliki tujuan untuk menyampaikan informasi kepada para pembaca. Ia tidak berfokus kepada pemasaran artikel tersebut, melainkan lebih ke pemuasan kebutuhan pembaca dalam mencari sebuah topik maupun ulasan yang dibutuhkan.

4. Perbedaan Topik Pada Artikel SEO dan Artikel Biasa

4 Perbedaan Artikel SEO Dan Artikel Biasa! Sudah Tahu?
Perbedaan isi artikel

Topik yang sering diangkat oleh artikel SEO lebih kepada pembahasan yang begitu informatif dan lebih bebas. Pembahasannya pun lebih umum seperti tentang karir, motivasi, pekerjaan, pembelajaran, review, film, dan sebagainya. Artikel ini menjadi lebih mudah untuk didapatkan pembaca melalui Google.

Maka dari itu artikel ini mengedepankan keyword untuk mesin pencarian Google. Sedangkan artikel pada biasanya sering kali mengunggah topik yang lebih khusus atau spesifik. Pembahasan tersebut dapat berupa ilmiah maupun penelitian yang terbentuk melalui media jurnal buku, dan lain sebagainya.

Mau jadi Akuntan, Pajak atau Auditor? Baca panduan lengkap Akuntansi, Pajak dan Audit di sini

Itulah beberapa pembahasan mengenai perbedaan artikel SEO dengan artikel biasa. Nah jika kamu tertarik menjadi content writer, maka kamu harus memahami perbedaannya dan mulai mendalami bagaimana cara menulis yang baik dan benar. Jangan ragu dengan kemampuan yang kamu punya karena impian itu harus kamu kejar. Jadi tetaplah semangat!

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join MySkill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill