Contoh Perencanaan Karier Masa Depan, Ketahui 4 Hal ini!

Setiap individu tentunya ingin berkembang, baik yang masih mengenyam pendidikan maupun sudah bekerja. Langkah yang harus kamu lakukan yaitu memiliki perencanaan karir untuk masa depan. Sayangnya, masih banyak orang yang yang belum merencanakan karir profesional mereka secara matang. Ada berbagai faktor yang menjadi alasan. Salah satunya karena belum mengetahui seperti apa sebenarnya contoh perencanaan karir masa depan yang tepat. 

Bagi kamu yang masih bingung tentang keinginan masa depan, atau pekerjaan yang kamu jalani tidak memiliki jenjang karir yang menjanjikan, ini bukan saatnya kamu merasa tertinggal. Berikut MySkill.id sudah merangkum 4 contoh perencanaan karir masa depan yang bisa kamu lakukan!

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

1. Mengenali Diri Sendiri dan Meninjau Kembali Pencapaian Masa Lalu

Contoh Perencanaan Karier Masa Depan, Ketahui 4 Hal ini!
Mengenal diri sendiri dan meninjau kembali pencapaian masa lalu

Mengenali diri sendiri berarti mengenal kelebihan serta kekurangan yang ada dalam dirimu. Jadikan kelebihan sebagai kekuatan dan motivasi, sedangkan kekurangan sebagai bahan introspeksi diri. Supaya lebih objektif, mintalah pendapat teman atau keluarga, pendapat mereka dapat menjadi bahan pertimbangan, meskipun kamu tidak boleh bertopang hanya pada pendapat tersebut.  

Setelah mendapat penilaian, kamu akan mengenal kelebihan dan kekurangan secara menyeluruh, selanjutnya kamu coba untuk menengok kembali ke belakang, mengingat pencapaian atau prestasi masa lalu. Hal apa yang paling membuatmu merasa bangga dan bahagia? Tentunya, meninjau pencapaian yang sudah kamu raih dapat membantu memberikan gambaran mengenai perencanaan karir yang tepat untuk masa depan. 

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

2. Meningkatkan Keterampilan Diri

Meningkatkan kemampuan diri jadi bagian perencanaan karier masa depan
Meningkatkan kemampuan dan keterampilan diri

Setelah mengenali kelebihan yang kamu punya, tentunya kamu jadi tahu keterampilan apa saja yang kamu miliki. Kamu bisa mencatat keterampilan tersebut dan berusaha untuk meningkatkannya. 

Dengan terus meningkatkan keterampilan diri, kamu akan memiliki peluang karir yang lebih besar. Namun, pastikan kalau keterampilan yang kamu punya memang sesuai dengan karir yang kamu inginkan sehingga kamu memiliki kualifikasi yang dibutuhkan di bidang terkait. 

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

Baca Juga: 5 Langkah Perencanaan Karier yang Tepat untuk Masa Depan

3. Membuat Rencana Karir secara Tertulis dan Melaksanakannya dengan Komitmen Penuh

Contoh Perencanaan Karier Masa Depan, Ketahui 4 Hal ini!
Membuat rencana karier tertulis dan berkomitmen menjalankannya

Jika hanya merencanakan karir dalam kepala, kemungkinan besar kamu akan lupa dan tidak termotivasi untuk meraihnya. Untuk itu, kamu bisa membuat rencana tertulis yang jelas, dengan menuliskan rencana apa saja yang akan kamu kerjakan untuk mencapai karir tersebut.

Jangan lupa untuk menuliskan rentang waktu dari setiap rencana yang kamu buat. Sebagai gantinya, kamu perlu memastikan untuk menyelesaikan setiap rencana sesuai target waktu yang telah ditentukan. Rencana tertulis ini dapat membuatmu lebih disiplin dan fokus mengejar target yang telah kamu tetapkan. 

Selain itu, kamu juga perlu melaksanakan semua rencana tersebut dengan komitmen penuh, dengan dasar keinginan untuk berkembang. Sebab, jika tidak menjalaninya dengan sungguh-sungguh, maka perencanaan karir yang sudah kamu buat akan berujung sia-sia. 

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca panduan lengkap Graphic Design di sini.

Baca Juga: Bingung Setelah Lulus Mau Ngapain? Yuk, Simak Tips Persiapan Karier ala MySkill.id!

4. Meningkatkan Keterampilan dan Mulai Perencanaan Karier Masa Depan dengan MySkill.id

Contoh Perencanaan Karier Masa Depan, Ketahui 4 Hal ini!
Meningkatkan keterampilan dengan bergabung di MySkill.id

Semakin besar suatu perusahaan, maka semakin tinggi pula kualifikasi yang ditetapkan dalam menentukan kandidat pekerja yang mereka cari. Untuk itu, memiliki keterampilan dasar saja tidak akan cukup. 

Di era serba digital ini, tersedia beragam platform untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan, salah satunya MySkill.id. Sebagai platform persiapan karier bersertifikat, kamu akan menemukan banyak program untuk meningkatkan keterampilanmu.

Ada berbagai kelas E-Learning bersertifikat yang bisa kamu akses dengan materi lengkap. Sebagai contoh, bagi kamu yang ingin mengetahui seluk-beluk perencanaan karier secara profesional, bisa bergabung dengan kelas Mempersiapkan Karier Profesional

Mau jadi Akuntan, Pajak atau Auditor? Baca panduan lengkap Akuntansi, Pajak dan Audit di sini

Kamu juga bisa mencari lowongan pekerjaan terkini yang selalu update di situs webnya. Selain itu, ada pula Bootcamp, program pelatihan intensif dengan topik tertentu bersama mentor berpengalaman. 

Lalu ada fitur terbaru dari MySkill.id yang bisa kamu akses, yakni template CV profesional gratis serta mendapat bonus review CV dan uji coba wawancara langsung dengan HR berpengalaman. Wah, menarik sekali, bukan? Yuk, segera bergabung dengan MySkill.id untuk melihat berbagai contoh perencanaan karier masa depan!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill