7 Profesi di Bidang IT yang Paling Menjanjikan

Dunia informasi dan teknologi atau yang sering kita sebut dengan IT semakin berkembang pesat dari tahun ke tahun. Hal ini tentu saja membuka pintu gerbang bagi lapangan pekerjaan yang bergerak di bidang teknologi. Profesi di bidang IT semakin populer karena perusahaan mulai mencari kandidat yang bisa membuat, mendesain, meneliti, dan mengembangkan perangkat keras maupun lunak. 

Tak hanya mempermudah pekerjaan, IT juga bertujuan untuk meningkatkan efisiensi serta produktivitas. Oleh karena itu, kali ini MySkill akan memperkenalkan 7 profesi di bidang IT yang paling menjanjikan. Yuk, simak!

1. Web Developer

profesi di bidang it
Seorang web developer harus mengerti bahasa pemrograman

Hampir semua perusahaan saat ini menggunakan sistem perangkat lunak. Alasan inilah yang membuat profesi web developer semakin naik daun. Web developer atau pengembang web memiliki tugas utama untuk membuat dan memelihara situs web. Untuk menekuni profesi ini, tentunya kamu harus menguasai bahasa pemrograman.

Umumnya, seorang web developer memiliki waktu kerja yang fleksibel. Adapun, rata-rata gaji yang akan kamu terima bila menjadi seorang web developer adalah sekitar Rp5 juta hingga Rp8 juta per bulan.

Baca juga: Product Manager: Definisi, Tugas, Jenis, dan Skill yang Harus Dikuasai

2. Software Developer

software developer
Software developer bisa bekerja di berbagai industri

Profesi di bidang IT yang kedua adalah software developer. Dalam suatu perusahaan, software developer bertanggung jawab untuk melakukan riset, mendesain, mengimplementasikan, hingga menguji software dan sistem. Seorang pengembang software bisa bekerja di berbagai industri, seperti industri pariwisata, hiburan, kesehatan, media, atau ritel.

Untuk menekuni profesi yang satu ini, kamu harus siap menghadapi tantangan berupa deadline pekerjaan yang sangat banyak. Kisaran gaji software developer adalah Rp7 juta hingga Rp20 juta per bulan untuk level pemula dan Rp20 juta sampai Rp40 juta per bulan untuk level senior.

3. UI/UX Designer

ui ux desaigner
Desainer bertanggung jawab dalam tampilan produk web

UI/UX designer adalah seseorang yang membuat tampilan website menggunakan software tertentu yang biasa disebut mock up. Tanggung jawab seorang user experience (UX) designer, yaitu memastikan bahwa setiap langkah penggunaan aplikasi atau website harus logis dan jelas. 

Sementara itu, user interface (UI) berfokus tentang bagaimana mengoptimalkan tampilan suatu produk di mata pengguna agar memiliki keseragaman, baik dari segi warna, layout, maupun font. Seorang UI/UX designer dapat memperoleh gaji sekitar Rp5 juta hingga Rp8 juta per bulannya.

Baca juga: 4 Perbedaan Data Analyst dan Data Scientist

4. Database Administrator

database administrator
Memelihara basis data adalah tugas database administrator

Database administrator juga termasuk salah satu profesi di bidang IT yang menjanjikan. Peran seorang database administrator, antara lain mendesain, memelihara, memperbaiki database, maupun membuat susunan tertentu agar pengguna data dapat dengan mudah mengakses ke dalamnya.

Untuk menekuni profesi ini, kamu sebaiknya sudah familier dengan bahasa yang sering dikenal dengan data manipulation dan memahami prinsip desain database. Saat ini, gaji seorang database administrator berkisar antara Rp5 juta sampai dengan Rp13 juta per bulan.

5. Information Security Analyst

information security analyst
Sistem keamanan penting bagi suatu perusahaan

Sesuai namanya, information security analyst bertugas untuk mengembangkan sistem keamanan dan menjaga jaringan serta sistem dari suatu perusahaan. Peluang dari pekerjaan ini cukup besar, mengingat teknologi yang berkembang pesat juga akan memicu perkembangan cyber crime

Profesi yang satu ini menuntut untuk selalu up to date dengan metode-metode serangan cyber dan mengembangkan strategi untuk memerangi hal tersebut. Gaji seorang information security analyst adalah Rp4 juta sampai Rp8 juta per bulan dan bisa lebih tinggi, bergantung dari perusahaan tempatmu bekerja.

6. Business Intelligence

business intelligence
BI bertugas mengolah data perusahaan di masa lalu

Profesi di bidang IT yang menjanjikan selanjutnya adalah business intelligence. Banyak perusahaan yang membutuhkan profesi ini untuk melakukan analisis pengolahan data. Dalam memenuhi kebutuhan data dari berbagai sumber, dibutuhkan tampilan multidimensi dalam suatu panel kontrol atau dashboard untuk pengolahan data. 

Untuk menunjang pekerjaan, seorang business intelligence biasanya harus menguasai data mining, text mining, online analytical processing (OLAP), dan skill terkait lainnya. Kisaran gaji business intelligence adalah Rp7 juta sampai Rp9 juta per bulan di Indonesia, dan bisa lebih tinggi untuk di luar negeri.

Baca juga: 5 Perbedaan Business Intelligence dan Business Analytics

7. System Manager

system manager
Manajer merencanakan teknologi yang digunakan perusahaan

Profesi terakhir yang akan kita bahas kali ini adalah system manager. Seorang system manager bertugas sebagai perencana, koordinator, dan mengarahkan jenis teknologi apa yang sesuai dengan aktivitas perusahaan. 

Seperti posisi manajer pada umumnya, profesi ini membutuhkan tanggung jawab besar dan mungkin menyita waktu lebih banyak, seperti menuntutmu untuk lembur. Kendati demikian, gaji yang akan kamu terima juga tidak main-main, yaitu sebesar Rp12 juta hingga Rp20 juta per bulan.

Nah, itulah 7 profesi di bidang IT yang menjanjikan. Bagaimana? Apakah kamu semakin tertarik untuk terjun di bidang ini? Untuk mengembangkan skill-mu di bidang IT, kamu bisa mengikuti berbagai kelas yang tersedia di MySkill, seperti kelas UI/UX Designer atau kelas SQL–Basic untuk memulai perjalananmu menjadi seorang web developer. Yuk, cek sekarang juga!

Editor: Arin Khurota

Tinggalkan Balasan