UI dan UX Designer Incaran Perusahaan? Kepoin di MySkill!

UI/UX designer saat ini menjadi salah satu profesi yang banyak menjadi incaran perusahaan. Tingginya permintaan terkait profesi ini membuat banyak orang lebih aware dengan bidang pekerjaan tersebut. 

Untuk menjadi UI/UX designer tidak selalu harus menempuh pendidikan bidang tertentu. Bagi kamu yang tidak punya atau masih minim pengalaman dalam bidang UI/UX design, kamu bisa mempelajarinya secara mandiri. Lalu, apa saja yang perlu kamu ketahui dan persiapkan untuk menjadi UI/UX designerMySkill.id punya jawabannya untukmu!

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca panduan lengkap Graphic Design di sini.

Mengenal Profesi UI/UX Designer

UI dan UX Designer Incaran Perusahaan? Kepoin di MySkill!
Mengenal profesi UI/UX designer, cara kerja, dan tanggung jawabnya

Secara umum, profesi UI/UX designer bertugas mengurus User Interface (UI) dan User Experience (UX) dengan memaksimalkan pengalaman pengguna dalam menggunakan suatu aplikasi atau situs web. 

Tanggung jawab seorang UI designer adalah memastikan bagaimana suatu produk yang diciptakan terlihat seperti apa yang dapat dilihat oleh mata. Tujuan utama dari UI sendiri adalah untuk membuat tampilan interface yang memudahkan pengguna dan memiliki keseragaman baik dari segi warna, layout, atau font.

Sementara UX designer bertanggung jawab untuk memastikan bahwa setiap langkah penggunaan aplikasi atau situs web logis dan jelas. UX sendiri bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pengguna dan pengalaman yang lebih baik dalam menggunakan aplikasi atau situs web. 

Cara kerja UI/UX dimulai dari riset untuk memahami kebutuhan pengguna (User Experience). Hasil riset tersebut kemudian di tuangkan menjadi bentuk tampilan aplikasi (User Interface) yang pengguna inginkan. Setelah itu, UI/UX designer mendesain flow aplikasi atau situs web dan melakukan serangkaian tes sampai tampilannya sesuai. Pekerjaan ini juga tidak berlangsung sekali saja, tapi terus melakukan update dan improvement

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

Keterampilan dan Pengetahuan UI/UX Designer

UI dan UX Designer Incaran Perusahaan? Kepoin di MySkill!
UI/UX designer memiliki beberapa keterampilan dan pengetahuan khusus

Profesi ini harus memiliki keterampilan desain dan pemahaman dalam memvisualisasikan alur yang diikuti oleh pengguna dalam menggunakan situs dan aplikasi. 

UI/UX designer juga harus memiliki pengetahuan tentang cara pembuatan wireframing atau mock up sebagai rancangan awal dari desain aplikasi atau situs web. Selain itu, harus bisa membuat dan memahami prototyping dalam proses UI/UX design dan tampilan antarmuka

Ada beberapa tools yang perlu di kuasai, seperti Adobe XD, Figma, Marvel, Zeplin, dan lainnya. Tidak hanya itu, kamu juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kecapakan dalam presentasi produk, dan mampu memecahkan masalah dari pengguna. 

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Fondasi User Interface Design

UI dan UX Designer Incaran Perusahaan? Kepoin di MySkill!
UI design berfokus pada tampilan antarmuka aplikasi atau situs web untuk memudahkan pengguna

User Interface atau UI design bertujuan untuk memudahkan pengguna suatu aplikasi atau situs web dalam memecahkan masalahnya. Untuk itu, UI designer tidak bisa hanya fokus pada sisi estetika seperti warna, font, dan bentuk semata. Butuh pemahaman yang mendalam tentang pengguna produknya serta sistem desain yang jelas dan menyeluruh agar desain tampilan antarmuka bisa optimal. 

MySkill.id telah mendesain kelas khusus untuk kamu yang ingin belajar lebih dalam secara terstruktur mengenai UI design, yakni kelas Fondasi User Interface Design. Dalam kelas ini, kamu akan belajar mengenai fondasi UI design, mengenal system design dan atomic design, serta prinsip dasar desain visual. 

Fondasi User Experience Design

UI dan UX Designer Incaran Perusahaan? Kepoin di MySkill!
UX design berfokus dalam merancang pengalaman pengguna aplikasi atau situs web yang lebih baik

User Experience atau UX design bertujuan untuk menyelesaikan masalah pengguna dengan efektif dan efisien dalam menggunakan aplikasi atau situs web. Untuk itu, UX designer perlu merancang pengalaman pengguna tidak hanya sebatas membuat tampilan yang mudah pengguna gunakan. 

MySkill.id telah mendesain kelas khusus untuk yang kamu yang tertarik menyelami UX design, yakni kelas Fondasi User Experience Design. Dalam kelas ini, kamu akan mempelajari tentang konsep dan proses umum UX design, merancang alur pengguna, dan membuat arsitektur informasi. 

Nah, ternyata menarik ya. Kamu bisa memulai kariermu sebagai UI/UX designer dengan mengikuti berbagai kelas yang telah MySkill.id sediakan. Jadi, jangan sampai ketinggalan, ya! 

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join MySkill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill