5 Prospek Kerja Menjanjikan Lulusan Jurusan Public Relation

Public Relations merupakan salah satu bidang pekerjaan yang berkaitan dengan hubungan antarmanusia. Penerapan studi Public Relations umumnya menggabungkan antara teori dengan konsep dari ilmu komunikasi serta hubungan masyarakat. 

Public Relations berhubungan erat dengan emosi dan kreativitas. Banyak perusahaan yang pasti membutuhkan tenaga dengan bidang pekerjaan ini. Sebab, mereka yang bekerja pada bidang ini memiliki peran penting untuk membangun merek dan menyampaikan pesan perusahaan kepada publik. 

Selain itu, mereka juga bertugas membangun komunikasi yang harmonis dan saling menguntungkan dengan berbagai pihak. Tujuannya, agar perusahaan dikenal dengan citra yang positif. Hal ini tentunya bukan tugas yang mudah karena mereka harus menghadapi orang-orang dengan prinsip, kepentingan, dan cara kerja yang berbeda. 

Oleh sebab itu, sebelum bekerja sebagai Public Relation dalam sebuah perusahaan, seseorang harus mempunyai bekal ilmu dan pengalaman yang matang. Bagi kamu yang tertarik atau sedang kuliah di jurusan Public Relations, berikut MySkill.id sudah merangkum 5 prospek kerjanya yang menjanjikan!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Public Relation alias Hubungan Masyarakat

5 Prospek Kerja Menjanjikan Lulusan Jurusan Public Relation
Kamu bisa menjadi seorang Public Relation yang berperan penting mempresentasikan citra perusahaan yang positif

Menjadi lulusan Public Relations tentunya memiliki prospek karier yang tinggi untuk bisa bekerja di bidang hubungan masyarakat atau biasa disebut humas. Sebagai seorang humas, umumnya kamu akan bertugas untuk menyalurkan informasi, mendidik, meyakinkan, dan membangun ketertarikan masyarakat pada perusahaan tempatmu bekerja.

Sebab itu, seorang humas akan terlibat dengan berbagai proyek dan bekerja sama dengan tim lain untuk mencapai tujuannya. Seorang humas juga harus aktif mengikuti tren yang berkembang di masyarakat. 

Selain membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dengan berbagai pihak, seorang humas juga harus bisa mempresentasikan citra yang positif di mata publik. 

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Juru Bicara

5 Prospek Kerja Menjanjikan Lulusan Jurusan Public Relation
Kamu bisa menjadi seorang Juru Bicara yang mewakili perusahaan

Seorang yang bekerja di bidang Public Relations umumnya pandai berbicara. Untuk itu, tidak sedikit lulusan jurusan ini yang ditunjuk menjadi Juru Bicara. Juru Bicara merupakan seseorang yang bertanggung jawab dalam menerangkan sesuatu, seperti kondisi perusahaan atau kejadian tertentu. 

Juru Bicara biasanya memberikan keterangan resmi kepada publik yang mewakili suatu kelompok atau seseorang dalam perusahaan. Prospek kerja ini cukup menjanjikan karena setiap perusahaan pasti memiliki seorang Juru Bicara untuk mewakili perusahaan mereka.

3. Event Organizer alias Penyelenggara Acara

5 Prospek Kerja Menjanjikan Lulusan Jurusan Public Relation
Kamu bisa menjadi Event Organizer, seorang penyelenggara acara yang terlibat dengan banyak orang

Tidak mengherankan kalau banyak lulusan Public Relations yang berkarier sebagai Event Organizer atau biasa disingkat EO. Seorang EO bertugas untuk mengurus berbagai kepentingan yang berkaitan dengan acara secara detail. Biasanya, EO memiliki pekerjaan rangkap, mulai dari mengurus klien, vendor, hingga tamu yang hadir dalam acara. 

Sebagai EO, tentunya harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik karena akan berurusan dan berinteraksi dengan banyak orang. Pekerjaan ini ternyata punya prospek yang menjanjikan. lho! Mengingat kamu bisa menyelenggarakan banyak acara mulai dari acara pernikahan wisuda sampai konser.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

4. Peluang Menjadi Presenter alias Pembawa Acara

5 Prospek Kerja Menjanjikan Lulusan Jurusan Public Relation
Kamu bisa menjadi Presenter, seorang pembawa acara yang memiliki sikap adaptif

Tidak mengherankan jika lulusan Public Relations bekerja sebagai Presenter. Seorang Presenter bukan hanya harus memiliki kecakapan dalam berkomunikasi, tapi juga mampu membawakan sebuah acara dengan baik. 

Sebagai Presenter tentunya memerlukan keahlian khusus dalam membawakan suatu acara. Sebab, Presenter akan menjadi orang pertama yang dilihat oleh publik. Untuk itu, orang dengan profesi ini perlu memiliki sikap adaptif dan mampu memastikan acara berjalan dengan baik. 

Pekerjaan sebagai Presenter memiliki prospek yang cerah, terutama dengan berkembangnya platform digital. Seorang Presenter tidak harus membawakan acara pada program di televisi saja, tapi juga bisa di platform YouTube, podcast, video pembelajaran, dan masih banyak lainnya.  

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

5. Copywriter

5 Prospek Kerja Menjanjikan Lulusan Jurusan Public Relation
Kamu bisa menjadi Copywriter, seorang penulis copy untuk kampanye perusahaan

Mengingat jurusan Public Relations memiliki prospek kerja yang luas, bukan tidak mungkin kamu memiliki peluang sebagai seorang Copywriter, lho!

Copywriter merupakan profesi yang banyak perusahaan cari. Bahkan, kamu bisa menemukan lowongan pekerjaan ini dengan mudah di internet. Seorang Copywriter bukan hanya sekadar memiliki kemampuan menulis, tapi juga keterampilan dalam membuat tulisan itu menjadi unik, menarik, persuasif, dan sesuai dengan kampanye perusahaan. 

Masih banyak prospek kerja lainnya bagi kamu yang tertarik atau sedang menjalani perkuliahan di jurusan ini, seperti wartawan dan manajer kampanye. Bahkan, kamu juga memiliki prospek cerah untuk bekerja di bidang pemasaran digital. Wah, banyak bidang yang bisa kamu geluti, bukan? Yuk, berikan komentarmu terkait prospek kerja jurusan ini!

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join MySkill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill