6 Jawaban Alasan Melamar Pekerjaan Untuk Fresh Graduate

Interview merupakan sebuah tahapan yang harus kamu lalui agar bisa mendapatkan pekerjaan impian kamu, nih, sahabat MySkill. Ada yang masih takut untuk melewati step ini? Pasti kamu merasa tegang dan gugup, bukan? Terlebih lagi jika kamu masih berstatus sebagai seorang fresh graduate. Untuk itu, kamu perlu mematangkan alasan melamar pekerjaan bagi fresh graduate

Walaupun begitu, sebenarnya kamu tetap bisa tampil stand out selama proses wawancara, yaitu dengan cara mempersiapkannya secara maksimal. Kamu akan merugi apabila tidak memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini. Hanya dengan membuka YouTube dan searching kata kunci yang kamu mau, dalam hitungan menit bahkan detik, videonya akan muncul atau kamu bisa mengikuti kelas online

Tidak perlu risau, berikut kami berikan penjelasan mengenai beberapa kisi-kisi jawaban alasan melamar pekerjaan bagi fresh graduate yang bisa kamu pelajari dan kembangkan lagi, sehingga bisa terbentuk jawaban yang terbaik. Yuk, kita simak bersama-sama!

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

1. Jurusan Kuliah dan Pengalaman Magang Sesuai dengan Bidang Pekerjaan

6 Jawaban Alasan Melamar Pekerjaan Untuk Fresh Graduate
Sesuaikan jurusan kuliah dengan bidang pekerjaan yang ingin kamu tekuni

Perusahaan sebenarnya ingin jawaban atas pertanyaan alasan melamar pekerjaan bagi fresh graduate menjelaskan tentang kecocokan dan minat terhadap perusahaan. Jika kamu benar-benar niat, pastinya sebelum melakukan sesi itu akan mencari tahu seluk-beluk perusahaan, misalnya perusahaan tersebut bergerak pada bidang apa, produknya bagaimana, citra perusahaan seperti apa, bagaimana sejarah terbentuknya, hingga perkembangannya selama ini. 

Berhubung kamu baru lulus kuliah, maka berusahalah menjelaskan keterkaitan antara jurusan yang kamu ambil dan pengalaman magang dengan posisi yang kamu lamar. Apabila semakin berhubungan justru sangat baik. Cara lain yang bisa kamu tempuh ialah menjabarkan hubungan antara visi misi yang perusahaan gunakan dengan latar belakang pendidikan kamu atau pengalaman magang.

2. Mengagumi Reputasi Perusahaan

6 Jawaban Alasan Melamar Pekerjaan Untuk Fresh Graduate
Pandanganmu tergantung pada kinerja perusahaan

Bagi kamu yang merupakan seorang fresh graduate, jawaban selanjutnya yang sekiranya cocok adalah menjawab perihal reputasi perusahaan. Apa itu reputasi perusahaan? Hal tersebut adalah pendapat masyarakat akan perusahaan tertentu dimana bergantung pada kegiatan mereka selama ini.

Kemudian, sebagai seorang anak muda zaman now, kami yakin kamu sedang dalam fase mengagumi sesuatu termasuk itu dalam kaitannya dengan perusahaan dan memiliki ambisi untuk meraih mimpi itu. Semoga semangat itu lebih mengarah kepada hal yang positif.

3. Memiliki Motivasi untuk Mengembangkan Diri Bersama Perusahaan

6 Jawaban Alasan Melamar Pekerjaan Untuk Fresh Graduate
Selalu kembangkan potensi dirimu

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Motivasi kerja dan pengembangan diri memiliki hubungan yang signifikan terhadap kinerja kamu nanti, karena bagaimanapun juga nantinya keberhasilan suatu perusahaan tidak lepas dari peran Sumber Daya Manusia (SDM). Lalu, jawaban ini cukup bagus untuk kamu lisankan apabila diberi pertanyaan tentang alasan melamar pekerjaan.

Setelah mengetahui hal itu, berusahalah mengembangkan diri dan bangun motivasimu sendiri yang mampu memberikanmu rasa semangat untuk meraih mimpi tersebut. Semoga motivasi tersebut akan tetap terjaga walaupun misalnya kamu telah diterima, nih, sahabat MySkill.

4. Ingin Mendapatkan Pekerjaan Pertama

6 Jawaban Alasan Melamar Pekerjaan Untuk Fresh Graduate
Terus berusaha ya untuk mendapatkan pekerjaan idamanmu

Siapa nih, yang tidak sabar untuk mendapatkan pekerjaan pertamanya? Kami rasa semuanya juga sudah tidak sabar karena sebagai seorang fresh graduate pastinya ingin cepat-cepat merasakan bagaimana bekerja itu. Rasa bangga ketika menerima gaji atas usaha kamu sendiri itu tidak terbayang bagaimana puas dan senangnya hati ini. 

Yaps, jawaban yang relatif jujur ini sejatinya akan cocok dengan pertanyaan interview yang menanyakan alasan. Tidak ada salahnya untuk menjawab seperti ini, akan tetapi lebih baik lagi kamu mesti menyertakan penjelasan mengenai ekspektasi kamu dan tujuan hidupmu yang sesungguhnya. 

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

5. Alasan Melamar Pekerjaan bagi Fresh Graduate: Ada Keinginan untuk Berkontribusi pada Perusahaan

6 Jawaban Alasan Melamar Pekerjaan Untuk Fresh Graduate
Memiliki kesadaran diri untuk berkontribusi itu penting

Kesadaran akan potensi diri tidak muncul begitu saja secara tiba-tiba, membutuhkan proses yang cukup panjang, ya, sahabat MySkill. Untuk itu, jangan berkecil hati saat kamu merasa belum memiliki skills yang mumpuni dan perusahaan butuhkan. Nilai yang perlu kamu terapkan ialah tetap berusaha dan belajar. Latih dirimu supaya senantiasa menghargai setiap perkembangan walau terhitung kecil sekalipun. 

Lebih lanjut, dengan adanya rasa ingin tahu yang tinggi, keinginan, dan kesadaran dalam hal pekerjaan, itu berarti kamu telah mempunyai bekal yang cukup untuk melamar pekerjaan pada perusahaan tertentu. Nilai-nilai semacam itulah yang perusahaan cari.

Baiklah, itu tadi informasi yang dapat kami berikan kepada sahabat MySkill semua. Harapannya, semoga kamu diberikan kemudahan dalam melewati sesi wawancara dan syukur-syukur apabila perusahaan incaranmu itu menerima kamu sebagai karyawan. Coba deh ketikkan pendapat atau pengalamanmu saat melamar kerja waktu masih berstatus sebagai fresh graduate di kolom komentar, ya!

Jangan lupa mengunjungi kelas-kelas yang ada pada website MySkill.id, nih, kapan lagi kan kamu bisa mengikuti kelas dengan harga yang affordable seperti itu. Pemateri akan memberikan pengetahuan mengenai wawancara kerja, pertanyaan dengan STAR Framework, dan tips setelah wawancara kerja.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan