Buat Recruiter Terkesan? 5 Skills Wajib Yang Ada di CV

Seorang recruiter hanya menggunakan sedikit waktu saat melakukan recruitment atau CV screening. Ketika membuat CV untuk melamar pekerjaan, mencantumkan beberapa informasi diri sangatlah penting. Oleh karena itu, membuat CV yang memukau di mata recruiter adalah hal wajib bagi para pelamar kerja. 

Buat kamu yang ingin melamar pekerjaan, memang memiliki soft skills dan hard skills adalah hal yang wajib. Soft skills adalah keterampilan yang dapat mencerminkan kepribadian seseorang. Bagaimana mereka berinteraksi, menyesuaikan diri, dan kemampuan interpersonal lainnya. 

Sedangkan, hard skills adalah sebuah keterampilan yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawab yang terkait dengan pekerjaan, namun perlu praktik dan latihan yang konsisten agar hardskill tersebut tetap melekat dalam dirimu.

Maka dari itu, dengan memiliki skills yang baik dan mumpuni akan sangat penting untuk dirimu dan juga pihak perusahaan. Pasalnya, perusahaan akan lebih senang merekrut individu yang memiliki soft skills dan hard skills yang sebanding, sehingga akan menciptakan keseimbangan dalam bekerja nantinya. Ingin tahu skills apa saja yang dapat membuat seorang recruiter terkesan? Berikut ini, MySkill sudah merangkum beberapa skills yang wajib ada di CV. Check this out!

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

1. Kepemimpinan

Keterampilan kepemimpinan diperhatikan oleh recruiter
Kepemimpinan menjadi skills wajib yang dimiliki

Keterampilan pertama yang wajib kamu miliki adalah kepemimpinan. Yap, perusahaan sangat membutuhkan individu yang memiliki keterampilan di bidang kepemimpinan atau leadership. Jika memimpin diri sendirinya saja sudah apik, maka calon pekerja seperti itulah yang menjadi incaran recruiter. Sebab, perusahaan juga menginginkan individu yang mampu memimpin anggota tim lainnya dengan integritas, keadilan, dan pola pikir yang strategis.

Memiliki jiwa kepemimpinan yang baik adalah sebuah aset yang dapat kamu tawarkan saat melamar kerja nantinya. Kamu juga bisa menceritakan pengalaman leadership-mu saat kuliah, organisasi, atau dalam acara lainnya saat interview bersama recruiter

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

2. Berpikir Kreatif

Dengan berpikir kreatif dapat membantu kamu dalam bekerja

Adanya inovasi dan kreativitas mampu membuat sebuah perusahaan tetap bertahan dan berkembang. Perusahaan membutuhkan pekerja yang dapat memasukkan ide-ide segar dan pendekatan baru untuk menyelesaikan masalah yang ada. 

Oleh karena itu, setiap perusahaan ingin memiliki sumber daya manusia yang berpikir kreatif dan inovatif untuk keberlangsungan bisnisnya. Kamu dapat mulai mengasah daya berpikir kreatif dengan berbagai cara, salah satunya mengeksplor hal baru.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

3. Keterampilan Komputer

Keterampilan komputer sangat dibutuhkan di era digital saat ini

Di era teknologi seperti sekarang ini, semua perusahaan telah menggunakan perangkat komputer untuk meningkatkan produktivitasnya. Sehingga, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan alat yang satu ini, kan? 

Dengan menggunakan perangkat komputer, kamu dapat melakukan berbagai kegiatan salah satunya analisis kuantitatif dengan Microsoft Excel. Oleh karena itu, tiap perusahaan menginginkan setiap pekerjanya mampu menguasai perangkat lunak yang satu ini. Namun jangan khawatir, jika kamu belum mahir menggunakannya, kamu dapat mengikuti kursus, pelatihan, atau menonton video tutorial di Youtube secara gratis.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

4. Keterampilan Komunikasi Jadi Incaran Recruiter

Incaran recruiter adalah calon pekerja yang jago berkomunikasi
Komunikasi yang lancar sangat penting ketika saat bekerja

Memiliki kemampuan berkomunikasi adalah hal wajib yang harus dimiliki semua orang. Pasalnya, untuk menjalin komunikasi dengan orang lain kamu membutuhkan skill ini. Di mana pun kamu bekerja, pasti memerlukan interaksi dengan rekan kerja atau bahkan atasanmu.  

Kamu juga bisa memperoleh banyak manfaat dari skill ini, salah satunya kamu jadi lebih mudah menyampaikan pesan kepada audiens dengan percaya diri. Dengan begitu, keterampilan komunikasi yang kamu miliki tentunya bisa mendukungmu di dunia kerja nantinya.

5. Recruiter Senang saat Pelamar Menguasai Bahasa Asing

Recruiter senang dengan calon pekerja yang mahir berbahasa asing
Persaingan global menjadikan kemampuan bahasa asing wajib dimiliki

Jika kamu ingin atau sedang bekerja di perusahaan internasional dan multinasional, memiliki kemampuan bahasa asing adalah hal yang wajib, khususnya bahasa Inggris. Sebab, bahasa Inggris telah menjadi alat komunikasi yang general dalam dunia bisnis.

Jika kamu menguasai beberapa bahasa asing, kemampuan yang kamu miliki tersebut tak hanya mempermudah komunikasi. Namun juga, kamu berhasil memberikan nilai tambah di mata recruiter, lho. Maka, kamu pun dapat meningkatkan peluang lolos dalam proses recruitmen di perusahaan tersebut. 

Nah, itulah lima skills yang wajib kamu miliki untuk membuat recruiter terkesan. Dengan memiliki skills tersebut, kamu dapat meningkatkan kualitas diri dan nilai positif saat melamar kerja nantinya. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, mulai perdalam skill dan gali semua potensi yang kamu miliki!

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join Myskill.id! Disini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill