Memahami Lebih Dalam SEO Tools Untuk Content Writer

Seorang content writer yang bekerja di bidang digital marketing tidak hanya dituntut untuk pandai menulis saja, tetapi juga perlu memahami penulisan berdasarkan kaidah SEO (Search Engine Optimization) dan penggunaan SEO tools. Sudahkah kalian mengenal apa itu SEO dan SEO tools?

Pengertian SEO dan SEO Tools

SEO adalah sebuah proses upaya optimasi sebuah website untuk masuk peringkat atas halaman pencarian atau SERP (Search Engine Result Page) dalam mesin pencarian seperti Google dan Bing. Jika sebuah website berada di peringkat atas, khalayak akan lebih mudah menemukan dan mengunjungi website tersebut.

Agar mencapai peringkat atas, sebuah konten pada suatu website harus memiliki informasi yang relevan dan struktur tulisan yang memenuhi standar penulisan kaidah SEO (SEO Friendly) yang dapat terbaca oleh sistem search engine. Oleh karena itu, content writer perlu menghasilkan tulisan yang dapat terbaca oleh sistem tersebut guna mencapai peringkat teratas dalam SERP.

Untuk membuat konten tulisan yang memenuhi SEO friendly, content writer dapat menggunakan bantuan SEO tools. SEO tools merupakan alat penunjang yang memudahkan content writer dalam menentukan keyword, menilai tingkat keterbacaan suatu konten, dan memantau performa traffic suatu website serta backlink-nya.

SEO Tools yang Perlu Dikuasai oleh Content Writer

Memiliki konten tulisan SEO Friendly sangatlah penting untuk bersaing dalam industri digital. Oleh karena itu, seorang content writer perlu menguasai beberapa SEO tools untuk menciptakan tulisan yang dapat terbaca oleh sistem search engine. Berikut adalah 6 tools yang perlu kalian ketahui!

1. Google Trends
Google Trends adalah SEO Tools yang Perlu Dikuasai oleh Content Writer
Sajian data grafik dari Google Trends

Google Trends merupakan SEO tools yang menyediakan data berbentuk grafik statistik. Google Trends merupakan produk dari Google yang dapat membantu kita untuk melakukan riset mengenai keyword atau topik yang sedang banyak dicari oleh khalayak di mesin pencarian. 

Selain itu, dengan Google Trends kita dapat membandingkan beberapa keyword untuk menentukan keyword apa yang lebih menarik saat itu bagi masyarakat. Hanya dengan menggunakan tools ini kita dapat mengetahui topik apa yang sedang hangat di masyarakat dan cara menggunakan Google Trends pun tidak sulit serta dapat kamu akses secara gratis. 

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Google Analytics
Google Analytics adalah SEO Tools yang Perlu Dikuasai oleh Content Writer
Google Analyics dapat memantau traffic

Alat layanan gratis yang berasal dari Google lainnya adalah Google Analytics. SEO tools ini merupakan alat analisis yang bertujuan untuk memantau dan menganalisis traffic sebuah situs.

Google Analytics dapat memberikan informasi mengenai berapa banyak orang yang mengunjungi website kita, berapa lama pengunjung menghabiskan waktunya di website kita, dari mana saja pengunjung website berasal, dan capaian peringkat website kita di halaman pencarian.
Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

3. Google Search Console
Google Search Console dapat membantu kamu untuk belajar sebagai Content Writer
Peningkatan performa website dengan Google Search Console

Google Search Console merupakan suatu layanan gratis dari google yang berfungsi untuk meningkatkan performa suatu website di situs Google, sehingga pemilik website mengetahui tindakan yang tepat untuk meningkatkan kualitas websitenya. Melalui SEO tools ini kita dapat menambahkan website kita agar terbaca oleh sistem pencarian Google. 

Di samping itu, Google Search Console juga bisa mencari keyword yang efektif seperti Google Trends dan memberi informasi berapa kali website kita muncul di halaman pencarian. 

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

4. Yoast SEO
Yoast SEO adalah SEO Tools yang Perlu Dikuasai oleh Content Writer
Yoast SEO Plugin WordPress

SEO toolsini adalah sebuah plugin atau fitur tambahan WordPress yang membantu suatu situs web dalam peningkatan performa di halaman pencarian. Perangkat ini memiliki banyak kegunaan beberapa di antaranya yaitu pengecekan readability, keyword, URL, backlink, dan beberapa indikator lainya yang mempengaruhi standarisasi sistem mesin pencarian.

Penggunaannya akan memudahkan content writer dalam membuat konten yang berkualitas yang mengedepankan user experience. Beberapa fitur di dalamnya dapat kita akses secara gratis dan ada juga yang berbayar.

5. Ubersuggest
Ubersuggest adalah SEO Tools yang Perlu Dikuasai oleh Content Writer
Ubersuggest memberitahu letak kesalahan sebuah website

SEO tools kelima yang perlu content writer ketahui adalah Ubersuggest. Tools ini memiliki fungsi serupa dengan tools lainnya yaitu pencarian keyword, analisis backlink, serta aspek lainnya yang dapat memaksimalkan performa suatu website. Ubersuggest juga dapat memberitahu letak kesalahan pada suatu website dan membantu pemilik website dalam memahami strategi kompetitor. 

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

6. SEOquake
SEOquake dapat membantu kamu untuk belajar sebagai Content Writer
SEOquake SEO tools gratis berbentuk plugin 

SEO tools kali ini sama seperti poin sebelumnya, yaitu sebuah plugin yang memiliki kegunaan untuk bermanfaat untuk mengoptimasi setiap konten dalam sebuah situs untuk meningkatkan peringkatnya dalam SERP. SEO tools ini dapat mencari permasalahan keyword, backlink, maupun domain dalam suatu website

SEOquake ini terbilang praktis, karena ketika sudah terinstal, tools ini dapat menampilkan parameter SEO secara otomatis setiap kita melakukan pencarian di Google. Kelebihan lainnya, kita dapat menikmatinya secara gratis!

Itulah 6 SEO tools yang perlu diketahui oleh content writer. Untuk menjadi content writer yang dapat bersaing di industri digital kita perlu memahami SEO agar dapat menghasilkan tulisan yang SEO Friendly. Jika, kalian tertarik untuk mendalami penulisan konten SEO Friendly kalian bisa ikuti kelas Menulis Artikel Ramah SEO dari  Myskill

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Editor: Wida Kurniasih

Tinggalkan Balasan