4 Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Job Interview Selesai

Menerima kabar perihal panggilan untuk sebuah job interview merupakan momen yang menggembirakan! Seolah hanya terjadi sekali dalam seumur hidup, semua orang akan  menyiapkan hal ini dengan saksama. Mulai dari mengecek kembali seluruh berkas, memilih outfit terbaik saat hari interview, hingga bermonolog dengan kaca sembari melatih bagaimana menjawab pertanyaan dari recruiter kelak. 

Bila menilik lebih jauh, beberapa hal di atas merupakan bagian dari pre-interview. Namun, pernahkah kamu berkemas untuk menyiapkan hal-hal setelah wawancara tersebut berlangsung? Bila kamu menggelengkan kepala, ini adalah kesempatan yang baik untuk mulai mempersiapkannya. Yuk, lihat empat hal yang bisa kamu lakukan setelah melaksanakan job interview. Jangan berhenti scroll ke bawah ya, sebab MySkill.id punya kejutan untukmu!

1. Ucapkan Terima Kasih kepada Interviewer Setelah Job Interview Selesai

4 Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Job Interview Selesai
Ucapkan terima kasih dengan sopan dan jangan terlalu berlebihan

Berakhirnya interview bukan berarti kamu bisa pergi begitu saja. Tunjukkanlah attitude yang memukau, mulai dari awal hingga akhir wawancara. Perlihatkan kesan yang baik, termasuk mengucapkan terima kasih setelah sesi ini usai. Hal tersebut sebenarnya sangat sederhana, tapi acap kali terlewat oleh kita. Ucapkanlah kalimat jitu ini sebagai bentuk menghormati pihak interviewer yang telah meluangkan waktunya di hari itu. 

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca panduan lengkap Graphic Design di sini.

2. Jangan Berpuas Hati dan Tetap Introspeksi Diri

4 Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Job Interview Selesai
Ingat dan catat pertanyaan seputar wawancara

MySkill.id turut senang bila kamu telah menuntaskan job interview dengan baik. Namun, jangan cepat berpuas hati. Kamu juga harus tetap mempersiapkan diri untuk kemungkinan terburuk bila tidak lolos perekrutan di perusahaan ini. Ada baiknya kamu membuat rangkuman seputar wawancara tersebut. Hal ini dapat berguna agar tidak mengulangi kesalahan yang sama pada panggilan interview kerja selanjutnya. 

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

3. Follow Up Setelah Job Interview? Patut Dicoba!

4 Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Job Interview Selesai
Tanyai perkembangan hasil interview lewat contact milik perusahaan

Para jobseeker tentu membutuhkan kepastian dari pihak recruiter. Cobalah untuk menanyakan ini kepada perusahaan. Tindakan tersebut secara tidak langsung menunjukkan bahwa kamu bersungguh-sungguh untuk bekerja. Namun, jangan memperlihatkan sikap yang terkesan mendesak, ya. Tindakan follow up ini ada baiknya kamu lakukan pada jam operasional kantor, nih. Jangan sampai salah waktu!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

4. Tetap Mengirimkan Lamaran Kerja pada Perusahaan Lain

4 Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Job Interview Selesai
Jangan hanya satu perusahaan, dua, tiga, bahkan lima, coba saja!

Jangan hanya mengandalkan satu perusahaan saja. Saat job interview pertama usai, teruslah mengirimkan lamaran kepada beberapa perusahaan tujuan. Setidaknya, ketika gagal kamu masih memiliki pilihan yang lain. Istilah gaulnya sih save for the unexpected day. Pastikan dirimu memiliki plan B. Ini bertujuan agar tidak ada celah untuk bermalas-malasan saat menunggu hasil wawancaramu.

Melihat empat hal yang dapat masuk dalam list agenda setelah usai melakukan job interview di atas, tentu akan membuat persiapanmu semakin matang. Namun, informasi yang Myskill.id berikan tidak hanya sampai di situ! Sebab kami telah menyiapkan kelas terbaik yang bisa kamu checkout untuk tahu lebih jauh soal Job Interview, loh. 

Caranya mudah sekali, silahkan akses via website MySkill.id dan memilih opsi E-Learning pada menu yang tertera. Gunakan jari telunjukmu untuk scroll down sampai menemukan kelas online yang kamu inginkan, salah satunya adalah kelas agar Sukses Menghadapi Wawancara Kerja ini. Ingin upgrade pengetahuan agar semakin ahli menjawab seputar job interview? Yuk, daftarkan dirimu pada kelas milik MySkill.id segera!

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join Myskill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill