Mengenal Strategi Marketing Social Media Campaign

Ada nggak yang lebih canggih dari social media campaign? Hmmm, mungkin sekarang masih belum ada yang bisa menyaingi. Pemasaran melalui sosial media saat ini adalah cara yang paling gampang dan efektif, apalagi buat berbisnis.

Bisnis yang tidak memiliki akun media sosial rasanya kurang afdol. Maka dari itu, sekarang penggunaannya semakin meningkat terutama jika ingin mengenalkan produk baru ke masyarakat.

Penasaran bagaimana caranya merencanakan social media campaign? Ayo kita bahas bersama saja, mulai dari yang dasar dulu ya. Pelan-pelan tapi pasti. Langsung saja yuk! 

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

1. Pengertian Kampanye Sosial Media

Mengenal Strategi Marketing Social Media Campaign
Upaya pemasaran bertujuan untuk mengenalkan produk melalui sosial media

Upaya marketing yang terencana demi menguatkan informasi tentang merek, produk, atau layanan, dan meningkatkan interaksi dengan pengguna sosial media. Hasil dari kampanye ini biasanya terukur melalui peningkatan pendapatan dan penjualan dari suatu brand. Kegiatannya dilakukan secara terorganisir melalui platform media sosial, bisa satu atau lebih seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Social Media Campaign Goals

Mengenal Strategi Marketing Social Media Campaign
Setting your goals

Setiap melakukan suatu kegiatan, pastinya kita sudah menetapkan tujuan sejak awal. Beberapa bentuk tujuan dari kampanye sosial media yaitu:

  • Meningkatkan brand awareness: Melakukan kampanye pada berbagai platform media sosial menyebabkan orang-orang lebih mengenal suatu produk. Selain itu, kampanye yang dilakukan terbilang tidak membutuhkan waktu yang lama. Sekitar beberapa jam dalam seminggu. Kamu juga bisa menggunakan hashtag untuk mempermudahnya.
  • Terhubung dengan audiens atau menggaet pelanggan: Membangun suatu hubungan dengan orang itu perlu, makanya ini merupakan salah satu tujuan dari campaign. Saat ini dengan adanya sosial media, semua jadi lebih mudah, kamu bahkan bisa berkomunikasi dengan orang yang tinggal jauh dari tempatmu. Konteks hubungan di sini adalah berupa komentar, like, follow, atau lebih dalam dari itu.
  • Meningkatkan website traffic: Kalian pasti pernah melihat beberapa akun media sosial  yang mencantumkan link URL pada profil mereka kan? Atau metode swipe up pada Instagram? Itulah salah satu cara untuk meningkatkan traffic, yang mana akan mempermudah audiens untuk mempelajari produk lebih lanjut. 
  • Meningkatkan penjualan: Tujuan campaign adalah untuk menarik perhatian calon pelanggan, dan apabila kampanye berhasil, pemasar akan mendapatkan pundi-pundi uang lebih banyak dari penjualan sebelumnya.Media sosial memiliki kekuatan utama yaitu dapat membagikan cerita, gambar, atau video dengan mudah sehingga orang-orang akan lebih mudah “teracuni”.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

3. Step-by-Step Social Media Campaign Like a Pro

Mengenal Strategi Marketing Social Media Campaign
Lakukan kampanye secara terarah

Setelah tau pengertian dan tujuan social media campaign, tentu tahap selanjutnya adalah bagaimana cara melakukan kampanye tersebut. Tenang, MySkill.id akan beri penjelasannya secara ringkas. Berikut adalah cara mengeksekusi kampanye sosial media like a pro:

  1. Pahami tujuan kampanye: Diskusikan dengan tim mengenal detail kampanye, mulai dari produknya, jenis kampanye, dan apa yang kamu inginkan setelah kampanye tersebut berakhir.
  2. Tentukan cara promosi pada tiap channels: Misalnya dengan menggunakan Instagram Reels, video Tik-Tok, banner Facebook, atau kalimat persuasif di Twitter.
  3. Buat kalender konten per minggu atau per bulan: Planning itu penting agar kegiatan tidak overlap. Contohnya seperti pemilihan hari dan jam dalam periode satu minggu untuk mempublikasikan konten.
  4. Buat konten visual yang menarik: Dapat menggunakan banyak aplikasi editing gratis yang tersedia.
  5. Jadwalkan posting: Tentukan jadwal posting, bisa dengan menggunakan layanan manajemen konten media sosial seperti Hootsuite.
  6. Pemantauan dan Respon: Lakukan monitoring selama berjalannya campaign untuk mengetahui apakah kampanye berjalan dengan baik atau terdapat kendala.
  7. Follow-up: Tunjukkan dengan publikasi foto jika kamu meluncurkan produk baru, atau umumkan pemenang jika kamu melakukan giveaway.
  8. Analisis dan Sesuaikan: Lakukan analisis apa yang berhasil dan tidak  berhasil. Misalnya lebih efektif untuk mempublikasikan konten pada pukul 5 sore daripada 10 pagi

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Itu dia beberapa poin terkait social media campaign yang dapat MySkill.id jelaskan. Ini adalah hal mendasar yang perlu diperhatikan ya. Tetap stick pada tujuan yang telah kamu tetapkan, jangan berubah haluan, lho. Atau kamu punya tips canggih lainnya? Boleh banget beri komentar di bawah. Semoga apa yang MySkill.id sampaikan dapat meningkatkan pemahaman kamu ya!

Punya pertanyaan lebih lanjut tentang social media marketing terutama kampanye? MySkill.id punya jawabannya nih, yaitu melalui kelas Merancang Strategi Kampanye & Media yang akan membahas seputar kampanye dan media mulai dari tujuan hingga studi kasus. Dapatkan ilmu bermanfaatnya dari sini, yuk lah gabung!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill