6 Pertanyaan Ini Dapat Kamu Tanyakan Ke HRD, Sudah Coba?

Pada saat sesi wawancara, pasti HRD yang akan menanyakan berbagai pertanyaan untuk kamu. Bagaimana jika kamu yang memberikan pertanyaan kepada HRD. Eits, jangan kebingungan begitu, hal itu sangat wajar pada sesi wawancara. Apabila kamu sudah hampir selesai, biasanya HRD akan menanyakan “apakah ada pertanyaan untuk kami?”.

Saat kamu mendapatkan pertanyaan seperti ini, jangan ragu untuk bertanya. Tetapi bagaimana jika tidak ada yang ingin ditanyakan? Boleh juga, tetapi alangkah baiknya kita menanyakan sesuatu kepada HRD selagi terdapat kesempatan. Jadi jangan khawatir dan jangan risau! Melalui artikel ini, MySkill.id akan mengajak kamu untuk mengenali pertanyaan apa saja yang dapat kamu berikan kepada HRD. Yuk kita simak bersama!

1. Kamu Dapat Mengajukan Pertanyaan Mengenai Perusahaan

6 Pertanyaan Ini Dapat Kamu Tanyakan Ke HRD, Sudah Coba?
Mengenali seputar perusahaan

Kamu berhak loh untuk mengajukan pertanyaan mengenai perusahaan yang kamu lamar. Kamu juga dapat bertanya mengenai budaya yang ada di perusahaan tersebut. Selain itu, kamu juga dapat menanyakan mengenai bagaimana cara kerja perusahaan, visi, misi, dan tujuan perusahaan, serta sistem penilaian perusahaan terhadap kinerja para pegawai. Dengan kamu mengenal lebih dalam perusahaan, tentu membuat kamu menjadi lebih siap dan percaya diri untuk bekerja.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Tanyakan Kriteria Pegawai Perusahaan Tersebut

6 Pertanyaan Ini Dapat Kamu Tanyakan Ke HRD, Sudah Coba?
Kriteria pegawai dapat kamu tanyakan

Pada setiap perusahaan, pasti terdapat kriteria yang menjadi acuan perusahaan. Nah, kamu dapat menanyakan kriteria tersebut kepada HRD, bagaimana para pekerja yang berada di perusahaan tersebut. dengan menanyakan hal tersebut kamu menjadi lebih paham mengenai nilai utama perusahaan dan kamu dapat mempersiapkan hal tersebut.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

3. Ajukan Pertanyaan Tentang Posisi Yang Kamu Lamar

6 Pertanyaan Ini Dapat Kamu Tanyakan Ke HRD, Sudah Coba?
Posisi menjadi ladang persiapan kamu

Kamu juga dapat menanyakan posisi yang kamu lamar loh! Tanyakan mengenai pekerjaan dan tantangan yang terdapat pada posisi tersebut. Kamu juga dapat bertanya mengenai berapa jumlah pelamar yang menginginkan posisi tersebut dan kriteria penilaian para pelamar di mata HRD.

Selain itu, kamu juga dapat menanyakan perihal bagaimana cara perusahaan mengembangkan para pekerja yang berada di posisi tersebut. Hal ini karena pada dasarnya perusahaan memiliki program pengembangan untuk para internal perusahaan. Jadi, jangan lupa untuk mengenali lebih dalam posisi kamu melalui HRD ya!

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

4. Tanyakan Mengenai Tim Kerja Di Perusahaan

6 Pertanyaan Ini Dapat Kamu Tanyakan Ke HRD, Sudah Coba?
Kerja tim pada perusahaan

Seperti yang kita ketahui bahwa kerja tim memiliki peran yang begitu besar dalam perusahaan. Nah, kamu dapat menanyakan mengenai bagaimana cara kerja tim yang ada di perusahaan, seberapa besar tim kerja perusahaan, dan cara tim dapat melakukan kerjasama dengan pihak lain. Selain itu, kamu juga dapat bertanya apakah peran kerja tim tersebut lebih banyak dibandingkan dengan kerja perseorangan.

5. Tanyakan Seberapa Besar Harapan Pada Posisi Tersebut

6 Pertanyaan Ini Dapat Kamu Tanyakan Ke HRD, Sudah Coba?
Tujuan yang ingin dicapai

Perusahaan pasti telah memberikan harapan sesuai posisi yang ada di perusahaan. Kamu dapat bertanya mengenai seberapa besar harapan perusahaan pada posisi yang kamu lamar. Kamu juga dapat bertanya mengenai jenjang karir posisi dan pencapaian yang ingin dicapai oleh perusahaan beberapa waktu kedepan. Dengan kamu mengetahui hal tersebut kamu pasti dapat mempersiapkannya dengan baik.

6. Eits, Jangan Lupa Tanyakan Waktu Pengumuman

6 Pertanyaan Ini Dapat Kamu Tanyakan Ke HRD, Sudah Coba?
Tanyakan waktu agar tidak dighosting

Nah, ini pasti pertanyaan yang kamu tunggu-tunggu. Ingat untuk jangan melupakan pertanyaan ini ya! Melalui pertanyaan tersebut tentunya akan membuat kamu menjadi lebih tenang dalam menunggu ketidakpastian HRD dan tentunya kamu tidak merasa dighosting!

Itulah beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk bertanya kepada HRD. Apabila kamu pernah melewatkan momen tersebut, jadikan pelajaran untuk memperbaiki diri lagi ya! Jadi tetap semangat! Jika kamu ingin belajar lebih banyak mengenai artikel tadi, kamu bisa mempelajarinya lebih lanjut melalui kelas yang ditawarkan oleh MySkill.id. Kamu bisa mengakses kelas “Sukses Menghadapi Wawancara Kerja”.

Di kelas ini kamu akan memperoleh modul lengkap dan mempelajari berbagai macam hal mengenai memahami mengenali wawancara kerja, menjawab pertanyaan dengan STAR Framework, tips setelah wawancara kerja, dan sebagainya. Menarik bukan! Jadi jangan lupa ya!

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join MySkill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill