Social Media Marketing, Ketahui Definisi hingga Skillnya

Seiring dengan perkembangan pengguna media sosial, banyak orang yang mulai memanfaatkannya dalam berbagai hal, termasuk social media marketing.

Social media marketing merupakan salah satu teknik pemasaran yang sekarang banyak sekali digunakan. Sesuai dengan namanya, pemasaran jenis ini memanfaatkan pengaruh media sosial. 

Banyak perusahaan yang mulai beralih ke jenis marketing ini karena lebih efektif dan membutuhkan biaya yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan jenis konvensional. Nah, dalam artikel ini, MySkill akan menjelaskan apa itu social media marketing hingga keterampilan yang diperlukan. Simak artikel ini sampai habis, ya!

1. Definisi Social Media Marketing

Social Media Marketing, Ketahui Definisi hingga Skillnya
Teknik marketing yang dilakukan melalui social media

Sebelum masuk ke pembahasan yang lebih dalam, ada baiknya bagi kita untuk membahas tentang definisinya terlebih dahulu. Social media marketing adalah teknik pemasaran digital melalui aksi pembuatan konten yang menarik perhatian masyarakat di social media, seperti Instagram, Facebook, atau Twitter.

Media sosial merupakan tempat pemasaran yang ideal karena perusahaan dapat berinteraksi dengan pelanggan, mendapatkan pertanyaan dan keluhan, hingga mengumumkan produk terbaru.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Pentingnya Social Media Marketing

Social Media Marketing, Ketahui Definisi hingga Skillnya
Memiliki peran yang penting di era digital

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ada lebih dari tiga miliar orang di dunia yang sudah menggunakan social media. Ini merupakan angka yang sangat besar, sekaligus lahan yang sangat menjanjikan untuk melakukan pemasaran. Berikut adalah alasan mengapa perusahaan harus memulai pemasaran media sosial.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

a. Meningkatkan Brand Awareness

Melihat jangkauannya yang sangat luas, media sosial merupakan tempat yang tepat untuk meningkatkan awareness masyarakat terhadap suatu brand. Kamu bisa melakukan promosi terus-menerus tentang brand-mu agar dikenal oleh masyarakat.

b. Mendapatkan Feedback dari Customer

Setelah mendapatkan awareness dan mulai mendapatkan customer, suatu perusahaan akan lebih mudah melakukan interaksi dengan pelanggan, termasuk dalam mendapatkan feedback. Masukan dari customer merupakan sesuatu yang penting karena perusahaan perlu berorientasi terhadap kepuasan pelanggan.

c. Mempelajari Kompetitor

Dengan adanya social media, mempelajari strategi kompetitor juga menjadi lebih mudah. Kamu dapat memperhatikan langkah-langkah yang mereka gunakan. Ini akan lebih memudahkan kamu dalam menentukan strategimu sendiri.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

3. Tips Strategi Pemasaran Media Sosial

Social Media Marketing, Ketahui Definisi hingga Skillnya
Perlu strategi yang tepat agar mencapai tujuan yang diinginkan
a. Pelajari Selera Audiens

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mempelajari selera audiens. Dengan demikian, kamu dapat menentukan jenis konten yang cocok untuk ditampilkan di media sosial. Makin sesuai dengan selera audiens, maka makin besar potensi untuk mendapat trafik yang besar.

b. Tentukan Platform-nya

Setiap platform memiliki fitur dan pengguna yang berbeda-beda. Maka dari itu, sesuaikanlah strategimu dengan aplikasi yang kamu tuju. Misalnya, ketika melakukan pemasaran di Instagram. Buatlah konten yang menarik bagi anak muda karena penggunanya kebanyakan berasal dari kalangan muda.

c. Buat Konten Semenarik Mungkin

Konten yang menarik dapat menaikkan trafik di media sosialmu. Selain itu, ini dapat memikat orang yang melihatnya untuk membeli produk yang kamu pasarkan. Tentu butuh riset terlebih dahulu untuk membuat konten yang menarik banyak orang, seperti mencari produk kesukaan audiens, jenis konten yang disukai, hingga waktu posting yang tepat.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

4. Skill dalam Social Media Marketing

Social Media Marketing, Ketahui Definisi hingga Skillnya
Pemasaran jenis ini perlu berbagai macam skill

Keterampilan utama yang kamu butuhkan adalah dapat membuat konten yang menarik. Skill ini bisa terbagi menjadi beberapa keterampilan lagi, seperti mengedit foto, video, content writing, copywriting, desain grafis, hingga kemampuan tampil di depan kamera. Kamu tidak perlu melakukan hal-hal tersebut sendirian, ajak atau hire-lah seseorang yang ahli di bidang-bidang tersebut.

Namun, pengetahuan yang mendalam tentang social media juga diperlukan agar mendapatkan hasil maksimal, mulai dari algoritma hingga fitur-fitur di dalamnya. Kamu bisa mendapatkan berbagai keterampilan ini dengan mengikuti kursus-kursus online. Tentu saja, MySkill juga menyediakan kursus itu, lo!

Itulah pembahasan MySkill tentang social media marketing. Mulai dari definisi, peran pentingnya, strategi, hingga kemampuan yang berkenaan dengan pemasaran di media sosial. Jika kamu ingin berkarier di bidang ini, maka kamu harus mempelajarinya terlebih dahulu, kan? Nah, tenang saja, MySkill menyediakan kelas Membuat Strategi Konten Sosial Media yang bisa kamu akses dengan harga terjangkau. Jadi, tunggu apa lagi? Segera beli kelasnya, ya!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill