Financial Freedom Sebelum Usia 30 Tahun? Ini 5 Tipsnya!

Setiap manusia tentu memiliki impian untuk hidup bebas, khususnya dari segi keuangan. Dalam sudut pandang ekonomi, kondisi tersebut dinamakan dengan financial freedom atau kebebasan finansial.

Financial freedom merupakan suatu keadaan ketika seseorang bisa mengambil berbagai keputusan tanpa khawatir terhadap kondisi keuangan. Artinya, orang tersebut memiliki kekayaan yang mampu mencukupi segala kebutuhan tanpa harus bekerja lebih keras.

Lalu, bagaimanakah cara meraih kebebasan finansial sejak dini? Yuk, simak 5 tips raih financial freedom sebelum usia 30 tahun berikut ini!

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

1. Menentukan Tujuan Financial Freedom

Financial Freedom Sebelum Usia 30 Tahun? Ini 5 Tipsnya!
Tentukan tujuan financial freedom versi kamu

Ketika merencanakan sesuatu, penting bagi kamu untuk mengetahui apa sebenarnya tujuan dari mencapai hal tersebut. Terlebih, parameter kebebasan finansial antara satu orang dengan orang lain tidaklah sama.

Sebagai contoh, financial freedom bagi seorang lansia adalah ketika mereka bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, seperti makan, pakaian, dan lain-lain tanpa harus berutang. Namun, kondisi financial freedom tersebut bisa jadi berbeda dengan yang diinginkan generasi muda.

Selain itu, orang lain mungkin mengartikan kebebasan finansial ketika bisa berlibur ke mana saja tanpa berpikir soal biaya. Namun, bisa jadi, kebebasan finansial versi kamu adalah ketika dapat bekerja sesuai passion tanpa memikirkan besaran gaji yang kamu dapat.

Oleh karena itu, mulai sekarang kamu harus menentukan tujuan yang ingin kamu capai sehingga mampu menyusun strategi yang tepat untuk meraihnya.

Mau jadi Akuntan, Pajak atau Auditor? Baca panduan lengkap Akuntansi, Pajak dan Audit di sini

2. Memahami Kondisi Keuangan Saat Ini

Financial Freedom Sebelum Usia 30 Tahun? Ini 5 Tipsnya!
Pahami kondisi keuangan kamu saat ini

Langkah selanjutnya untuk mencapai financial freedom adalah dengan mengetahui kondisi keuangan saat ini. Secara umum, seseorang akan melewati beberapa tahap keuangan, yakni:

  • Financial deficit, yakni kondisi ketika pengeluaran lebih besar daripada pendapatan.
  • Sufficient, yakni kondisi ketika penghasilan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
  • Saving, yakni kondisi ketika seseorang sudah bisa menyisihkan sedikit penghasilannya untuk menabung dan investasi.
  • Harvesting, yakni kondisi ketika seseorang sudah bisa mengambil keuntungan dari investasi sebelumnya.
  • Financial freedom, yakni kondisi ketika seseorang telah memiliki aset yang mampu mencukupi kebutuhan hidupnya tanpa harus bekerja setiap saat.

Nah, untuk mengetahui posisi keuangan tersebut, kamu bisa memulainya dengan melihat berapa jumlah tabungan, utang, dan kebutuhan yang harus terpenuhi.

Dengan begitu, kamu bisa melihat hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki untuk mencapai kebebasan finansial.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

3. Mulai Mengatur dan Merencanakan Keuangan

Financial Freedom Sebelum Usia 30 Tahun? Ini 5 Tipsnya!
Mulai atur dan buat rencana keuangan

Setelah menentukan apa tujuan financial freedom yang kamu inginkan, langkah berikutnya yakni mulai mengatur antara pengeluaran dan pendapatan. Adapun berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengelola keuangan pribadi:

  • Membuat rincian pengeluaran.
  • Memisahkan antara dana kebutuhan, dana darurat, dan tabungan.
  • Menghindari pembelian barang yang kurang penting.
  • Jika memiliki utang, segera lunasi atau mulai cicil agar nominalnya tidak semakin besar.

4. Capai Financial Freedom dengan Investasi

Financial Freedom Sebelum Usia 30 Tahun? Ini 5 Tipsnya!
Mulai investasi untuk capai financial freedom

Menabung memang salah satu cara yang baik untuk mengelola dana seseorang. Namun, menyimpan uang di bank terkadang justru membuat nilainya makin hari kian berkurang, entah itu terkena potongan pajak, administrasi, inflasi, dan masih banyak lagi.

Sebagai alternatif, kamu bisa melakukan investasi sejak dini agar dana yang kamu miliki terus berkembang. Terlebih, saat ini telah tersedia berbagai jenis investasi dengan modal mulai Rp10.000,-.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

5. Membangun Passive Income dari Internet

Financial Freedom Sebelum Usia 30 Tahun? Ini 5 Tipsnya!
Kumpulkan passive income dari internet dan media sosial

Tips yang kelima untuk segera mencapai financial freedom adalah dengan membangun passive income dari internet atau media sosial. Dalam hal ini, kamu bisa membuat konten di situs-situs tertentu yang kamu minati, mengunggah video di YouTube, join pada program affiliate untuk e-commerce, dan masih banyak lagi.

Itulah 5 tips untuk meraih kebebasan finansial sebelum berusia 30 tahun. Nah, di samping mengelola keuangan yang telah ada, kamu bisa menambah penghasilan sesuai bakat dan minat.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill