7 Soft Skill Kepemimpinan yang Wajib Kamu Miliki

Menurut Sobat MySkill, perlu ga sih kita punya sikap kepemimpinan atau leadership? Perusahaan masa kini menjadikan kepemimpinan atau leadership sebagai salah satu soft skill untuk mengisi posisi yang lebih tinggi pada manajemen perusahaan. Namun leadership skill juga penting bagi kamu yang baru terjun ke dunia kerja. Hal ini karena kemampuan tersebut dapat meningkatkan kepercayaan diri dan membangun citra yang baik.

Dalam dunia kerja kamu akan menemukan banyak masalah yang akan kamu hadapi, dan akan menjadi sangat kompleks. Ide-ide yang berseberangan, eksekusi sebuah rencana, dan lain-lain, bisa memicu timbulnya konflik yang akan menghambat laju perkembangan perusahaan atau organisasi tersebut, bahkan dapat menghambat dirimu lho. Untuk itu inilah 7 soft skill kepemimpinan yang wajib kamu miliki agar sukses di dunia kerja, check it out!

1. Komunikasi

skill kpemimpinan pertama
Skill Komunikasi Agar Memahami Lawan Bicara

Soft skill pertama yang wajib kamu miliki adalah kemampuan komunikasi. Soft skill ini wajib dimiliki karena sebagai pemimpin kamu akan bicara dengan banyak orang. Bukan hanya bicara tapi berkomunikasi dan memahami apa yang dibicarakan oleh lawan dengan cepat. Selain itu sebagai pemimpin kamu juga harus bisa mempengaruhi orang lain salah satunya dengan cara berkomunikasi. Brian Tracy, Penulis, mengatakan:

Communication is a skill that you can learn, It’s like riding a bicycle or typing. If you are willing to work at it, you can rapidly improve the quality of every part of your life.”

Seorang pemimpin tidak hanya akan berkomunikasi dengan anggota tim tapi juga pihak lainnya seperti, top management, pelanggan, dan stakeholder lainnya yang ada di perusahaanmu. Seorang pemimpin perlu untuk memahami karakter setiap orang yang berinteraksi dengannya, lalu mencari cara komunikasi yang paling efektif yang dapat diterima dan dipahami. Hanya dengan komunikasi yang baik, produktivitas kerja akan meningkat dan suasana kerja akan menjadi makin menenangkan.

2. Pengambilan Keputusan

Mengambil Keputusan Bukan Hal yang Mudah

Soft skill kepemimpinan kedua yang harus kamu miliki sebagai seorang pemimpin adalah kemampuan dalam pengambilan keputusan. Dalam dunia kerja Sobat MySkill akan seringkali menghadapi banyak masalah. Masalah ini bukan hanya berkaitan dengan pekerjaan tapi juga masalah yang berhubungan dengan anggota tim dalam perusahaan.

Setiap masalah pasti memiliki penyelesaiannya dan tidak setiap orang memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah dengan baik. Akan ada banyak ide dan masukan dari tim yang akan membantu menyelesaikannya akan tetapi keputusan terakhir ada pada pemimpin. Sangat penting bagi seorang pemimpin untuk bisa mengambil keputusan mengenai hal apapun yang berhubungan dengan anggota tim dan pekerjaannya.

Mengambil keputusan bukan hal yang mudah. Karena keputusan ini bisa melukai orang lain dan diri sendiri jika tidak diputuskan dengan baik. Oleh karena itu, ada banyak sekali risiko yang harus kamu perhatikan sebagai seorang pemimpin.

Baca juga: Menghadapi Konflik dalam Dunia Kerja, Ini Skill yang Harus Kamu Punya!

3. Manajemen

manajemen sebagai syarat skill kepemimpinan
Manajemen yang Baik Cerminan Pemimpin yang Baik

Seorang pemimpin juga harus memiliki skill untuk me-manage anggota tim dan pekerjaannya sebagai cerminan kepemimpinan. Tiap orang dalam sebuah tim memiliki karakter dan kemampuan yang berbeda-beda. Hal inilah yang membuat seorang pemimpin harus memiliki kemampuan manajemen yang baik. Seorang pemimpin juga harus bisa mengalokasikan pekerjaan dengan adil dan sesuai dengan kemampuan anggota tim agar tujuan dari perusahaan dapat tercapai.

4. Problem Solving

Pemimpin Harus Mampu Memberikan Solusi

Masalah dalam tim adalah salah satu hal yang sangat umum dan pemimpin adalah pihak yang paling bertanggung jawab dengan masalah dan penyelesaiannya. Tak jarang setiap masalah yang terjadi membuat kemajuan perusahaan menjadi stuck. Jalan buntu yang dialami oleh para anggota dalam menyelesaikan tugas akan menjadi suatu kerikil tersendiri.

Seorang pemimpinlah yang akan dapat menjadi pemecah masalah yang tengah terjadi. Hal ini tidak hanya membutuhkan keberanian tapi juga membutuhkan kemampuan berpikir yang tinggi agar solusi yang akan kamu ambil memiliki risiko yang paling minim.

Di sinilah kemampuan seorang pemimpin harus dimiliki dalam memberikan solusi dan juga mengorganisir setiap kelemahan dari anggota agar menjadi keuntungan dalam pemecahan masalah tersebut. Tidak banyak orang yang mampu memberikan solusi yang tepat terutama dalam hal yang bersifat kompleks. Kalau Sobat MySkill pasti punya dong!

5. Empati

Empati Menjadikan Diri Kita Peduli Terhadap Orang Lain

Skill selanjutnya yang harus kamu miliki sebagai pemimpin adalah empati. Dalam KBBI empati berarti sebagai keadaan mental yang membuat seseorang merasa atau mengidentifikasi dirinya dalam keadaan perasaan atau pikiran yang sama dengan orang atau kelompok lain.

Pemimpin tanpa empati hanya akan menguntungkan dirinya sendiri dan bukan perusahaan. Hal ini sangat buruk karena dapat membuat kamu dan perusahaan kehilangan kepercayaan dari konsumen. Oleh karena itu, sangat penting untuk melatih sifat empati untuk membuat konsumen dan perusahaan puas.

6. Negosiasi

negosiasi merupakan skill kepemimpinan
Seorang Pemimpin Selalu Bernegosiasi

Kebanyakan pemimpin bernegosiasi sepanjang harinya, dengan tim, klien, rekan kerja dan bahkan keluarga. Negosiator yang sukses adalah yang tetap adil dan memperhatikan keinginan lawan bicaranya sambil mendorong apa yang mereka inginkan.

Seiring dengan kemampuan komunikasi yang meningkat dan mumpuni, tentu kemampuan dalam bernegosiasi dengan orang lain pun akan berkembang dengan sendirinya. Kembangkan hubungan yang saling menguntungkan dengan orang lain. Dengan bernegosiasi, seorang pemimpin dapat membujuk orang lain dan mempengaruhi mereka untuk melakukan apa yang menjadi tujuannya, bahkan tanpa lawan bicara sadari sebelumnya.

7. Menginspirasi

kepemimpinan memiliki skill menginspirasi
Pemimpin Menciptakan Pemimpin

Tom Peters pernah berucap, “Pemimpin tidak sekedar menciptakan pengikut. Pemimpin lebih banyak menciptakan pemimpin.”

Pemimpin yang hebat itu melahirkan pengikut yang siap menjadi pemimpin. Bukan melahirkan pengikut yang membabi buta, keras kepala dan tanpa nalar. Untuk itu skill terkahir ini adalah skill yang paling harus kamu kuasai.

Kenapa? Karena menjalankan sebuah perusahaan atau organisasi, membutuhkan kemampuan untuk bisa menginspirasi banyak orang. Seorang pemimpin harus mampu meyakinkan orang-orang di sekitarnya akan visi dan misi yang telah ditetapkan. Dengan melakukan suatu hal yang baik, yang menginspirasi banyak orang untuk bergerak, seorang pemimpin harus mampu menciptakan sebuah iklim di mana setiap orang merasa terlibat. Merasa memiliki andil dalam mencapai setiap tujuan.

Membangun dan menjalankan sebuah perusahaan atau sebuah organisasi, akan ada banyak masalah yang dihadapi, dan akan menjadi sangat kompleks apabila orang-orang yang terlibat di dalamnya tidak sejalan atau tidak mau bekerja sama.

Dengan memahami setiap soft skills yang diperlukan dalam menjadi seorang pemimpin, Sobat MySkill akan lebih siap dalam melakukan tugas kepemimpinan dalam mengarahkan para anggota tim untuk bekerja sama demi tercapainya tujuan perusahaan.

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join Myskill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Baca juga: 5 Situs Lowongan Kerja Terpercaya dan Populer

Penulis: Syaiful Bahri

Penyunting: Aisyah Asharini