Kenalan dengan Structured Query Language Bersama MySkill!

Setelah mengunduh sebuah aplikasi, terkadang kamu diminta untuk melakukan registrasi terlebih dahulu sebelum dapat mengakses aplikasi. Registrasi ini berupa perintah untuk membuat akun baru. Akun yang sudah kamu buat tadi, kemudian oleh sistem akan disimpan dalam sebuah database. Nah, Structured Query Language atau SQL-lah yang mengatur database tersebut!

Lantas, apa sebenarnya SQL itu? Yuk, baca artikel ini untuk berkenalan lebih jauh dengan Structured Query Language serta beragam kegunaannya!

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

1. Apa Itu Structured Query Language?

Kenalan dengan Structured Query Language Bersama MySkill!
Sebelum terjun lebih dalam, kamu harus memahami apa itu SQL.

Structured Query Language atau SQL adalah bahasa pemrograman yang memberikan instruksi ke database sebagai tempat penyimpanan data. Selanjutnya, database itu sendiri adalah sebuah tabel yang berisikan kolom dan baris yang memuat data yang kamu simpan.

Saat kamu ingin membuat, memperbaharui, atau menghapus sebuah data dalam database, SQL yang akan akan bekerja untuk hal itu. Dengan bantuan SQL, kamu bisa mendapatkan informasi spesifik yang tersimpan di database.

SQL mampu mengurus data dalam jumlah besar. Banyak aplikasi yang meminta kamu untuk registrasi terlebih dahulu sebelum digunakan. Dengan banyaknya akun yang terdaftar, tentu data yang tersimpan dalam database juga banyak.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Fitur-Fitur SQL

Kenalan dengan Structured Query Language Bersama MySkill!
Banyak fitur yang SQL tawarkan.

SQL menawarkan fitur-fitur yang mudah untuk kamu gunakan. Bahasa pemrogramannya sangat simpel dan mudah untuk dipelajari. SQL banyak dimanfaatkan untuk framework pusat informasi besutan Oracle, IBM, dan Microsoft.

Tahukah kamu? Saat ini, SQL menjadi bahasa standar American National Standards Institute(ANSI) dan International Organization for Standardization (ISO) untuk pembuatan dan kontrol information base.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

3. Kegunaan SQL

Kenalan dengan Structured Query Language Bersama MySkill!
Banyak kegunaan dari SQL yang bisa kamu manfaatkan.

Selain mengatur database, ada hal lain yang bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan SQL:

  • Membuat database atau tabel database baru.
  • Membuat prosedur dan cara melihat database.
  • Menentukan perizinan dalam tabel dan prosedur database.
  • Mengambil data dari database.
  • Memasukan data ke database.
  • Mengganti atau menghapus data dari database.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

4. Pengaplikasian SQL

Kenalan dengan Structured Query Language Bersama MySkill!
Dalam penerapannya, SQL memiliki tiga pengaplikasian utama.

Dalam penerapannya, ada tiga pengaplikasian utama SQL:

  • Data Definition Language (DDL), di sini kamu dapat secara otomatis membuat database, menggunakan database, atau menghapusnya.
  • Data Manipulation Language (DCL) digunakan saat kamu ingin mendaapatkan informasi tentang database terdahulu. Pengaplikasian ini berguna saat kamu ingin mengubah informasi dalam database.
  • SQL juga digunakan sebagai client atau server language yang bermanfaat untuk interface para pengguna dan juga pengembangnya.

5. Realisasi SQL dalam Situs-Situs di Internet

Kenalan dengan Structured Query Language Bersama MySkill!
Semua situs internet yang memerlukan database biasanya akan menggunakan SQL.

Hampir semua situs internet pasti menggunakan database. Maka, dapat dipastikan juga situs internet tersebut pasti memanfaatkan SQL. Namun, dalam hal ini tentunya SQL tidak bekerja sendiri. Ada beberapa elemen lain yang juga diperlukan. SQL hanya salah satu elemen penting yang juga tergabung dalam situs internet.

Setelah membaca artikel ini, apakah kamu jadi tertarik ingin mengetahui lebih dalam tentang SQL? Kabar baiknya, MySkill memiliki banyak kelas persiapan karier yang berkaitan dengan SQL, lo! Salah satunya, kamu dapat mengikuti kelas SQL–Preparation dan SQL–Window Function.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill