5 Tips Cara Menggunakan Facebook Ads untuk Pemula

Jika kamu memiliki bisnis, pasti membutuhkan sebuah wadah untuk melakukan promosi. Namun, apakah kamu sudah mencoba Facebook Ads untuk mempromosikan bisnis secara digital? Jika belum, Myskill.id akan bagikan tips menggunakan Facebook Ads untuk pemula. Mari simak bersama-sama!

Facebook Ads adalah sebuah situs layanan iklan Facebook yang akan membantu halaman atau website bisnis kamu berkembang. Nantinya, halaman atau website bisnis kamu akan dipromosikan sesuai target konsumen bisnis yang dinginkan.

Facebook Ads adalah layanan iklan berbayar. Facebook menjadi platform media sosial paling populer dan banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia. Sebuah survei membuktikan bahwa menggunakan Facebook Ads dapat menampilkan iklan kepada audiens berdasarkan preferensinya.

Nah, langsung saja kita simak 5 tips cara menggunakan Facebook Ads untuk pemula di bawah ini!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Tentukan dan Ukur Target Iklan di Facebook Ads

5 Tips Cara Menggunakan Facebook Ads untuk Pemula
Tentukan konsep iklan yang benar-benar mengerucut terhadap targeted market

Pertama, saat melakukan promosi iklan menggunakan Facebook Ads, pastikan kamu sudah menentukan konsep bagaimana iklanmu akan berjalan. Tentukan juga siapa target audiens dari iklan tersebut. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk kamu mendapatkan exposure yang tepat dan konsisten.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UXMau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut. Design berikut.

2. Gunakan Facebook Pixel

5 Tips Cara Menggunakan Facebook Ads untuk Pemula
Facebook Pixel memudahkanmu dalam memasang iklan di Facebook Ads

Jika kamu belum pernah menggunakan Facebook Pixel, coba gunakan fitur ini untuk mengoptimalkan Facebook Ads. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengetahui orang-orang yang telah melihat produk di iklanmu dan menfokuskan targeted market.

Bahkan, jika kamu belum siap menentukan dan menyusun iklan promosi, Facebook Pixel dapat melakukan pelacakan data dan pemasaran ulang yang siap guna saat kamu mulai mengoptimalkan Facebook Ads.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

3. Konsisten dengan Frekuensi Iklan

5 Tips Cara Menggunakan Facebook Ads untuk Pemula
Coba untuk konsisten memasang iklan pada jam-jam tertentu setiap hari

Selanjutnya, usahakan kamu memasang iklan dengan frekuensi yang konsisten. Misal, setiap hari pada jam tertentu. Jangan lupa tentukan target audiens dari pengguna Facebook yang kamu tuju.

Dari situ iklanmu akan lebih optimal dan lebih luas dalam menjangkau target audiens yang telah kamu tentukan. Pengguna media sosial cenderung lebih memahami konsep dan tipe iklan yang sering muncul di laman utama mereka.

4. Lakukan Iklan Uji Coba

5 Tips Cara Menggunakan Facebook Ads untuk Pemula
Uji coba trial and error

Tentunya penting untuk melakukan uji coba dalam mempromosikan iklan di Facebook. Setiap kali memasang iklan yang baru, kamu harus mengujinya terhadap iklan yang sebelumnya agar mengetahui peningkatan dan kekurangan dari iklan sebelumnya.

Praktik terbaik untuk iklan Facebook adalah terus mencoba. Oleh karena itu, satu-satunya cara untuk menjaga agar perubahan itu tetap mutakhir adalah dengan mengujinya.

Seiring waktu, kamu akan belajar cara meningkatkan performa iklan Facebook. Meta-analisis Facebook menunjukkan bahwa iklan yang dikembangkan melalui pengujian dan penyempurnaan memiliki biaya per tindakan 26% lebih rendah.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

5. Optimalkan Iklan Menggunakan Facebook Ads Manager

5 Tips Cara Menggunakan Facebook Ads untuk Pemula
Kontrol mudah dengan menggunakan Facebook Ads Manager

Facebook Ads Manager membantu kamu untuk memantau bagaimana iklan Facebookmu berjalan. Kamu dapat melihat trafik jumlah pengunjung hingga berapa kali kamu melakukan pengulangan frekuensi tayangnya iklan.

Saat terlihat bahwa trafik iklan Facebookmu tidak kunjung naik dan membuat perubahan signifikan, kamu dapat menggunakan fitur iklan berbayar. Dalam fitur ini, iklan akan ter-boost untuk memiliki lebih banyak audiens dan cakupan yang lebih luas dalam penayangan di Facebook. 

Itulah tadi 5 tips cara menggunakan Facebook Ads untuk pemula. Beberapa tips tersebut dapat kamu gunakan saat kamu memulai memasang iklan di Facebook Ads. Namun, penting untuk diingat bahwa beberapa tips di atas menyesuaikan dengan kebutuhan iklan Facebook Ads yang akan kamu pasang!

Masih ingin mengetahui lebih lanjut tentang Facebook Ads? MySkill.id memiliki kelas persiapan mengenai Facebook Ads, loh! Di dalam kelas ini kamu akan mendapat pengetahuan sekaligus pelatihan tentang cara menggunakan Facebook Ads untuk pemula maupun yang sudah profesional sekalipun.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill