5 Tips Jadi Podcaster Andal! Siapa Tahu Jadi Terkenal?

Sekarang ini anak muda mana sih, yang gak kenal podcast? Sebuah siaran yang santai, asik, yang bukan hanya sekadar mengundang bintang tamu untuk berbincang-bincang.

Lantas, apakah kamu salah satu yang bermimpi mau jadi podcaster terkenal? Nah, kalau gitu simak dulu nih, lima tips jadi podcaster andal! Sebab kalau sudah andal, kemungkinan peluang kamu bisa terkenal juga besar! Yuk, simak!

1. Tamu yang Kamu Undang Harus Menarik

5 Tips Jadi Podcaster Andal! Siapa Tahu Jadi Terkenal?
Bintang tamu yang menarik adalah salah satu trik menggaet penonton.

Saat mengundang tamu atau pembicara di podcast, kamu harus memperhitungkan banyak aspek. Kamu harus melihat apakah pembicara itu sesuai dengan tema dan pembawaan podcast yang kamu miliki atau tidak.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

2. Lakukan Riset

5 Tips Jadi Podcaster Andal! Siapa Tahu Jadi Terkenal?
Riset prawawancara sangat kamu perlukan sebelum rekaman.

Riset diperlukan untuk mencari data keterkaitan antara bintang tamu yang akan diundang dengan tema-tema yang telah kamu siapkan. Jangan sampai latar belakang bintang tamu tidak relevan dengan topik yang ingin kamu bahas.

Bukan hanya itu, riset juga berguna sebagai gambaran untuk kamu terkait bagaimana cara berbicara dan berhadapan dengan bintang tamu nanti. Dalam hal ini, kamu bisa melihat bagaimana ia di media sosial, saat berbicara di podcast lain, dan lain sebagainya.

Sekali lagi, hal ini akan sangat membantu kamu menentukan bagaimana harus bersikap, sehingga ini akan mempermudah proses keakraban saat memulai percakapan dengan bintang tamu.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

3. Siapkan Pertanyaan Mendalam

5 Tips Jadi Podcaster Andal! Siapa Tahu Jadi Terkenal?
Susunlah beberapa pertanyaan yang menarik dan mendalam.

Memiliki daftar pertanyaan sebelum merekam podcast adalah ide yang baik. Persiapkan pertanyaan-pertanyaan yang bisa memberikan pandangan baru dari topik yang akan kamu bahas. Oleh karena itu, usahakan hindari pertanyaan yang telah orang lain ajukan sebelumnya ke bintang tamu yang kamu undang agar tidak ada repetisi.

Selain itu, hindarilah pertanyaan yang memiliki jawaban “iya” dan “tidak” yang dapat mematikan pembicaraan. Carilah pertanyaan yang menjurus kepada penjelasan, seperti “mengapa” dan “bagaimana” untuk membantu mencari detail.

4. Rencanakan dengan Matang

5 Tips Jadi Podcaster Andal! Siapa Tahu Jadi Terkenal?
Siapkan rencana sebaik mungkin sebelum merekam podcast.

Setiap podcast biasanya memiliki durasinya masing-masing. Ada yang durasinya hanya sebentar, tetapi ada juga yang cukup lama sampai berjam-jam. Dalam hal ini, kamu perlu merencanakan dengan matang apakah pertanyaan-pertanyaan yang akan dibahas bisa memenuhi durasi podcast atau tidak.

Jangan sampai pertanyaannya sudah selesai, tetapi durasi tayangnya belum terpenuhi. Oleh karena itu, rencanakan segalanya dan kemungkinan yang ada dengan matang, ya!

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

5. Jangan Takut Improvisasi

5 Tips Jadi Podcaster Andal! Siapa Tahu Jadi Terkenal?
Improvisasi dapat membuat percakapan lebih menarik.

Perubahan rencana dalam membuat podcast adalah suatu hal yang wajar dan sangat mungkin terjadi. Jangan takut atau panik saat hal itu terjadi!

Selanjutnya, apabila bintang tamu mulai membicarakan hal baru di luar topik, kamu dapat memanfaatkan riset sebelumnya untuk menggali pertanyaan baru. Tetap tenang dan usahakan pembicaraan bisa kembali ke topik awal sehingga tidak melenceng jauh.

Dalam mengatasi hal ini kamu bisa mengalihkannya dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan lanjutan untuk mengembalikan arus pembicaraan sesuai dengan rencana awal.

Nah, itu tadi tipsnya! Tambahan lagi, MySkill punya kelas manajemen produk digital berupa podcast, lo! Yuk, ikuti kelas ini untuk menunjang perkembangan podcast kamu!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill