Tips Menjawab Pertanyaan Interview, DIjamin Lolos!

Ketika melamar pekerjaan, tahap yang sudah pasti kamu temui adalah interview. Pada tahap ini juga kebanyakan orang gagal lanjut karena beberapa kesalahan. Berikut beberapa tips menjawab pertanyaan interview agar kamu lolos. Good luck!

1. Perkenalan Diri

menjawab pertanyaan interview dengan perkenalan yang luar biasa
Perkenalkan dirimu dengan cara yang berbeda

Pertanyaan pertama untuk mengawali sebuah wawancara pekerjaan pastilah perkenalan. HR akan memintamu untuk memperkenalkan diri. Pada tahap ini perlu kamu perhatikan, jangan menjawab pertanyaan interview seperti apa yang kamu tulis di CV. Tetapi, kamu bisa menjawab seperti apakah kamu aktif dalam organisasi, apakah kamu bisa membagi waktu antara organisasi dan kuliah, atau ceritakan sedikit passion kamu yang berhubungan dengan pekerjaan yang sedang kamu lamar. 

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

2. Realistis dan Optimis

Tips Menjawab Pertanyaan Interview, DIjamin Lolos!
Berpikir realistis dan optimis

Tips yang kedua adalah tetap realistis dan optimis. Jawablah pertanyaan dari pewawancara atau HRD secara realistis, apa adanya di dunia nyata tetapi tetap optimis. Jawaban yang realistis akan lebih menarik daripada jawaban yang seakan-akan sempurna tetapi tidak ada kemajuan. 

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

3. Alasan yang Logis

Tips Menjawab Pertanyaan Interview, DIjamin Lolos!
Berikanlah alasan alasan dengan logis

Pada saat wawancara kamu akan berhadapan dengan pertanyaan mengapa memilih bekerja di perusahaan ini atau mengapa memilih posisi tersebut. Jawablah dengan alasan yang logis. Seperti, karena kamu tertarik dengan visi dan misi dari perusahaan tersebut dan ingin terus mempelajari dan berkembang bersama perusahaan tersebut.

Atau kamu bisa menjawab karena dengan pengalaman dan juga keahlian yang kamu miliki, kamu dapat berkontribusi pada perusahaan tersebut. Jangan sekali-kali menjawab karena kamu membutuhkan uang, ya. Jawaban seperti ini menandakan kamu tidak akan berkontribusi penuh pada perusahaan dan hanya menginginkan gaji saja. Sudah pasti kamu tidak akan lolos interview. 

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

4. Keinginan yang Jelas

Tips Menjawab Pertanyaan Interview, DIjamin Lolos!
Sampaikanlah alasan kamu berggabung dengan perusahaan tersebut

Saat HR bertanya tentang harapan apa yang kamu inginkan dari perusahaan, kamu tidak perlu bingung untuk menjawabnya. Jawablah dengan tenang dan jelas.

Misal, kamu adalah seorang content writer, kamu bisa menjawab pertanyaan tersebut seperti dengan harapan pelatihan tentang kepenulisan yang dapat menambah keahlian kamu dan juga pengetahuan kamu tentang dunia menulis, atau kamu bisa menjawab bahwa dengan bekerja di perusahaan tersebut keahlian kamu akan terus berkembang yang mana akan bermanfaat untuk karir kamu selanjutnya. 

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca panduan lengkap Graphic Design di sini.

5. Beri Solusi

Tips Menjawab Pertanyaan Interview, DIjamin Lolos!
Berikan solusi atas kekuranganmu

Kamu bisa menerapkan tips ini saat HR bertanya tentang kelebihan dan kekurangan kamu. Sampaikan kelebihan dan kekurangan kamu secara jelas dan berikan solusi dari kekuranganmu tersebut. Misal, kekuranganmu adalah pelupa sehingga solusi yang bisa kamu berikan adalah dengan mencatat semua agenda-agenda yang akan kamu kerjakan.

Atau kamu sulit dalam mengatur waktu, maka kamu bisa membuat list pekerjaan dari yang tenggang waktunya sebentar sampai terlama. Dan kamu bisa menuliskan pekerjaan mana yang akan kamu prioritaskan terlebih dahulu. Dengan begitu kamu sudah bisa menemukan solusi dari permasalahanmu dan bertanggung jawab atas kekuranganmu tersebut. Perusahaan akan lebih percaya kepadamu. 

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

Itu dia lima tips menjawab pertanyaan interview pada saat melamar pekerjaan. Karena pada saat interview kamu harus menciptakan first impression yang bagus agar diterima. Bukan berarti kamu harus berbohong, ya!

Jawablah pertanyaan sesuai dengan dirimu jangan dilebih-lebihkan. Jangan lupa untuk selalu tersenyum dan tetap tenang. Semoga tips ini membantu kamu ya! Kamu juga bisa menambahkan tips ala kamu di kolom komentar! 

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join Myskill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill