5 Hal Menarik Jadi Translator! Simak Yuk Apa Saja?

Aahh ingin sekali aku jalan-jalan ke negara lain dan berbicara dengan lancar menggunakan bahasa mereka! Pasti sangat menyenangkan bisa berbicara dengan oppa!”. Hayo, kalian pasti pernah berpikiran seperti itu setelah menonton salah satu film maupun drama yang terdapat aktor kesukaan kalian. Seketika rasa ingin menguasai berbagai bahasa meningkat! Eits, jika kamu memang tertarik dengan hal tersebut kamu bisa loh bekerja sambil jalan-jalan sesuai dengan keinginan kamu. Yaps, pekerjaan itu kita kenal dengan sebutan translator.

Translator merupakan suatu pekerjaan yang bertugas untuk membantu menerjemahkan bahasa-bahasa asing menjadi bahasa ibu (bahasa yang berada di suatu negara). Meski pekerjaan ini jarang sekali terdengar, tetapi ia memiliki banyak peran penting loh! Nah, apabila kamu tertarik dengan profesi tersebut melalui artikel ini MySKill.id akan mengajak kamu untuk mengenal lebih jauh asyiknya pekerjaan ini. Kamu akan mendapatkan gambaran lebih jelas sehingga membuatmu tidak kebingungan. Tunggu apalagi? Yuk kita simak bersama!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Translator Adalah Peluang Kerja Yang Besar

5 Hal Menarik Jadi Translator! Simak Yuk Apa Saja?
Akan selalu dicari

Jangan salah! Translator memiliki peluang kerja yang cukup besar loh! Terlebih lagi dengan perkembangan zaman yang semakin pesat dan globalisasiyang semakin meluas mempengaruhi kehidupan kita membuat pekerjaan berupa translator sangat dibutuhkan. Baik dari instansi penerbitan maupun perusahaan lain memerlukan penerjemah agar mempermudah mereka dalam bekerja, terlebih lagi apabila ingin melakukan kerjasama dengan perusahaan asing.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Translator Bisa Kerja Sambil Jalan-Jalan Loh!

5 Hal Menarik Jadi Translator! Simak Yuk Apa Saja?
Bekerja sambil refreshing

Jika kamu beruntung, pekerjaan translator juga dapat membawa kamu untuk pergi ke negara lain loh! Hal ini karena terkadang saat perusahaan menjalin hubungan dengan perusahaan luar negeri sering kali terdapat rapat kerja. Nah, fungsi translator disini adalah membantu perusahaan dalam menjalin kerjasama tersebut. Apabila pekerjaan tersebut membutuhkan perjalanan, maka kamu sangat dibutuhkan di sini. Kamu akan menemui tempat, suasana, dan lingkungan yang baru.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

3. Ilmu Baru Dan Wawasan Yang Luas

5 Hal Menarik Jadi Translator! Simak Yuk Apa Saja?
Mendapat banyak ilmu baru

“Kok bisa sih selalu berkembang?” tentu saja, karena setiap hari kamu tidak hanya menjadi seorang translator. Menjadi seorang translator juga harus selalu mampu untuk up to date terhadap segara berita, mampu mengolah dokumen, surel, dan sebagainya dengan bahasa yang kamu tekuni tersebut. Dengan kegiatan tersebut tentunya menjadi sebuah sarana belajar translator untuk selalu mengembangkan kosakata serta membuatnya menjadi semakin berkembang dan bertambah ilmunya.

4. Penerjemah Akan Diingat Oleh Para Klien

5 Hal Menarik Jadi Translator! Simak Yuk Apa Saja?
Selalu dikenang

Keuntungan dari pekerjaan translator adalah kamu akan selalu diingat oleh klien yang pernah bekerjasama denganmu. Hal ini karena sebagai translator pasti kamu akan menjadi sorotan utamaklien dalam berkomunikasi. Secara tidak langsung klien akan selalu mengingat kamu. Tentu kondisi ini mendorong adanya kesempatan untuk membangun komunikasi yang baik dan memperluas relasi.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

5. Translator Memiliki Gaji Yang Tinggi

5 Hal Menarik Jadi Translator! Simak Yuk Apa Saja?
Bergaji tinggi tentunya

Tidak dapat dipungkiri bahwa profesi memiliki gaji yang lebih tinggi dibandingkan pekerjaan lain. Posisi gaji tersebut berada di golongan menengah untuk penerjemah pemula. Perusahaan mampu untuk memberikan gaji yang tinggi sesuai dengan kemampuan translator. Apabila penerjemah tersebut merupakan penerjemah yang sudah profesional, maka gaji yang akan ia dapat akan lebih tinggi lagi.

Itulah beberapa perkenalan dari keseruan bekerja menjadi translator. Kamu jadi tidak perlu ragu untuk bekerja di bidang ini. Banyak kelebihan dan keseruan yang akan kamu dapatkan. 

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join MySkill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill