Lagi Cari Side Job? Wajib Punya Aplikasi Ini!

Pada umumnya, side job adalah pekerjaan yang dilakukan agar mendapat uang tambahan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pekerjaan yang dilakukan biasanya sama dengan pekerjaan utama atau umumnya disebut dengan sampingan. Namun, side job bersifat tidak terikat kontrak atau freelance.

Nah, buat kalian yang sedang mencari side job, yuk merapat! Berikut ini lima aplikasi side job yang wajib kalian miliki.

1. Sribulancer

Mencari kerja di Sribulancer

Sribulancer adalah website untuk mencari jasa freelancer. Bagi kalian yang mampu menawarkan jasa seperti pembuatan website, pembuatan aplikasi mobile, desain grafis, copywriting, dan jasa lainnya dapat mendaftar sebagai freelancer di Sribulancer.

Cara menjadi freelancer di Sribulancer yang pertama, kalian dapat mengunjungi Sribulancer lalu klik ‘Daftar Sebagai Freelancer’. Kedua, kalian akan masuk ke laman registrasi. Jadi setelah itu silakan masukkan nama lengkap, username, kata sandi, alamat email, dan nomor telepon. Ketiga, klik ‘Daftar Sebagai Freelancer’.

2. Fastwork

Mencari side job di Fastwork

Fastwork merupakan platform freelancing terbesar di Asia Tenggara. Kalian dapat mengunduh aplikasi ini di Google Play Store untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iOS. Ada berbagai kategori freelancers yang bergabung dalam aplikasi ini. Mulai dari graphic and illustration, writing and translation, website/ app development, video and sound, dan online marketing and advertisements.

3. Fiverr

Aplikasi Side Job fiverr
Ilustrasi aplikasi side job Fiverr

Fiverr merupakan sebuah platform bagi para freelancer untuk menawarkan layanan mereka kepada pelanggan di seluruh dunia. Terdapat banyak layanan freelance yang tersedia di Fiverr. Mulai dari penulisan, penerjemahan, desain grafis, pengeditan, pemrograman, dan layanan lainnya. Tidak berbeda dengan Fastwork, aplikasi Fiverr tersedia juga di Google Play Store dan App Store.

4. Upwork

Marketplace Upwork, gudangnya side job

Upwork adalah marketplace yang mempertemukan klien dengan freelancer dari berbagai belahan dunia. Layanan yang tersedia dalam aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan tiga aplikasi sebelumnya. Kalian dapat menggunakan Upwork dalam versi website atau aplikasi.

Salah satu hal penting yang perlu kalian perhatikan ketika bergabung sebagai freelancer di aplikasi ini adalah melengkapi profil. Setelah cover letter, klien pasti melihat halaman profil freelancer. Oleh karena itu, kalian perlu melengkapi overview, skill, dan foto profil. Hindari typo atau kesalahan kata pada overview. Kemudian, pastikan kalian dapat mempertanggungjawabkan skill yang ditambahkan.

5. NusaTalent

Aplikasi Side Job
Mencari side job di aplikasi NusaTalent

NusaTalent merupakan job platform berbentuk aplikasi yang bertujuan untuk memudahkan jobseeker dalam mencari pekerjaan penuh waktu dan sampingan. Kalian cukup melengkapi data diri kemudian data tersebut akan menjadi CV yang sudah sesuai dengan standar perusahaan.

Aplikasi NusaTalent ini menawarkan dua tipe pekerjan bagi jobseeker, yaitu pekerjaan full-time dan freelance. NusaTalent sudah tersedia di Google Play Store dan App Store.

Nah, itulah lima aplikasi yang wajib kalian miliki jika sedang mencari side job. Sangat mudah untuk mengaksesnya, bukan? Selamat mencoba ya! Buat kalian yang pernah menggunakan aplikasi-aplikasi di atas, jangan lupa yuk bagikan pengalamannya di kolom komentar!

Baca Juga: Waspada! Ini Ciri-Ciri Penipuan Wawancara Kerja

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join Myskill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Editor: Silvilla Sani