Alasan Bekerja di Start Up untuk Fresh Graduate

Siapa sih yang tidak kenal dengan perusahaan start up?  Pasti sudah familiar dong. Ya, perusahaan-perusahaan seperti Tokopedia, Gojek, Shopee, Ruangguru, Zalora merupakan perusahaan start up. Jika kamu merupakan job seeker dan sedang berada dalam fase bingung untuk memilih perusahaan dimana kamu ingin bekerja, hari ini MySkill akan menyediakan beberapa alasan mengapa kamu harus mencoba bekerja di perusahan start up. Penasaran kan? Yuk simak ulasan berikut! 

1. Perusahaan Start Up punya Fasilitas yang Unik

Terdapat fasilitas untik di perusahaan start up
Terdapat fasilitas untik di perusahaan start up

Perusahaan-perusahaan ini umumnya baru merintis atau baru berjalan selama beberapa bulan atau tahun. Oleh sebab itu, ide-ide yang kreatif dan baru oleh karyawan sangat dibutuhkan untuk mengembangkan perusahaan tersebut.

Untuk menunjang karyawan-karyawan yang mampu menghasilkan ide yang unik dan orisinil maka seringkali perusahaan ini juga menyediakan fasilitas-fasilitas yang tidak kalah unik dan menyenangkan. Mereka juga seringkali menyediakan fasilitas-fasilitas yang tidak akan kamu temukan di perusahaan koperasi, firma dan lain sebagainya.

Hal yang kamu bisa temukan di antaranya adalah employee lounge yang dengan sarana bebragam seperti wifi, area permainan seperti bilyar, makanan dan minuman ringan yang bebas kamu ambil sepuasnya, area untuk duduk yang nyaman lengkap dengan bean bag. Fasilitas-fasilitas ini dapat kamu nikmati sambil mengerjakan pekerjaanmu ataupun untuk bercengkerama dengan rekan-rekan kerja lainnya.

Perusahaan Google merupakan salah satu perusahaan start up yang menyediakan fasilitas unik yaitu, seluncuran di dalam gedung perusahaan Google HQ di Silicon Valley. Seluncuran dibuat agar karyawan dapat turun ke lantai bawah tanpa menggunakan tangga. 

2. Peluang untuk Belajar Banyak Hal

Mendapatan kesempatan untuk belajar lebih
Mendapatan kesempatan untuk belajar lebih

Perusahaan yang baru berdiri seringkali belum memiliki terlalu banyak karyawan, hal ini menyebabkan banyak peluang untuk mengerjakan tugas-tugas lain yang bukan merupakan job desc kerap terjadi.

Ada beberapa orang yang mungkin akan menganggap hal ini sebagai beban, akan tetapi sebenarnya melakukan hal ini dapat menjadi sarana untuk belajar, mendapatkan ilmu baru serta pengalaman yang dapat berguna di kemudian hari. Selain itu, kamu mendapatkan kesempatan untuk mengenal dan membangun koneksi dengan karyawan yang berasal dari divisi lain. 

Baca juga: 5 Startup Indonesia Ini Sukses Tembus Pasar Internasional!

3. Kesempatan Untuk Berinovasi

Banyaknya kesempatan untuk mengasah skill
Banyaknya kesempatan untuk mengasah skill

Perusahaan start up harus bisa bertumbuh dan berkembang dengan cepat. Penyebabnya adalah karena terdapat banyak perusahaan saingan lainnya. Apabila perusahaan tersebut gagal untuk beradaptasi, mengikuti tren pasar dan menarik perhatian konsumen maka kemungkinan besar akan tersingkirkan. Maka dari itu, inovasi serta ide-ide yang menarik dari karyawan sangat dibutuhkan dan dihargai oleh perusahaan ini.

Kesempatan ini dapat kamu manfaatkan untuk mengembangkan ide serta karya-karyamu. Di samping itu, kamu juga memiliki kesempatan untuk mengasah soft skills seperti komunikasi, persuasi, public speaking yang akan kamu gunakan untuk mempresentasikan ide yang kamu miliki bagi perusahaan tersebut. 

4. Lingkungan Kerja yang Menyenangkan

lingkungan yang tidak terlalu formal
Lingkungan yang tidak terlalu formal

Perusahaan start up cenderung memiliki lingkungan yang lebih santai daripada perusahaan seperti koperasi atau firma. Komunikasi antar anggota karyawan dan bahkan dengan atasan atau bos lebih terbuka dan tidak selalu formal.

Kebanyakan mereka mempekerjakan anak muda atau fresh graduate yang memiliki semangat tinggi dan bertekad untuk memberikan yang terbaik. Pada lingkungan kerja seperti ini kamu dapat lebih bebas dalam menyatakan opini dan ide-ide mu. Di samping itu, berada di tengah-tengah karyawan lain yang bersemangat dapat memacumu untuk menjadi individu yang lebih aktif dan berani berpendapat. 

Nah, itulah empat alasan mengapa kamu harus mencoba bekerja di perusahaan start up, setidaknya sekali seumur hidup. Banyak kelebihan dan manfaat yang dapat kamu peroleh. Setelah membaca artikel ini, apakah kamu tertarik untuk bekerja disana? Komen ya di bawah! 

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join Myskill.id! Disini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Editor: Dinan Fuzianti