Backlink: Pengertian, Kriteria dan Cara Mendapatkannya

Kamu ingin mengoptimalkan SEO-mu? Sudah tahukah kamu tentang apa itu backlink? Ya, tautan di suatu situs web lain yang mengarahkan ke halaman situs web kamu. Bagian dari SEO ini ternyata penting karena dengan menerapkan, mengelola, dan mengevaluasi kinerja backlink kamu sudah termasuk menjalankan strategi untuk mengoptimalkan SEO. 

Lantas, apa backlink sebenarnya? Nah, MySkill.id akan berbagi denganmu mengenai definisi hingga strategi cara mendapatkan backlink. Yuk, simak selengkapnya!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Apa itu Backlink?

backlink adalah
Orang lain merekomendasikan situs web milikmu

Backlink atau tautan balik adalah tautan dari situs web orang lain yang mengarahkan pembaca ke situs web kamu. Contohnya, ketika seorang blogger atau orang yang berada di industri tertentu merekomendasikan halaman situs pada pengunjung situs web-nya. Hal ini akan sangat menguntungkan untuk situs web milikmu karena artinya orang tersebut menganggap situsmu bagus dan bermanfaat.

Namun, ada berbagai jenis tautan balik dan tidak semua memberikan manfaat yang sama. Kamu dapat menggunakan atribut tertentu pada tautan yang kamu letakkan pada situs web yang relevan, seperti rel=“sponsored” untuk menandai tautan berupa iklan, gunakan rel=”nofollow” jika kamu tidak ingin Google mengaitkan dirimu dengan situs web yang kamu tautkan, dan rel=”ugs” untuk menandai tautan pada kolom komentar atau forum situs web tersebut.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Kriteria Menentukan Backlink yang Bagus

backlink yang bagus
Lakukan seleksi yang menyeluruh saat mendapat tautan balik

Kamu perlu melakukan beberapa perbaikan pada situs milikmu agar siap mendapatkan backlink. Jika situs sudah siap menerima pengunjung, barulah kamu mencoba untuk mendapatkannya. Kamu perlu mempertimbangkan kualitas daripada kuantitas dari tautan tersebut supaya tidak memperburuk hasil pencarian situsmu. Berikut ini adalah kriteria menentukan backlink yang bagus dan berkualitas untuk situs web: 

  • Relevansi

Tautan tersebut harus berhubungan dengan produk atau topik yang kamu gunakan dalam situs web. Misalnya, perusahaan menyediakan layanan e-learning, jadi kamu akan mendapatkan tautan balik dari situs yang memberikan ulasan terkait produk tersebut. 

  • Kualitas Tautan 

Jika kamu mendapatkan tautan balik dari situs tertentu, kamu tetap harus memeriksa tautan lainnya yang ada pada situs tersebut. Pastikan tautan yang diterima oleh situs tersebut relevan dan penempatannya tepat supaya kamu merasa aman. Lakukan pemeriksaan kualitas secara menyeluruh, ya. 

  • Otoritas

Seperti yang kamu tahu, Google menggunakan algoritme untuk menentukan otoritas situs web. Kamu bisa menggunakan perangkat pihak ketiga, seperti Ahrefs untuk tahu peringkat halaman melalui algoritme. Kamu perlu menggunakan lebih dari satu perangkat pihak ketiga. 

  • Standar Editorial

Kamu akan mendapat banyak manfaat dari situs yang kredibilitasnya terpercaya. Carilah situs yang memiliki standar editorial yang baik. Jika tautan berasal dari situs yang tidak bagus, situs web milikmu juga tidak akan memberikan kesan pada pengunjung.  

  • Status Pengindeksan

Pastikan kamu mendapatkan tautan balik dari situs yang terindeks. Jika situs tidak ada dalam indeks, maka tidak akan memiliki peluang besar untuk muncul dalam pencarian. Untuk mengetahui apakah suatu situs ada dalam indeks, kamu bisa gunakan “site:(alamat situs web)”.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

3. Cara Mendapatkan Backlink

membangun backlink
Bangun tautan balik secara aktif dengan situs web yang relevan

Jadi, bagaimana cara mendapatkan backlink supaya kamu mendapatkan tautan balik yang bagus dan menguntungkan? Ini caranya: 

  • Tinggalkan komentar pada blog atau situs web yang relevan dengan milikmu. 
  • Pastikan format tautan situs web-mu jelas sesuai dengan jenis dan kepentinganmu. 
  • Berpartisipasi dalam forum industri. Hal ini bisa menghindarkan kamu dari promosi situs yang berlebihan.
  • Kamu dapat mendaftarkan diri pada komunitas atau perkumpulan orang-orang pada industri tertentu. 

Jika kamu sudah mengetahui kapan kamu harus memposting backlink dan jenis situs apa yang mempostingnya untuk situsmu, SEO situsmu juga dapat optimal dengan baik. Ingat! Jangan lupa untuk terus memeriksa setiap tautan balik yang kamu terima. Kamu perlu tahu situs mana yang bermanfaat untukmu dan situs mana yang harus kamu hindari.

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca panduan lengkap Graphic Design di sini.

Itulah informasi mengenai apa itu backlink dan cara mendapatkannya yang termasuk salah satu strategi untuk mengoptimalkan SEO-mu. Untuk lebih dalam mempelajari ilmu SEO, kamu dapat bergabung dengan MySkill.id. Tersedia kelas Mengenal Search Engine Optimization, yang akan membagikan pengetahuan mengenai konsep dasar, strategi, pemahaman konten, dan distribusi konten untuk SEO. Menarik bukan? Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, gabung dengan MySkill.id!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Editor: Alwan Kurnia