Daftar Prakerja: Ini Persyaratan dan Caranya!

2 min read

Guna memaksimalkan potensi tenaga kerja, pemerintah menyediakan Program Kartu Prakerja. Untuk mengikuti program tersebut, teman-teman perlu mendaftar terlebih dahulu. Sudahkah kalian tahu bagaimana cara daftar prakerja? Yuk, ketahui lebih jauh melalui informasi di bawah ini!

Apa itu Kartu Prakerja?

Sebelum mengetahui cara daftar kartu prakerja, ketahui terlebih dahulu pengertiannya
Prakerja biaya bantuan khusus peningkatan kompetensi kerja

Sebelum mengetahui cara untuk daftar program prakerja, kita perlu mengetahui informasi dasarnya terlebih dahulu. Kartu Prakerja adalah program bantuan biaya khusus peningkatan kompetensi kerja dan kewirausahaan untuk tenaga kerja usia produktif. 

Melalui kegiatan ini, Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemenaker) bertujuan untuk meningkatkan produktivitas, dan kompetensi angkatan kerja. Di samping itu, kegiatan tersebut juga memiliki tujuan dalam meningkatkan daya saing tenaga kerja usia produktif, serta mengembangkan jiwa entrepreneurship

Berjalan sejak 2020, kegiatan ini ditujukan pada pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), pencari kerja, pekerja yang sedang memerlukan pengembangan kompetensi, maupun pelaku usaha mikro. Akan tetapi, kegiatan ini memprioritaskan karyawan yang terkena PHK, pelaku usaha yang terdampak Covid-19, dan pencari kerja usia muda.

Sejak 2020 hingga 2021 sudah terdapat 11,4 juta orang yang telah menerima bantuan kegiatan ini. Peserta yang lolos seleksi akan mendapatkan dana bantuan sebesar Rp1.000.000. 

Selain itu, penerima program akan mendapatkan insentif. Pembagiannya dimulai ketika peserta menyelesaikan pelatihan pertama. Terdapat 2 insentif yang akan peserta terima, yaitu insentif mencari kerja sejumlah Rp600.000/bulan selama 4 bulan, serta insentif pengisian survei evaluasi sebanyak Rp50.000/survei. 

Syarat Daftar Prakerja

Untuk mendaftar program prakerja, seseorang harus berusia 18 tahun ke atas dan merupakan WNI
Syarat-syarat daftar Prakerja

Penawaran manfaat di atas sangat menarik bagi pencari kerja maupun pelaku usaha. Namun, sebelum mendaftarkan diri, teman-teman perlu tau syarat-syarat yang harus dipenuhi. Berikut adalah syarat-syarat untuk daftar prakerja:

  • Peserta adalah WNI berusia 18 tahun ke atas.
  • Sedang tidak menempuh pendidikan formal.
  • Pendaftar merupakan pencari kerja, pekerja/buruh terdampak PHK, pekerja/buruh yang memerlukan pengembangan kompetensi, dan pelaku usaha mikro.
  • Peserta bukan Pejabat Negara, ASN, anggota TNI atau Polri, anggota DPRD, Kepala Desa, Perangkat Desa, dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas di BUMN maupun BUMD.
  • Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama masa pandemi.
  • Setiap Kartu Keluarga (KK) maksimal hanya 2 orang yang dapat menjadi penerima program. Jika melebihi angka tersebut, peserta tidak akan masuk ke dalam daftar penerima prakerja.

Baca juga: Pemutusan Hubungan Kerja: 7 Persiapan Menghadapinya 

Cara Daftar Program Prakerja

Ikutilah tata cara daftar prakerja secara teratur
Tata cara daftar prakerja

Jika sudah memahami serta memenuhi syarat-syarat di atas, teman-teman sudah bisa mendaftar program prakerja. Orang-orang yang daftar program prakerja ini tidaklah sedikit, tetapi tak semua pendaftar bisa lolos seleksi. Terdapat beberapa tahap yang perlu kalian lewati saat daftar program prakerja. Untuk mengetahuinya, perhatikan dengan saksama cara daftar Program Prakerja di bawah ini!

1. Daftar Akun

  • Bukalah halaman registrasi untuk daftar akun di website prakerja.
  • Masukkan e-mail dan password, lalu klik daftar.
  • Kemudian, cek e-mail untuk melakukan verifikasi.
  • Setelah verifikasi berhasil, lakukan login melalui akun kalian. 

2. Pendaftaran 

  • Setelah melakukan pendaftaran akun, kalian akan diarahkan pada halaman verifikasi KTP dengan mengisi NIK, KK, dan tanggal lahir.
  • Kemudian lengkapi data diri, pastikan data yang tertera sudah sesuai dengan KTP dan KK.
  • Lakukan verifikasi KTP dengan mengunggah foto. Hasil foto tidak boleh lebih dari 2 MB dan harus berupa file JPG, JPEG, atau PNG. Foto yang pendaftar ambil adalah hasil foto langsung melalui kamera handphone (HP). Oleh karena itu, pendaftar dianjurkan menggunakan HP untuk daftar prakerja. Pastikan ketentuan tersebut terpenuhi agar proses verifikasi berjalan dengan lancar. 
  • Setelah foto KTP sudah sesuai dengan panduan dan ketentuan, kirim foto KTP.
  • Selanjutnya terdapat tahap verifikasi foto wajah. Ambil foto sesuai dengan ketentuan yang ada. Jika sudah melakukan swafoto, klik “Gunakan Foto”, lalu kirim foto tersebut. 
  • Kemudian kalian perlu melakukan verifikasi nomor HP dengan mengisi kode OTP. 
  • Setelahnya isilah pertanyaan pendaftar hingga selesai. Sesudah mengisi semuanya peserta bisa melanjutkan ke tahap tes seleksi.

Baca juga: Pasti Sukses! Intip 5 Tips Menyusun Perencanaan Karir Pribadi Berikut Ini! 

3. Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar

  • Klik “Mulai Tes” untuk memulai tahap tes seleksi. 
  • Kerjakan soal tes dengan teliti. Selama mengerjakan tes, peserta hanya memiliki waktu selama 25 menit.
  • Setelah menyelesaikan tes, kembalilah ke dashboard. Kemudian, pilih gelombang sesuai domisili dan klik “Gabung Gelombang” untuk mengikuti seleksi. 
  • Setelahnya akan muncul lembar persetujuan, lalu klik “Saya Setuju”.
  • Tahap pendaftaran selesai. Pemberitahuan kelolosan dapat kalian liat melalui e-mail atau website resmi prakerja. Jika belum lolos, kalian bisa mengikuti gelombang berikutnya. 

Itulah, syarat dan cara untuk mendaftar program prakerja! Jika memerlukan informasi lebih lanjut teman-teman bisa kunjungi website resminya. Hampir setiap bulan kegiatan ini membuka gelombang baru. Maka dari itu, segera persiapkan diri kalian! 

Selain melalui program tersebut, teman-teman juga bisa meningkatkan potensi dengan mengikuti berbagai kelas dari MySkill.id. Tentunya dengan harga terjangkau! Yuk, segera daftarkan diri kalian guna tingkatkan potensi!

Baca juga: Persiapan Karier Impian? MySkill.id Bisa Jadi Pilihan yang Tepat!

Editor: Wida Kurniasih