Keywordtool.io: Fitur dan Kelebihan dalam Research Keyword

Salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam SEO (Search Engine Optimization) adalah keyword. Saat menentukan frasa kunci, seorang content creator maupun writer tak bisa asal dalam membuatnya. Akan tetapi, mereka perlu melakukan research keyword, supaya dapat menjangkau audiens dan mencapai halaman utama mesin pencarian. Hal tersebut dapat mereka lakukan dengan bantuan SEO tools, salah satu di antaranya adalah Keywordtool.io.

Keywordtool.io adalah alat penunjang dalam research frasa kunci berbasis website. Dengan menggunakannya, teman-teman yang bekerja dalam bidang pembuatan konten bisa mendapatkan berbagai macam ide keyword. Di samping itu, tool ini juga bisa kita akses secara gratis. Menarik bukan? Untuk mengenalnya lebih jauh, yuk, simak bersama pembahasan mengenai fitur-fitur utama beserta kelebihannya di bawah!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Fitur-fitur dalam Keywordtool.io

Keywordtool.io: Fitur dan Kelebihan dalam Research Keyword
Keywordtool.io mempunyai tiga fitur utama (Dokumentasi: pribadi)
1. Fitur Find Keyword

Find keyword merupakan fitur utama dalam Keywordtool.io. Ketika menulis seed keyword pada kolom pencarian, tool ini akan menawarkan ribuan long-tail keywords yang bisa dipilih. Oleh karena itu, melalui fitur ini kita tak perlu kebingungan lagi ketika kehabisan ide untuk menentukan frasa kunci. Selain itu, ada juga negatives keywords feature yang berfungsi dalam mengeliminasi kata kunci yang tidak relevan. 

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

2. Fitur Search volume 

Dalam menentukan frasa kunci, teman-teman perlu mengetahui jumlah search volume-nya. Pada Keywordtool.io, terdapat sebuah fungsi serupa yang bernama search volume. Fitur tersebut akan menampilkan data berapa banyak orang yang mencari suatu keyword

Jika volume-nya kecil, berarti jarang sekali ada orang yang mencari frasa kunci tersebut. Sementara itu, kata kunci dengan volume tinggi menunjukan bahwa banyak orang yang mencarinya. Karenanya, fitur search volume sangat penting dalam menentukan keyword supaya bisa menjangkau banyak audiens dan meraih halaman utama pada mesin pencarian.

3. Fitur Analyze Competitor

Keywordtool.io dapat menunjukan tingkat kompetisi suatu kata kunci. Dari situ pemilik website bisa mengetahui tingkat kesulitan dalam mencapai halaman utama di search engine. Penggunaan long-tail keyword dengan tingkat kompetisi rendah dan jumlah search volume tinggi, mampu mendorong konten untuk menjangkau lebih banyak audiens. 

Feature ini juga berfungsi untuk menemukan dan menganalisis keyword yang kompetitor gunakan. Bahkan, terdapat informasi jumlah penggunaan keyword mereka. Jika ingin mengetahuinya, salinlah URL halaman kompetitor dan masukan pada kolom pencarian fitur analyze competitor ini. 

Kelebihan Keywordtool.io

Keywordtool.io: Fitur dan Kelebihan dalam Research Keyword
Keywordtool.io memiliki banyak kelebihan (Dokumentasi: pribadi)
1. Gratis

Siapa yang tidak tertarik jika mendapat tawaran gratis? Apalagi penawaran gratis dari Keywordtool.io ini sangat menggiurkan, karena menawarkan berbagai keuntungan. Walau gratis, teman-teman bisa mendapatkan ide long-tail keyword lebih dari 750 frasa kunci. Bahkan, kita tak perlu susah-susah membuat akun agar bisa mengaksesnya secara gratis. 

2. Mudah Digunakan

Penggunaan Keywordtool.io pun mudah, sehingga cocok bagi pemula. Bahkan, pengaksesannya juga tidak sulit. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kita tak perlu memiliki akun untuk mengaksesnya. Di samping itu, pada dasarnya pencarian long-tail keywords secara manual cukup sulit. Namun, dengan penggunaanya, proses penentuan strategi frasa kunci bersifat long-tail menjadi lebih mudah. 

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

3. Bisa untuk Optimasi konten Instagram, Twitter, dan Youtube

Selain mencari data pencarian di Google untuk konten website, Keywordtool.io bisa kita gunakan dalam pembuatan konten di Instagram, Twitter, Youtube, Bing, dan Playstore. Dengan begitu kita tak perlu memakai banyak perangkat lagi, karena research keyword untuk platform lainnya juga bisa kita lakukan melalui tool ini. 

Sebagai contoh, mereka dapat memberikan keyword maupun hashtag suggestion khusus Twitter. Sistem Keywordtool.io juga menyuguhkan informasi tentang jumlah search volume dan tingkat trend di sana.

Hal tersebut sangat bermanfaat guna optimasi konten dengan hashtag, karena penggunaannya dapat membantu promosi produk. Melalui hashtag yang tepat, customer akan dengan mudah menemukan konten kita. 

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

Nah, itu dia fitur dari Keywordtool.io dan kelebihannya. Melalui penggunaanya, kita bisa dengan mudah melakukan research keyword guna optimasi konten. Bagi yang teman-teman yang bekerja dalam bidang pembuatan konten dan ingin mengasah skill, bisa gabung ke program Mini Bootcamp Content Marketing dari MySkill.id.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill