9 Manfaat SEO Selain Mendatangkan Traffic ke Website

Banyak bisnis yang sudah aware dengan keberadaan Search Engine Optimization (SEO). Manfaat SEO paling utama adalah untuk mendatangkan traffic sebanyak-banyaknya kepada situs web.

Peran SEO dalam marketing adalah memberikan solusi dan menawarkan produk atau layanan yang pengunjung inginkan ketika menelusuri kata kunci tertentu. Mau itu bisnis kecil atau besar, semuanya membutuhkan SEO. Lalu, apa saja manfaat SEO itu? Mengapa sangat penting? Simak penjelasan MySkill.id berikut ini ya!

1. Sumber Utama Meningkatkan Traffic Website

9 Manfaat SEO Selain Mendatangkan Traffic ke Website
SEO mendatangkan banyak lalu lintas ke website

Tidak dapat disangkal bahwa Google merupakan mesin pencarian yang berdampak besar dibandingkan pesaing lainnya bagi sebuah brand. Sehingga, semakin tinggi peringkat suatu website oleh Google atau semakin sering halaman website kamu muncul dalam mesin pencarian, maka semakin banyak orang yang datang dan mengklik situs kamu.

2. SEO Menumbuhkan Kepercayaan dan Kredibilitas

9 Manfaat SEO Selain Mendatangkan Traffic ke Website
Kepercayaan pelanggan memegang peranan penting bagi suatu bisnis

Manfaat SEO di sini adalah ketika situs web muncul pada peringkat teratas, maka pastinya laman tersebut dianggap terpercaya dan kredibel. Kamu pasti lebih merasa bahwa peringkat nomor satu adalah yang paling baik kan? Karena menurut kita, website yang muncul paling atas merupakan rekomendasi dan memberikan jawaban paling tepat atas apa yang sedang mereka cari.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

3. Manfaat SEO dalam Memahami Konsumen

9 Manfaat SEO Selain Mendatangkan Traffic ke Website
From SEO to understanding your customer

Analisis SEO akan memberitahu informasi mengenai pengunjung situs web. Tidak hanya data demografi, minat, lokasi, tetapi juga terkait keputusan konsumen dalam mengambil suatu keputusan. Kita akan lebih tahu apa yang konsumen ingin dan butuhkan. Maka dari itu, penting untuk menggunakan kata kunci yang tepat.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

4. Better User Experience

9 Manfaat SEO Selain Mendatangkan Traffic ke Website
Curahkan segalanya untuk consumer

Apalah arti peringkat teratas kalau pengalaman pengguna tidak bagus? Maka dari itu, melalui good quality of SEO, pengunjung akan merasa bahwa konten yang tercantum berguna, relevan, dan sesuai dengan apa yang mereka harapkan. Jangan lupakan juga bahwa perlu untuk mengoptimalkan tampilan situs web versi ponsel.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

5. Manfaat SEO dalam Menghemat Biaya

9 Manfaat SEO Selain Mendatangkan Traffic ke Website
SEO lebih cost-effective

Cost-effective marketing adalah istilah tepat untuk SEO. Hal ini karena hubungan dengan pelanggan akan terjalin ketika pengunjung melakukan pencarian melalui Google mengenai produk atau layanan yang suatu brand tawarkan. Ini adalah bentuk investasi, ketika pelanggan sudah percaya, maka traffic website akan berjalan secara konsisten.

6. Manfaat SEO Terhadap Siklus Pembelian

9 Manfaat SEO Selain Mendatangkan Traffic ke Website
Optimizing the buying cycle

Taktik SEO dalam penyampaian konten serta penawaran produk dan layanan yang bagus akan berdampak positif terhadap siklus pembelian. Good SEO akan menunjukkan bahwa suatu brandvisible”. Hal ini dapat menarik pengguna untuk melakukan pembelian baik secara online atau offline, terutama untuk produk lokal. 

Misalnya, ketika sedang traveling ke salah satu daerah, orang-orang pasti akan menggunakan Google untuk menemukan apa saja sih bisnis lokal yang ada di sekitarnya. Apabila mereka merasa bahwa toko tersebut memiliki review yang bagus, maka kemungkinan besar orang-orang tersebut akan datang berkunjung.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

7. SEO adalah Bagian dari Public Relation

9 Manfaat SEO Selain Mendatangkan Traffic ke Website
Membuat brand semakin terkenal

Search engine optimization yang baik akan membuat peringkat website menjadi tinggi. Hal ini secara tidak langsung membuat brand lebih “visible”. Lalu apa setelahnya? Tentunya orang-orang akan mengenal profil brand tersebut. Terus? Penyampaian pesan dalam sebuah konten ini akan mengenalkan brand kepada jangkauan yang lebih luas.

8. Brand Semakin Bersinar

9 Manfaat SEO Selain Mendatangkan Traffic ke Website
SEO membuat brand dapat semakin terkenal

Manfaat SEO yang berkualitas tinggi adalah membuat orang-orang mengenali suatu brand. Ketika sudah terkenal, maka peluang brand tersebut untuk mengembangkan diri semakin besar. Maka dari itu, optimalisasi on page, off page, dan technical SEO juga penting. Setiap pemilik bisnis pasti menginginkan brand-nya terkenal dan memberikan banyak manfaat.

9. It Will Always Be There

SEO
SEO will always be there

Konsumen, pelanggan, pengguna, pengunjung, you name it, pasti selalu memiliki kebutuhan dan keinginan. Sementara itu, brand akan selalu memilih cara yang paling menghemat biaya, yaitu dengan SEO. 

Untuk menyeimbangkan hal ini, strategi SEO pun sebenarnya dapat berubah seiring berjalannya waktu, tetapi peluang akan selalu terbuka melalui berbagai cara seperti optimalisasi aplikasi atau The Internet of Things (ToT).

Demikianlah penjelasan 9 manfaat SEO yang dapat MySkill.id sampaikan. Banyak alasan untuk menjelaskan mengapa SEO itu penting, terutama bagi sebuah bisnis. Jika ada informasi tambahan lainnya mengenai manfaat SEO, boleh banget tuliskan di kolom komentar biar kita bisa sharing informasi. Jangan lupa sebarkan!

Jika kamu tertarik belajar lebih dalam mengenai per-SEO-an duniawi, MySkill.id ada saran nih! Bagaimana kalau ikutan belajar bareng teman-teman MySkill.id yang lainnya di kelas Mengenal Search Engine Optimization? Di sini kita akan belajar seputar konsep dasar SEO, lingkup strategi SEO, konten, dan distribusi konten. Menarik banget nggak sih? Ayo buruan gabung aja!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill