5 Tips Menghadapi Kuliah Online agar Makin Produktif

Kurang lebih sudah sekitar satu setengah tahun sistem pembelajaran baik sekolah maupun universitas dilakukan secara daring. Banyak sekali yang mengeluhkan perihal kuliah online, ada yang senang karena tidak perlu ke kampus, tapi ada juga yang tidak suka karena terasa tidak efektif.

Maka dari itu, kita butuh mempersiapkan diri sebaik mungkin agar fisik dan mental baik-baik saja. Apa saja yang harus siswa atau mahasiswa lakukan sebelum memulai kuliah online? Berikut 5 tips dari MySkill.id. Simak ya!

1. Persiapkan Diri dan Mental Sebelum Kuliah Online

5 Tips Menghadapi Kuliah Online agar Makin Produktif
Persiapkan diri baik fisik maupun mental

Kamu bertanggung jawab atas diri sendiri. MySkill.id paham kok, kuliah online itu terbilang melelahkan bagi sebagian orang. Terkadang rasanya apa yang lecturer sampaikan tidak seefektif kuliah offline, terus nggak ketemu teman juga. Ingin refreshing juga tidak bisa kemana-mana. Jadinya, penting untuk memiliki niat yang tulus agar proses belajarnya jadi lebih enak dan tidak terpaksa.

Setidaknya walaupun terdapat kesenjangan yang sangat nyata antara kuliah online dan offline, jangan anggap remeh proses ini. ingatlah bahwa tidak ada yang sia-sia. Persiapkan diri untuk menghadapi segalanya, kalahkan pikiran untuk rebahan doang selama kuliah online. Bangkitkan semangat diri!

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

2. Buat Schedule Biar Nggak Keteteran Saat Kuliah Online

5 Tips Menghadapi Kuliah Online agar Makin Produktif
Buat weekly planner untuk mengorganisir semua kegiatan dengan baik

Membuat to do list selama seminggu ke depan nggak ada salahnya, lho. Justru dengan adanya schedule ini, perkuliahan mu akan semakin tertata dan terjadwal dengan baik. Catatlah jadwal kuliah dari pihak fakultas atau program studi. Kemudian, tuliskan juga kegiatan lain yang akan kamu lakukan setiap harinya untuk satu minggu ke depan.

Misal hari Senin kuliah jam 8 pagi hingga 4 sore, kemudian jam 7 hingga 9 malam untuk mengerjakan tugas. Pokoknya sesuaikan dengan apa yang ingin kamu lakukan pada hari itu ya! Jika kamu sukanya paper based, bisa banget bikin schedule mingguan di kertas kemudian hias sekreatifnya kamu. Pilihan lainnya yaitu membuat jadwal di handphone atau laptop menggunakan aplikasi Google Calendar atau lainnya.

Melalui adanya to do list ini, kamu bisa stay on track dan jadi dapat gambaran rentang waktu pelaksanaan kuliah, juga jam berapa kamu memiliki free time untuk sekedar mengistirahatkan diri dari dunia perkuliahan, khususnya kuliah online selama masa pandemi begini.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

3. Pastikan Device dan Sinyal Aman untuk Menunjang Kuliah Online

5 Tips Menghadapi Kuliah Online agar Makin Produktif
Pilih device yang paling nyaman bagi kamu

Menyambut kuliah online harus siap siaga menyediakan device seperti laptop atau handphone. Pastikan penggunaan perangkat tersebut tidak mengganggu kelancaran kuliah online kamu ya. Device sudah oke, lalu apa? Koneksi internet. Pastikan sinyal kamu aman dan tentram biar selama kuliah online sambungannya tidak terputus-putus.

Sayang kan nanti kalau sinyalnya lagi jelek, terus materi yang guru atau dosen sampaikan tidak dapat kamu pahami dengan jelas? Lalu, jika mungkin terlalu banyak distraksi dari suara-suara sekeliling, bisa banget gunakan earphone atau headphone, biar suara yang terdengar terfokus pada satu sumber.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

4. Ciptakan Lingkungan Belajar yang Nyaman

5 Tips Menghadapi Kuliah Online agar Makin Produktif
Lingkungan belajar nyaman, belajar pun lancar

Kuliah online di atas kasur? Mending jangan deh, nanti malah jadinya ngantuk. Buatlah lingkungan belajar kamu senyaman mungkin. Tidak harus ruangan belajar yang proper banget kayak ruang kelas kampus kok, sesederhana duduk di lantai lengkap dengan meja belajar kecil juga bisa.

Meskipun mantengin laptop terus setiap hari, tetap jangan lupa untuk melakukan peregangan ya, yang simple aja. Setidaknya lakukan setiap selesai satu mata kuliah. Hal ini guna menghindari nyeri punggung, pegal-pegal, dan hal lain yang sering siswa dan mahasiswa keluhkan selama kuliah online.

5. Istirahat Cukup dan Kurangi Distraksi

5 Tips Menghadapi Kuliah Online agar Makin Produktif
Take a rest, avoid distraction

Duduk depan laptop dalam waktu  yang lama pasti bikin sakit mata dan lelah badan, apalagi kalau posisinya tidak tepat. Jadi, manfaatkan waktu luang yang kamu punya untuk beristirahat. Tidur cukup 6 hingga 8 jam dalam sehari, atau jika ada waktu kosong setidaknya rebahkan diri. It’s okay to take a break, asal jangan bablas ya!

Biasanya distraksi yang paling kuat saat belajar itu adalah handphone, iya kan? Rasanya ingin mengecek terus setiap saat, padahal belum tentu ada yang nge-chat. Syukurlah kalau kamu tipenya bisa jauh dari handphone, kalau yang tidak bagaimana? Coba deh simpan terlebih dahulu handphone kamu, bikin dia jadi sulit untuk kamu jangkau atau minta tolong Ibu untuk menyembunyikannya.

Itu dia 5 tips menghadapi kuliah online, khususnya saat pandemi seperti ini. Tanamkan niat dalam hati bahwa pendidikan tetap paling utama. Persiapkan diri untuk masa depan lebih baik, jangan jadikan kuliah online sebagai alasan kamu untuk tidak berkembang. Semangat terus ya! We will get through this together.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join MySkill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill