Ini 10 Contoh Kelebihan Diri Supaya Gak Salah Jawab!

Sebutkan contoh kelebihan diri yang kamu miliki!

Tidak asing dengan kalimat di atas? Yap. Saat melamar pekerjaan, terdapat beberapa tahap seleksi yang harus kandidat lalui sebelum akhirnya resmi bergabung dengan perusahaan. Salah satu tahap seleksi tersebut adalah wawancara kerja.

Wawancara kerja adalah alat yang rekruter gunakan untuk melihat, mengenal personalitas, serta menggali kemampuan diri para kandidat lebih dalam lagi. Akan ada beberapa pertanyaan yang muncul dari rekruter saat wawancara kerja, salah satunya adalah tentang kelebihan diri. Terdengar mudah sih, tapi nyatanya masih banyak kandidat yang bingung saat mendapat pertanyaan ini.

Selain itu, wawancara kerja kerap kali terlihat sebagai momok yang menakutkan. Kurangnya persiapan dapat membuat kandidat gugup dan berakhir memberikan jawaban yang tidak memuaskan rekruter. Untuk menghindari hal tersebut, yuk, intip 10 contoh kelebihan diri yang dapat Sobat jadikan sebagai referensi untuk wawancara kerja berikutnya! 

1. Kemampuan Komunikasi yang Baik

Asah kemampuan komunikasi dengan terus berlatih

Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dapat menjadi salah satu kelebihan diri yang rekruter sukai. Pasalnya, kemampuan komunikasi akan berpengaruh terhadap hubungan sosial dan pekerjaan. Selain itu, komunikasi yang baik mampu menumbuhkan kepercayaan orang lain dan membantu dalam menjalin hubungan kerja. 

Jika Sobat merasa memiliki kemampuan komunikasi yang baik, hal tersebut dapat menjadi nilai tambah di mata rekruter, lo! Jangan lupa, sampaikan kelebihan diri yang satu ini dengan bahasa yang lugas dan tidak berbelit-belit.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Percaya Diri

Tampilah dengan percaya diri

Percaya diri merupakan sikap atau perasaan yakin terhadap kemampuan yang ada pada diri seseorang. Memiliki kepercayaan dan pikiran yang positif terhadap diri sendiri maupun pekerjaan mampu membuat kinerja seorang karyawan menjadi lebih baik.

Mengapa demikian? Karena sikap ini dapat mendorong seseorang agar terus berprestasi. Nah, dengan menyampaikan kelebihan diri ini, maka Sobat akan mendapatkan nilai positif di mata rekruter. 

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

3. Dapat Bekerja dengan Baik dalam Tim

Teamwork makes the dream work

Setiap perusahaan pastinya memiliki visi dan misi. Agar dapat mencapai visi dan misi company, seluruh karyawan perlu saling bahu membahu sehingga kepentingan perusahaan dapat tercapai.

Dalam hal ini, Sobat akan berhadapan dengan situasi bekerja sendiri atau bersama tim. Maka dari itu, kemampuan dalam bekerja sama bisa menjadi salah satu kelebihan diri yang patut menjadi pertimbangan.

4. Kemampuan Problem Solving

Pengalaman akan mengajarkanmu banyak hal

Dalam dunia kerja akan ada banyak hal yang tak terduga, sehingga Sobat harus selalu siap dalam kondisi apa pun. Jadi, kemampuan untuk menganalisis dan mencari jalan keluar dari sebuah permasalahan akan sangat bermanfaat bagi perusahaan.

Ketika menjawab dengan kelebihan diri ini, berikan contoh-contoh pemecahan masalah yang pernah kamu lakukan saat di kantor lama atau di organisasi yang pernah diikuti sebelumnya.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

5. Berpikir Kreatif dan Inovatif

Perhatikan sekelilingmu karena ide muncul dari mana saja

Kemampuan berpikir kreatif tidak selalu sama dengan kemampuan artistik, ya. Kemampuan berpikir kreatif berguna untuk menganalisis masalah dari berbagai sudut pandang, serta menemukan ide-ide baru untuk mengatasi masalah tersebut. Maka dari itu, kelebihan diri yang satu ini sangat penting dalam dunia kerja. 

Ini dapat menjadi kelebihan diri yang Sobat tonjolkan pada rekruter, karena tentunya perusahaan akan merasa senang jika karyawannya dapat berkontribusi bagi perkembangan perusahaan.

6. Memiliki Passion pada Bidang yang Dilamar

Cintai hal yang kamu lakukan, lakukan hal yang kamu cintai

Saat melamar pekerjaan pada suatu posisi, seharusnya Sobat sudah paham dengan keahlian seperti apa yang perusahaan inginkan. Selain itu, menjalani pekerjaan dengan antusias dan penuh semangat tentunya akan membawa dampak positif untuk pekerjaan yang dihasilkan.

Jika ingin menyampaikan kelebihan diri ini, berikan jawaban dengan hal-hal yang membuat Sobat tertarik untuk berkarir lebih jauh di bidang ini.

7. Mudah Beradaptasi dan Senang Mempelajari Hal Baru

Ini contoh kelebihan diri interview kerja
Jangan pernah lelah untuk belajar

Di tengah gempuran perubahan teknologi yang begitu pesat, kemampuan beradaptasi untuk mengikuti perkembangan zaman menjadi sangat penting. Sobat akan berhadapan dengan banyak perubahan. Oleh karena itu, seorang karyawan dituntut agar mampu beradaptasi dan belajar hal-hal baru dengan cepat.

Nah, selain itu, dengan menjawab contoh kelebihan diri ini, Sobat dapat menunjukan bahwa kamu adalah orang yang memiliki keinginan untuk terus mengembangkan diri. 

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

8. Kemampuan Public Speaking

Practice makes perfect

Public speaking adalah kemampuan berbicara di depan umum. Tidak dapat dipungkiri bahwa tak semua orang memiliki keberanian untuk dapat berbicara atau menyampaikan pendapat di muka umum. Hal ini dapat dijadikan sebagai kelebihan diri yang dapat tonjolkan, lo, terlebih jika bidang pekerjaan yang Sobat tuju memang sangat memerlukan kemampuan ini.

Sobat dapat memberikan contoh-contoh kecil berupa pengalaman saat berbicara di depan umum, seperti saat presentasi di depan kelas, membawakan acara, atau menjadi pengisi acara di suatu kegiatan. Jangan lupa untuk sampaikan contoh kelebihan diri ini dengan tegas dan lancar.

9. Rapi dan Terorganisir

Coba contoh kelebihan diri saat wawancara kerja
Mulai perhatikan hal-hal kecil

Rapi dan terorganisir dapat menjadi contoh kelebihan diri yang patut kamu coba. Mengapa? Karena hal tersebut dapat menunjukan bahwa Sobat adalah orang yang detail oriented dan berhati-hati dalam melakukan pekerjaan sehingga peluang untuk melakukan kesalahan dalam bekerja akan semakin kecil. 

10. Komitmen yang Tinggi Terhadap Pekerjaan

Contoh kelebihan diri wawancara kerja
Jaga loyalitas

Komitmen menggambarkan suatu pengabdian diri seseorang terhadap suatu hal dalam jangka waktu yang panjang. Maka dari itu, ketika menyampaikan kelebihan diri ini, artinya Sobat memiliki dedikasi dan rasa pengabdian yang ingin diberikan pada perusahaan. Perusahaan akan sangat menyukai karyawan yang dapat diandalkan dan bertanggung jawab atas setiap pekerjaan yang diberikan.

Itulah 10 contoh kelebihan diri yang dapat Sobat gunakan sebagai referensi saat wawancara kerja. Bagaimana? Mudah untuk dipahami, bukan? 

Namun, ada beberapa hal yang perlu untuk diingat. Dalam menjawab pertanyaan wawancara kerja, Sobat harus tetap jujur dan apa adanya tanpa melebih-lebihkan keadaan atau mengarang jawaban, dan jangan pernah melimpahkan kesalahan pada orang lain, ya.

Agar persiapan wawancara kerja lebih matang, Sobat dapat mengikuti kelas Sukses Menghadapi Wawancara Kerja bersama MySkill.id karena dengan persiapan yang matang akan memberikan hasil yang lebih optimal. Yuk, buruan join!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Penulis: Sabila Syahidah

Editor: Intan Aulia Husnunnisa

Tinggalkan Balasan