Gak Nganggur Lagi! Intip 5 Kiat Sukses Interview Kerja Ini

Bekerja sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang demi memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun, mencari pekerjaan menjadi hal yang sulit belakangan ini. Banyak orang yang hidup menjadi pengangguran, mulai dari lulusan sekolah dasar atau menengah hingga seorang sarjana. Nganggur seakan menjadi momok bersama. Kebanyakan orang gagal pada tahap interview, sehingga banyak orang berusaha mencari kiat sukses interview untuk menghadapinya.

Buat kalian yang sedang kebingungan mencari kerja, jangan khawatir! Kami punya solusinya! Setelah membaca 5 tips dari kami, kalian gak bakalan nganggur lagi, deh! Berikut adalah beberapa kiat sukses interview yang dapat kalian baca, tanpa berlama-lama langsung aja cekidot!

1. Lakukan Riset Perusahaan

Gak Nganggur Lagi! Intip 5 Kiat Sukses Interview Kerja Ini
Kenali perusahaannya, mendekatkan dirimu untuk diterima

Saat kalian mendapat pemberitahuan lolos tahap seleksi awal, biasanya kalian akan memasuki tahap interview. Pada tahapan ini tentunya kalian sudah sedikit mengenal perusahaan yang kalian inginkan.

Akan tetapi hanya dengan sedikit mengenal perusahaan yang kalian inginkan tidaklah cukup. Kalian harus melakukan riset lebih mendalam terhadap perusahaan tersebut. Ketahuilah visi dan misinya, perkembangan perusahaan mereka, atau bahkan kesulitan-kesulitan yang tengah mereka hadapi.

Melakukan riset mendalam seperti ini akan benar-benar membantu kalian dalam menjawab pertanyaan dari interviewer nantinya. Interviewer akan melihat kalian sebagai pribadi yang memiliki interest besar terhadap perusahaan mereka, sehingga dapat menambah nilai positif bagi kalian.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Persiapkan Dirimu dengan Baik

Gak Nganggur Lagi! Intip 5 Kiat Sukses Interview Kerja Ini
Tidur yang cukup juga termasuk persiapan loh

Hal yang harus kalian lakukan pertama kali setelah mengetahui bahwa kalian mendapat panggilan untuk interview adalah, tetap tenang! Dengan tetap tenang, kalian akan dapat berpikir logis dan menentukan langkah apa yang selanjutnya harus kalian lakukan.

Lakukan persiapan semaksimal mungkin, namun jangan sampai kalian melakukannya secara berlebihan. Atur pola makan dan jam istirahat kalian beberapa hari sebelum hari interview tiba. Kebanyakan calon pekerja tidak dapat membuat dirinya untuk tetap bersikap tenang, sehingga  persiapan yang mereka lakukan tidak ada gunanya. Jadi jangan sampai kalian gelisah, yah!

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

3. Penuhi Diri dengan Positivisme

Gak Nganggur Lagi! Intip 5 Kiat Sukses Interview Kerja Ini
Senyummu menghangatkan suasana

Hari interview pun tiba, jangan sampai bangun terlambat. Sebelum berangkat, pastikan kalian sudah mandi dan sarapan karena kedua hal itu dapat menambah konsentrasi kalian selama proses interview.

Datanglah dengan semangat, selalu tersenyum, dan penuh wibawa. Hal-hal tersebut dapat mengeluarkan aura positif di sekitar kalian dan mungkin saja dapat menarik perhatian interviewer  sehingga membuat mereka penasaran dengan kalian. Tapi ingat! Jangan melakukannya dengan berlebihan. Bukannya mendapat simpati, alih-alih kalian hanya akan mendapat tatapan sinis dari orang sekitar.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

4. Jawab Pertanyaan Interview dengan Tepat

Gak Nganggur Lagi! Intip 5 Kiat Sukses Interview Kerja Ini
Lugas dan tepat sasaran

Akhirnya tiba saatnya kalian mendapat giliran interview, masuklah ke ruangan interview dengan tetap menjaga positivisme yang sudah kalian bentuk sebelumnya. Tatap mata interviewer dengan tersenyum dan jabat tangannya dengan mantap, tapi jangan berlebihan ya

Usahakan untuk tetap bersifat komunikatif, jangan menjawab pertanyaan interview dengan jawaban yang terlalu singkat. Perlu kalian ketahui juga untuk tidak menjawab dengan bertele-tele dan selalu hindari jeda yang lama ketika menjawab pertanyaan. Jawab semua pertanyaan yang interviewer ajukan dengan tepat dan lugas.

Manfaatkanlah riset serta persiapan yang telah kalian lakukan sebelumnya. Kalian bisa menceritakan pengalaman yang sesuai dengan posisi yang kalian lamar. Dengan pengalaman yang sesuai, interviewer akan melihat kalian sebagai kandidat yang pantas untuk mengisi posisi tersebut.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

5. Jangan Sampai Canggung

Gak Nganggur Lagi! Intip 5 Kiat Sukses Interview Kerja Ini
Gak perlu grogi, interviewer bukan gebetanmu

Ini nih hal yang paling penting, jangan sampai kalian terlihat canggung! Gunakan bahasa yang luwes namun tetap formal. Selalu bersikap tenang seperti yang sudah kalian persiapkan, percayalah bahwasanya hal tersebut dapat mengurangi rasa grogi kalian. Tarik nafas panjang agar kalian tidak terbata-bata dalam berbicara.

Ketika interviewer memberikan kesempatan kepada kalian untuk bertanya, maka bertanyalah! Jangan sampai kalian merasa canggung dan malu untuk bertanya! Biasanya, interviewer akan memberikan kesempatan ini pada akhir sesi wawancara. Jadi, manfaatkanlah momen tersebut! 

Setelah selesai melakukan interview, kalian bisa meninggalkan ruangan dengan tetap membawa positivisme yang telah kalian bentuk. Tidak perlu khawatir dengan hasilnya. Jika kalian sudah mempersiapkan segala hal dengan baik, selalu tanamkan di pikiran bahwa perjuangan kalian tidak akan sia-sia!

Nah, itu dia 5 kiat sukses interview yang pasti manjur untuk kalian! Tidak akan ada lagi kata nganggur dalam hidup kalian. Tapi ingat! Tips dari kami tidak akan berpengaruh jika kalian tidak melakukannya dengan bersungguh-sungguh. Karena pada dasarnya, segala hal bisa kalian capai jika mau berusaha lebih keras untuk menggapainya.

Jika kalian berminat untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai kiat-kiat Sukses Menghadapi Wawancara Kerja dan berbagai tips untuk untuk Mempersiapkan Karir Profesional, kalian bisa bergabung bersama kami di MySkill.id dan mengikuti berbagai macam kelas serta boot camp yang telah kami sediakan!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill