Kenapa Pengembangan Karir Itu Penting? Simak 5 Alasannya!

Kalian tau gak salah satu alasan kenapa banyak karyawan yang resign dari suatu perusahaan? Hal tersebut terjadi karena tidak adanya program pengembangan karir! Apa sih pengembangan karir itu? Mudahnya, pengembangan karir adalah kenaikan jabatan. Akan tetapi, hal ini tidak hanya menekankan pada kenaikan jabatan saja. Penasaran dengan apa aja alasan yang menjadikan pengembangan karir itu penting, baik bagi karyawan maupun perusahaan? Yuk, langsung aja masuk ke topik pembahasan!

1. Semakin Memahami Diri Sendiri

Kenapa Pengembangan Karir Itu Penting? Simak 5 Alasannya!
Memahami diri untuk menemukan potensi

Dengan program pengembangan karir, seorang karyawan akan mampu memahami dirinya sendiri dan menemukan potensi yang sebelumnya terpendam. Memahami diri sendiri merupakan salah satu aspek yang paling penting bagi seorang karyawan.

Aspek tersebut tidak bisa kita anggap remeh karena akan membawa dampak positif jangka panjang bagi karyawan maupun perusahaan. Selain dapat membuat karyawan betah dan semangat dalam bekerja, program ini merupakan investasi bagi setiap perusahaan.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Kinerja Karyawan Meningkat

Kenapa Pengembangan Karir Itu Penting? Simak 5 Alasannya!
Kinerja meningkat, profit gak terhambat

Seperti yang telah kita ketahui, program pengembangan karir sangat membantu karyawan untuk memahami dan menemukan potensi terpendam dalam diri. Hal tersebut tentunya juga dapat meningkatkan kinerja seorang karyawan. Kinerja yang baik akan menghasilkan pekerjaan yang baik pula. Seorang karyawan akan lebih inovatif, produktif, dan kreatif dalam menyelesaikan tugasnya.

Selain itu, manajer dapat lebih tepat dalam menempatkan karyawan sesuai dengan keterampilan dan kemampuannya sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Bayangin aja kalau kalian menjadi karyawan, tentunya kalian akan lebih senang menempati posisi yang sesuai dengan bakat kalian, kan?

Program ini juga membuka kesempatan yang sangat lebar bagi setiap karyawan untuk menilai kapasitas diri. Hal tersebut akan membantu seorang karyawan dalam mengambil keputusan karir di masa mendatang.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

3. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Kenapa Pengembangan Karir Itu Penting? Simak 5 Alasannya!
Berani bersaing dengan sehat

Dalam dunia pekerjaan, persaingan antar karyawan tentunya akan sering terjadi. Bahkan, saling menusuk dari belakang sudah menjadi hal yang lazim kita temukan saat ini. Lingkungan bekerja yang buruk tersebut sebenarnya dapat kita minimalisir dengan program pengembangan karir yang adil, loh!

Program pengembangan karir yang adil dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri setiap karyawan. Ketika rasa percaya diri meningkat, karyawan dapat bersaing dengan lebih sehat. Selain itu, rasa percaya diri yang tinggi membuat karyawan lebih siap untuk menghadapi perkembangan global. Mereka juga tidak akan merasa minder dan takut ketika harus berhadapan dengan kompetitor.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

4. Mendapat Jaminan Kesejahteraan

Kenapa Pengembangan Karir Itu Penting? Simak 5 Alasannya!
Siapa sih yang gak mau kesejahteraannya terjamin?

Program pengembangan karir merupakan bentuk pemberian jaminan kesejahteraan bagi karyawan. Loh, kok bisa? Dengan program tersebut, karyawan mendapatkan berbagai pendidikan dan pelatihan untuk menunjang karirnya. Pendidikan dan pelatihan tersebut tentunya akan meningkatkan kualitas dan ‘harga’ dari karyawan itu sendiri.

Dengan program pengembangan karir, perusahaan berharap agar karyawan yang bekerja di perusahaan mereka untuk tetap loyal. Hal tersebut sangatlah wajar karena karyawan yang berkualitas dan loyal merupakan aset penting bagi perusahaan tersebut.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

5. Menambah Relasi

Kenapa Pengembangan Karir Itu Penting? Simak 5 Alasannya!
Relasi semakin bertambah

Semakin tinggi posisi karyawan maka semakin banyak pula orang yang akan ia temui, baik di dalam maupun di luar perusahaan. Dengan pengembangan karir, seorang karyawan pasti akan mendapat relasi baru yang akan menunjang karir mereka di masa depan.

Itu dia 5 alasan yang menjadikan pengembangan karir itu penting baik bagi perusahaan maupun karyawan. Tidak semua manfaat di atas bisa kita rasakan secara langsung. Namun, kita semua sudah tahu dengan pasti bahwa berbagai manfaat di atas bukanlah omong kosong belaka. Maka dari itu, setiap perusahaan seyogianya memberikan kesempatan pengembangan karir bagi karyawannya.

Membangun jenjang karir yang baik, merupakan tujuan bagi banyak praktisi muda. Nah, buat kalian yang sedang Membangun Jenjang Karir Kepemimpinan, kalian gak perlu khawatir! MySkill.id menyediakan berbagai kelas dengan tutor profesional dan materi berbobot.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill