Sertifikasi Bahasa Inggris yang Kredibel untuk CV-mu!

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang kerap kali menjadi standar kualifikasi dalam dunia kerja. Utamanya dalam instansi pemerintahan, corporate dan start-up. Bagi kamu yang mahir berbahasa Inggris, boleh sekali mencantumkannya dalam CV. Dengan tambahan dapat dibuktikan dengan sebuah sertifikat yang kredibel.

Kamu pasti tahu banyak lembaga sertifikasi yang tersedia dan sudah diakui secara legal, misalnya TOEFL dan IELTS. Namun, apakah sobat MySkill juga tahu bahwa ada lembaga sertifikasi lain yang sama kredibelnya dan dapat kamu cantumkan di dalam CV? Kalau belum tahu, berikut ini salah satunya!

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

1. English First Standard English Test

Sertifikasi Bahasa Inggris yang Kredibel untuk CV-mu!
English First sebagai lembaga sertifikasi bahasa Inggris.

Sebagai salah satu lembaga les bahasa Inggris terbesar di dunia, English First tentu tidak asing lagi di telinga. Bahkan lembaga ini sudah membuka beberapa cabang di Indonesia. Pada awalnya lembaga ini hanya lembaga les bahasa. Namun, akhirnya juga membuka program sertifikasi yang  tentunya kredibel.

Bagi sobat yang terkadang mengeluh perihal biaya sertifikasi yang mahal, English First Standard English Test bisa menjadi solusi. Tes sertifikasi dalam lembaga ini bebas biaya dan biasanya hanya menghabiskan waktu 50 menit. Setelahnya kamu akan mendapatkan sertifikat yang bisa kamu cantumkan di CV maupun LinkedIn. Untuk mengambil tes ini, kamu hanya perlu mengunjungi lamanresmi EFSET di www.efset.org.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

2. Duolingo English Test

Sertifikasi Bahasa Inggris yang Kredibel untuk CV-mu!
Duolingo sebagai aplikasi pembelajaran bahasa dan sertifikasi.

Dengan maskot burung hijaunya yang khas, Duolingo merintis ketenarannya melalui sebuah aplikasi pembelajaran bahasa. Beragam bahasa dapat kamu pelajari dalam aplikasi ini. Sama seperti English First, Duolingo kemudian juga membuka program sertifikasi bahasa Inggris yang mudah, murah dan cepat.

Untuk mendapatkan tes ini kamu dapat mengunjungi laman www.englishtest.duolingo.com. Namun, sebelumnya kamu perlu membayar sekitar USD49  (sekitar Rp735.000,00). Waktu tes hanya berkisar 45 sampai dengan 60 menit.

Berbagai universitas terkemuka di dunia sudah mengakui sertifikat Duolingo English Test. Misalnya, California Institute of Technology, University of Glasgow dan  University of Alberta. Jadi, kamu tidak perlu khawatir sebab sertifikasinya sudah resmi.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

3. Cambridge English Qualifications

Sertifikasi Bahasa Inggris yang Kredibel untuk CV-mu!
Cambridge English Qualifications sebagai lembaga sertifikasi bahasa Inggris.

Berbeda dengan EFSET dan Duolingo English Test, Cambridge English Qualifications tidak dapat kamu ambil secara daring. Sertifikasi ini memiliki tingkatan kemahiran dalam tesnya. Waktu mengerjakan tes ini pun lebih lama, sekitar dua sampai dengan empat jam yang terbagi ke dalam beberapa bagian.

Sayangnya, biaya yang dikeluarkan untuk sertifikasi ini tidak sedikit. Sebab tergantung pada tingkatan tes yang akan kamu pilih. Rentangnya sekitar Rp800.000,00 sampai dengan Rp1.500.000,00. Namun, kabar baiknya sertifikat Cambridge English Qualifications ini tidak memiliki masa kadaluarsa.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

Dengan memiliki sertifikat bahasa Inggris, CV kamu akan memiliki nilai lebih di depan recruiter. Namun, memiliki sertifikat saja tentu tidak cukup. Kamu perlu mengetahui bagaimana cara membuat CV yang baik. Tujuanya agar CV yang kamu ajukan terlihat menarik serta memuat informasi yang lengkap tetapi tidak bertele-tele. Untuk mengetahui cara membangun CV yang baik, kamu dapat mengikuti pelatihan Membuat CV yang Impresif di MySkill.id.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill