Produktivitas: Ketahui 5 Kebiasaan Ini untuk Meningkatkannya

Tahukah kamu? Ternyata, kebiasaan kita sehari-hari memiliki dampak terhadap produktivitas di tempat kerja, lo! Kebiasaan merupakan rutinitas atau perilaku yang berulang secara teratur dan cenderung terjadi tanpa kita sadari.

Kesadaran tentang pentingnya sebuah kebiasaan membawa banyak pakar untuk menciptakan konsep-konsep pengembangan diri melalui hal ini. Salah satunya adalah Stephen Covey yang terkenal dengan bukunya yang berjudul 7 Habits of the Highly Effective People.

Karena kebiasaan merupakan hal yang berada di alam bawah sadar dan cenderung menjadi semacam kebutuhan, tidak heran jika kita sulit untuk mengubahnya. Namun, sulit bukan berarti tidak bisa, kan? Meski berat, kita tetap bisa membuat kebiasaan-kebiasaan baru dengan cara melatihnya berulang-ulang secara konsisten.

Stephen Covey dalam bukunya membuat satu perkataan yang cukup menarik, ”First we make our habits, then our habits make us.” Ungkapan tersebut dapat diartikan sebagai ‘kita dapat membuat kebiasaan, kemudian aktivitas-aktivitas rutin tersebut yang membentuk seperti apa diri kita.

Nah, dalam artikel ini, MySkill akan mencoba menjelaskan mengenai kebiasaan-kebiasaan untuk meningkatkan produktivitas di tempat kerja. Simak artikel ini selengkapnya, ya!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Bangun Lebih Pagi Bisa Meningkatkan Produktivitas

Produktivitas: Ketahui 5 Kebiasaan Ini untuk Meningkatkannya
Bangun pagi memiliki banyak manfaat

Aktivitas baik pertama yang perlu kamu lakukan adalah bangun pagi. Dengan demikian, kamu mempunyai banyak waktu untuk mempersiapkan harimu agar lebih baik dari sebelumnya. Misalnya, membuat sarapan atau olahraga kecil yang bisa membuat tubuh menjadi bugar dan pikiran lebih segar.

Dengan keadaan fisik dan mental yang baik, maka pekerjaanmu akan menjadi baik pula. Kamu bisa lebih produktif dan menghasilkan suatu hal yang besar dalam pekerjaanmu.

Jika mengutip kata Oasis dalam lagunya, sih, “So I start a revolution from my bed”. Kita dapat mengartikan penggalan lirik tersebut dengan ‘bangun dari tempat tidurmu dan lakukanlah sesuatu’.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Dahulukan Pekerjaan yang Lebih Sulit dan Penting

Produktivitas: Ketahui 5 Kebiasaan Ini untuk Meningkatkannya
Tentukan skala prioritas dalam bekerja

Kebiasaan selanjutnya adalah menyelesaikan pekerjaan yang sulit di awal hari. Hal yang harus kamu lakukan adalah menentukan skala prioritas. Itu artinya kamu dapat mengawali pekerjaanmu di pagi hari dengan sesuatu yang lebih sulit dan lebih tinggi urgensinya.

Melansir dari beberapa sumber, menyelesaikan tugas yang sulit sebelum waktu makan siang merupakan sebuah kebiasaan yang dapat meningkatkan produktivitas. Ini karena pada pagi hari pikiran dan tenaga yang kita miliki masih fresh.

3. Hindari Multitasking

Produktivitas: Ketahui 5 Kebiasaan Ini untuk Meningkatkannya
Multitasking tidak meningkatkan produktivitas

Mengerjakan tugas dengan cara multitasking justru akan membuat fokus menjadi terpecah ke berbagai hal yang akhirnya membuat hasil pekerjaan menjadi kurang optimal dan memakan waktu yang lebih lama.

Multitasking bukan cara yang benar untuk meningkatkan produktivitas, justru sebaliknya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa melakukan beberapa pekerjaan dalam satu waktu dapat menurunkan produktivitas kita sebanyak 40%. Oleh karena itu, hindari multitasking dan fokus menyelesaikan pekerjaan secara bertahap.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

4. Hindari Distraksi untuk Tingkatkan Produktivitas

Produktivitas: Ketahui 5 Kebiasaan Ini untuk Meningkatkannya
Sebisa mungkin, hindari distraksi dalam bentuk apa pun

Pengalihan fokus kerja bisa muncul dalam berbagai macam bentuk. Panggilan telepon, pesan teks, atau bahkan interaksi di media sosial dapat menyita waktu dari produktivitas. Dalam suatu penelitian menunjukkan bahwa para karyawan akan menghabiskan 56 menit per hari karena penggunaan ponsel yang tidak terkait dengan pekerjaan.

Kamu perlu menghindari hal-hal semacam ini ketika bekerja. Hal lain yang berada di luar pekerjaan dan sifatnya tidak mendesak dapat kamu lakukan di luar jam kerja atau saat jam istirahat.

5. Jangan Lupa untuk Istirahat

Produktivitas: Ketahui 5 Kebiasaan Ini untuk Meningkatkannya
Istirahat dapat mengisi kembali energi tubuh

Nah, ini menjadi hal yang sering luput, terutama bagi para workaholic. Padahal, bekerja dengan tubuh dan pikiran yang tidak prima justru akan menurunkan kualitas pekerjaan, lo!

Bila ingin tetap produktif, imbangilah dengan istirahat yang cukup agar pikiran dan tubuh menjadi lebih rileks. Namun, istirahat juga ada batasnya. Jangan jadikan ini sebagai kesempatan untuk meninggalkan tanggung jawab pekerjaan yang akan menurunkan produktivitas.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

Itulah lima tips yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan produktivitas di tempat kerja. Intinya, kita adalah kebiasaan kita, aktivitas rutin yang membentuk seseorang menjadi pribadi yang seperti sekarang. Jadi, mulailah untuk membangun kebiasaan-kebiasaan baik sedikit demi sedikit dan awalilah dari hal yang kecil. Salah satunya cara jitunya adalah dengan belajar pengembangan diri. Nah, kamu bisa belajar berbagai macam kelas dari MySkill yang bisa kamu akses dengan harga terjangkau, lo!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill