Wajib Kuasai 6 Soft Skills Ini Saat Memasuki Dunia Kerja!

Mau first jobber ataupun sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, adanya soft skills merupakan hal krusial yang harus seseorang miliki. Hal ini karena perusahaan tidak hanya menginginkan kemampuan akademis dan hard skills yang baik, namun juga soft skills yang mumpuni. 

Kenapa kok begitu? Karena hal itu dapat menunjang kamu untuk berkecimpung di dunia kerja. Lalu, apa saja soft skills yang harus saya miliki? Simak penjelasannya dalam artikel MySkill.id yang satu ini ya!

1. Komunikasi, Soft Skills Utama

Wajib Kuasai 6 Soft Skills Ini Saat Memasuki Dunia Kerja!
Asah terus kemampuan komunikasi kamu

Kemampuan berkomunikasi merupakan soft skill yang wajib setiap orang miliki ketika sudah memasuki dunia kerja. Kenapa komunikasi ini penting? Agar kelak kamu tidak kesulitan ketika menyampaikan sesuatu kepada orang lain, pun apa yang kamu katakan dapat dengan mudah orang lain pahami.

Di dunia kerja, kamu tidak hanya berkomunikasi dengan rekan sejawat, namun juga atasan, pegawai kantor lainnya, bahkan dengan partner atau client perusahaan lain. Cara mengasah kemampuan ini adalah berlatih menjadi pendengar yang baik, belajar berbicara di depan cermin, atau mendengarkan rekaman percakapan kamu dengan orang lain. 

Dari cara-cara tersebut, ketahuilah bagian mana yang mungkin masih kurang kamu kuasai. Perhatikan juga bahasa tubuh ketika berbicara dengan orang lain. Berlatih terus menerus akan meningkatkan kemampuan ini sehingga pada akhirnya kamu dapat menjadi seorang komunikator yang baik.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

2. Kemampuan Beradaptasi

Wajib Kuasai 6 Soft Skills Ini Saat Memasuki Dunia Kerja!
Beradaptasi dengan baik membuat kamu lebih nyaman berada dalam lingkungan kerja

Ketika masuk dunia kerja, kamu akan menemui berbagai personality yang berbeda-beda. Tidak hanya itu, lingkungannya juga pasti akan berbeda dibandingkan saat kuliah. Ada yang sangat ketat akan aturan, santai, atau lainnya.

Segala perbedaan ini mengharuskan seseorang untuk memiliki soft skill beradaptasi. Karena apa? Tidak akan ada kenyamanan yang kamu dapatkan jika tidak mampu beradaptasi. Maka dari itu, kamu bisa bertahan dan menghadapi semuanya tanpa merasa tertekan jika memiliki kemampuan beradaptasi yang baik.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

3. Soft Skills Manajemen Waktu

Wajib Kuasai 6 Soft Skills Ini Saat Memasuki Dunia Kerja!
Good time management is a must!

Tepat waktu adalah keharusan dalam dunia kerja. Sesederhana seperti datang ke kantor sesuai jam yang telah perusahaan tetapkan. Seorang atasan pasti akan mengapresiasi apabila karyawannya tidak terlambat datang ke kantor. Kemudian, biasakan untuk melakukan sesuatu dalam batas waktu tertentu. 

Jangan mengulur atau menunda-nunda waktu mengerjakan tugas, biar bebannya tidak terasa menumpuk di akhir. Cara mudahnya adalah dengan membuat schedule atau to do list apa yang akan kamu lakukan dalam satu hari, bahkan lebih baik jika membuatnya untuk satu minggu ke depan. Memiliki manajemen waktu yang baik berarti kamu adalah orang yang dapat menghargai waktu dan disiplin.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

4. Kepemimpinan

Wajib Kuasai 6 Soft Skills Ini Saat Memasuki Dunia Kerja!
Seorang pemimpin tidak hanya bekerja sendiri namun dengan rekan-rekannya

Jiwa leadership sangat dibutuhkan dalam bidang apapun, tidak hanya seorang pemimpin perusahaan, tapi semua orang. Beranikan diri untuk memiliki tanggung jawab lebih, misalnya kamu ditunjuk untuk memimpin suatu event atau project. Manfaatkanlah kesempatan tersebut demi meningkatkan jiwa leadership. Jangan takut karena tim pasti akan membantu, jadi hadapi dengan percaya diri.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

5. Soft Skills Bekerja Sama

Wajib Kuasai 6 Soft Skills Ini Saat Memasuki Dunia Kerja!
Bekerja sama dalam berdiskusi untuk menyelesaikan berbagai masalah

Saat memasuki dunia kerja, soft skill yang juga harus kamu miliki adalah kemampuan bekerja sama, karena kamu tidak mungkin mengerjakan segala hal sendirian. Bagus kalau kamu dapat bekerja secara mandiri, tapi kemampuan berkolaborasi dengan orang lain sangat penting. Entah itu dengan rekan satu tim, satu divisi, atau lainnya.

Dalam bekerja sama, pasti ada saja yang berbeda pendapat. Maka dari itu, cobalah untuk menerima adanya perbedaan pendapat, tunjukkan empati, dan jangan merasa diri paling benar. Ketika menghadapi suatu masalah pun kamu mungkin saja tidak dapat menghadapinya sendiri, sehingga kamu tetap butuh orang lain untuk membantu.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

6. Kreativitas, Berpikir Kritis, dan Problem Solving

Wajib Kuasai 6 Soft Skills Ini Saat Memasuki Dunia Kerja!
Tingkatkan kemampuan berpikir kritis, problem solving, dan kreatif

Dunia kerja adalah kehidupan yang menantang, terkadang masalah yang ada lebih sulit dari semua yang pernah kamu alami. Maka dari itu, kemampuan problem solving harus ada dalam dirimu. Perusahaan akan menyukai karyawan yang ketika sedang menghadapi suatu masalah dapat mengatasinya dengan baik.

Mencari akar masalah dari suatu kondisi mengharuskan kamu untuk dapat berpikir kritis dan kreatif. Melalui dua kemampuan ini, kamu akan lebih baik dan bijak dalam mencari solusi, menyelesaikannya dengan action, dan berakhir pada hasil yang memuaskan.

Itulah 6 soft skills dalam dunia kerja yang perlu kamu kuasai. Soft skills yang kamu miliki menandakan kamu adalah seorang profesional yang siap bersaing. Teman-teman semua setuju nggak dengan bahasan kali ini? Atau kalau ada soft skills lain yang ternyata dibutuhkan, boleh banget berikan komentar. Semoga bermanfaat!

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join MySkill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill