5 Keuntungan Menjual Produk Digital Ketimbang Produk Fisik!

Produk digital merupakan jenis produk yang dijual tidak dalam bentuk fisik melainkan berupa fail yang dapat diunduh. Beberapa produk digital ada juga yang bisa dicetak menjadi bentuk fisik, seperti tiket elektronik, buku elektronik, dan lain sebagainya.

Banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapat dari menjual produk digital. Salah satunya kamu tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk kebutuhan bahan-bahan produksi.

Produk fisik memang lebih dulu dan lebih banyak menguasai pasar. Akan tetapi, produk digital juga sudah mulai banyak diminati. Keuntungannya adalah kamu dapat mengambil pasar yang mungkin belum banyak terjamah dan menjadikannya sebuah terobosan baru.

Lantas, apa saja keuntungan menjual produk digital ketimbang produk fisik?  Mari simak berikut ini!

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

1. Modal Produksi Lebih Rendah daripada Produk Fisik

5 Keuntungan Menjual Produk Digital Ketimbang Produk Fisik!
Produk digital memerlukan modal yang lebih sedikit.

Dalam menjual produk fisik kamu akan memerlukan bahan mentah untuk produksi, biaya manufaktur, dan biaya penyimpanan atau sewa toko. Modal yang kamu perlukan untuk semua itu tentu akan besar. Keuntungan dari produk digital biaya modal yang akan kamu keluarkan akan lebih sedikit.

Dalam hal ini, kamu hanya akan membutuhkan lebih sedikit pegawai ketimbang menjual produk fisik di sebuah toko. Dengan ini, kamu dapat menghemat biaya kasir, sewa toko, dan jasa antaran produk.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

2. Jangkauan Pemasaran Produk Lebih Luas

5 Keuntungan Menjual Produk Digital Ketimbang Produk Fisik!
Internet adalah pasar yang bisa menembus batasan geografis.

Apabila hanya menjual produk melalui toko, kesempatan untuk mendapatkan akses pasar global akan sangat kecil. Namun, dengan internet kamu akan memiliki kesempatan menjangkau konsumen secara global. Sejatinya internet merupakan rumah bagi komunitas-komunitas yang tertarik pada produk digital.

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca panduan lengkap Graphic Design di sini.

3. Hanya Butuh Keterampilan dan Kreativitas dalam Membuat Produk

5 Keuntungan Menjual Produk Digital Ketimbang Produk Fisik!
Kamu dapat membuat produk digital dengan kemampuan dan kreativitas yang kamu miliki.

Apabila kamu memiliki skill kreatif, baik dalam hal kepenulisan, desain, musik, video, komputer dan/atau programming, tidak ada salahnya untuk mencoba membuat sebuah produk digital. Kamu hanya perlu membuat produknya dengan kualitas yang tinggi.

Koneksi internet juga menjadi kebutuhan yang tidak terlalu menyulitkan melihat tingginya penggunaan internet dalam kehidupan. Hal tersebut akan mendukung kemudahanmu dalam membuat dan menjual produk digital.

4. Tipe Produk Tidak Terbatas

5 Keuntungan Menjual Produk Digital Ketimbang Produk Fisik!
Kamu dapat memperluas pasar memanfaatkan beragam tipe produk.

Salah satu keuntungan terbesar dalam menjual produk digital adalah tidak adanya batasan terhadap tipe atau jenis produk yang kamu jual. Membuat jenis produk digital baru juga tidak memerlukan biaya besar seperti membuat produk fisik.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

5. Komunikasi Langsung Dengan Konsumen

5 Keuntungan Menjual Produk Digital Ketimbang Produk Fisik!
Internet dapat kamu manfaatkan sebagai jalan mengenal konsumen.

Produk digital menawarkan berbagai cara dalam hal berkomunikasi dengan konsumen. Dalam hal ini, kamu dapat menggunakan media sosial atau website agar dapat terkoneksi dengan konsumen secara terus menerus.

Demikian kelebihan yang ada dari pembuatan produk digital. Apabila ingin mengenal lebih banyak tentang manajemen produk digital, kamu dapat mengikuti kelasnya di MySkill.id! Pahami lebih baik tentang manajemen produk digital agar produk digitalmu makin kuat bersaing di pasaran!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill