Motivation Letter untuk Lamar Beasiswa dan Organisasi

Motivation letter merupakan salah satu berkas yang sering menjadi salah satu syarat ketika mendaftar beasiswa, magang, maupun organisasi. Tak heran, kita seringkali menemukan beragam contoh motivation letter dari berbagai media.

Secara umum, dokumen tersebut berisi gambaran tentang diri seseorang, mulai dari latar belakang pendidikan, prestasi, hingga tujuan dalam hidup yang ingin calon pelamar capai.

Lalu, bagaimanakah cara membuat motivation letter yang baik agar bisa lolos dalam seleksi? Yuk, simak dan ikuti 3 contoh berikut ini!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Contoh Motivation Letter Beasiswa

Motivation Letter untuk Lamar Beasiswa dan Organisasi
Contoh letter untuk program beasiswa

Langkah pertama sebelum kamu menyusun motivation letter adalah temukan korelasi antara latar belakang pendidikan, hobi, dan prestasi kamu dengan visi misi beasiswa tersebut.

Sebagai contoh, kamu adalah mahasiswa komunikasi yang ingin mengikuti program beasiswa dari industri perbankan. Dalam hal ini, kamu bisa menunjukkan kesiapan untuk berkontribusi dalam memajukan perekonomian sesuai jurusan yang kamu ambil.

Nah, agar lebih jelas, perhatikan motivation letter untuk beasiswa berikut ini:

Yth. Panitia Penyelenggara Beasiswa Bank Syariah Indonesia

Merujuk pada catatan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), literasi masyarakat terhadap perekonomian dan perbankan syariat masih berada di angka 9%, berbeda jauh dengan literasi terhadap bank konvensional yang telah mencapai angka 40%. Padahal, Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim paling banyak di dunia.

Saya Mohamad Salah, mahasiswa semester 3 program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, menulis surat ini sebagai bentuk ketertarikan terhadap program BSI Scholarship.

Sejak di bangku SMA, saya telah menekuni dunia literasi dan senang menulis berbagai jenis artikel, seperti pendidikan, ekonomi, politik, dan lain-lain. Tidak hanya itu, sebagai mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, saya memiliki cita-cita untuk menyebarkan ajaran Islam khususnya kepada generasi milenial di tanah air.

Oleh karena itu, saya tertarik untuk turut berkontribusi dan menjadi bagian dari awardee BSI Scholarship guna mewujudkan visi misi Beasiswa BSI dalam mencetak generasi muda yang berkarakter, amanah, dan menjadi teladan yang mampu berpartisipasi membangun keumatan, khususnya di bidang industri ekonomi maupun keuangan syariat.

Demikianlah motivation letter ini saya buat, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Mohamad Salah.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Contoh Motivation Letter Magang

Motivation Letter untuk Lamar Beasiswa dan Organisasi
Contoh letter untuk kegiatan magang

Kegunaan motivation letter berikutnya adalah untuk mendaftar program magang atau internship yang diadakan oleh perusahaan, komunitas, dan berbagai jenis startup di Indonesia. Langsung saja, berikut adalah contoh motivation letter magang yang bisa kamu ikuti:

Yth. Tim Rekrutmen Internship PT Cake House Indonesia

Desainer grafis merupakan salah satu profesi penting yang harus ada dalam sebuah perusahaan. Tidak hanya menarik konsumen, tampilan visual yang berkualitas juga menjadi salah satu cara membangun brand awareness sebuah produk.

Saya Lionel Messi, mahasiswa semester 5 program studi Bisnis Digital Universitas Padjadjaran, menulis surat ini sebagai bentuk ketertarikan untuk menjadi bagian dan berkontribusi bersama PT Cake House Indonesia.

Sejak berada di bangku SMA, saya telah terbiasa menggunakan berbagai aplikasi, seperti Adobe Photoshop,  Adobe Illustrator, Corel Draw, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, saya begitu antusias untuk mengikuti program internship khususnya pada posisi Graphic Designer.

Harapannya, melalui skill desain yang didukung oleh latar belakang pendidikan saya, yakni Fakultas Ekonomi dan Bisnis, saya mampu meningkatkan penjualan di PT Cake House Indonesia melalui strategi bisnis yang tepat dan company branding yang menarik.

Demikianlah motivation letter ini saya buat, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya, Lionel Messi.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

3. Contoh untuk Organisasi

Motivation Letter untuk Lamar Beasiswa dan Organisasi
Templat motivation letter untuk mendaftar organisasi

Fungsi motivation letter yang ketiga adalah untuk mengikuti sebuah organisasi, baik di dalam maupun luar kampus. Adapun berikut adalah contoh motivation letter yang bisa kamu pakai ketika mendaftar organisasi:

Yth. Ketua BEM Universitas Airlangga

Mahasiswa merupakan salah satu agen perubahan bagi kemajuan sebuah bangsa. Tidak hanya kemampuan akademik, mahasiswa dituntut untuk memiliki jiwa kepemimpinan dan integritas yang tinggi.

Saya Cristiano Ronaldo, mahasiswa semester 2 Fakultas Kedokteran Gigi, menulis surat ini sebagai bentuk ketertarikan untuk menjadi bagian dan berkontribusi bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) selaku organisasi tertinggi di Universitas Airlangga.

Dengan mengikuti BEM Universitas Airlangga, terdapat begitu banyak soft skill yang bisa saya kembangkan, seperti manajemen waktu, negosiasi, dan problem solving. Tidak hanya mencari ilmu, saya juga akan berkomitmen untuk menjalankan tugas sesuai divisi atau departemen yang telah saya pilih.

Demikianlah motivation letter ini saya buat, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Cristiano Ronaldo.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

Itulah beberapa contoh motivation letter untuk keperluan beasiswa, magang, dan organisasi. Nah, di samping mengikuti program scholarship maupun kegiatan kampus lainnya, yuk, persiapkan karier serta masa depanmu dengan mengikuti E-Learning dan Bootcamp hanya di MySkill!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill