5 Tips Interview Bahasa Inggris dan Contoh Pertanyaannya

Dewasa ini, memiliki keterampilan bahasa asing merupakan hal yang penting, khususnya bahasa Inggris. Banyak perusahaan yang mencantumkannya sebagai salah satu kualifikasi yang perlu dipenuhi oleh pelamar. Tak jarang pula terdapat perusahaan yang melakukan tahap interview dengan bahasa Inggris. Sudahkah sobat MySkill mengetahui cara melaluinya?

Bagi teman-teman yang tengah mempersiapkan diri untuk menghadapinya, pada kesempatan kali ini, MySkill ingin berbagi tips seputar interview bahasa Inggris. Yuk, simak bersama pembahasannya di bawah ini!

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

Tips Interview Bahasa Inggris

Untuk mempersiapkan interview bahasa Inggris, cobalah pelajari banyak kosakata yang terkait
Banyak perlatih guna menghadapi interview bahasa Inggris
1. Cari Tau Informasi Perusahaan

Baik wawancara biasa maupun bahasa Inggris, hal ini tetap menjadi langkah yang penting sebelum melakukannya. Mencari tau tentang perusahaan yang teman-teman ingin tuju dapat menjadi bekal yang penting. Selain itu, dari hal tersebut juga kalian akan mengetahui bagaimana cara spelling nama company dan pada bidang industri apa mereka berjalan. 

2. Pelajari Vocabulary Terkait Bidang yang Dilamar

Setelah mengetahui informasi perusahaan, kalian perlu mempelajari kosakata atau vocabulary terkait posisi yang kalian pilih. Jangan lupa pelajari pula vocabulary yang bersangkutan dengan bidang industri perusahaan tersebut. Dengan memperkaya vocabulary, kalian akan memahami pertanyaan dari interviewer dan dapat menjawabnya. 

3. Berlatih

Practice make perfect, berlatihlah jika ingin sukses menghadapi interview bahasa Inggris. Melalui banyak latihan, teman-teman akan terbiasa menjawab pertanyaan-pertanyaanya. Kalian bisa melakukan simulasi dengan teman atau merekam suara saat latihan di rumah. 

Hasil rekaman saat latihan tersebut bisa membantu kalian dalam memperbaiki pronunciation serta kesalahan lainnya. Di samping itu, berlatihlah juga di depan kaca untuk meningkatkan rasa percaya diri. 

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

4. Jangan Terburu-buru! Tetap Tenang dan Fokus

Jika kalian menjawab pertanyaan secara terburu-buru, interviewer akan sulit memahaminya. Selain itu, ketika sedang panik kalian akan kesulitan untuk fokus. Oleh karena itu, berusahalah tetap tenang supaya tetap fokus selama melakukan interview menggunakan bahasa Inggris. 

Salah satu contoh situasi yang bisa membuat panik adalah ketika pelamar tidak memahami pertanyaan yang diajukan. Jika menghadapi kondisi ini, jangan panik! Tetaplah tenang dan minta interviewer untuk mengulangnya kembali. Tenangnya pikiran dapat membantu dalam membangun struktur kalimat yang benar, sehingga jawaban kalian akan lebih mudah dipahami.

5. Pelajari Pertanyaan yang Biasa Ditanyakan

Saat melakukan latihan, cari tau beberapa pertanyaan yang biasanya pihak perusahaan ajukan pada pelamar. Pelajarilah hal tersebut, sehingga teman-teman bisa menjawabnya ketika melakukan interview dalam bahasa Inggris. Melalui hal ini, teman-teman akan lebih familier dengan pertanyaan-pertanyaan yang akan mereka ajukan nantinya. 

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

Contoh Pertanyaan yang Biasa Diajukan

Simak beberapa contoh interview bahasa Inggris di bawah ini
Pada interview bahasa Inggris pewawancara menanyakan hal terkait pelamar dan perusahaan

Sesuai penjelasan sebelumnya mengenai pertanyaan interview dalam bahasa Inggris, MySkill akan membahasnya lebih lanjut. Dilansir dari Wallstreet, berikut adalah contoh pertanyaan dalam interview bahasa Inggris yang kerap pewawancara tanyakan.

1. Pertanyaan Terkait Pelamar

Terdapat beberapa pertanyaan mengenai pelamar beberapa di antaranya adalah:

  • Can you tell me about yourself?

Pada interview bahasa Inggris, hal ini sering kali ditanyakan oleh pewawancara. Jawablah dengan memberi informasi dasar secara singkat. Kemudian ceritakan secara spesifik mengenai karier, kemampuan, dan latar belakang pendidikan.

  • Can you explain your strengths?

Jelaskanlah mengenai kelebihan teman-teman. Di samping itu, jangan lupa untuk berikan alasan mengapa hal tersebut bisa berdampak baik pada perusahaan. Sehingga mereka bisa yakin bahwa kalian adalah kandidat yang tepat.

  • Can you explain your weaknesses?

Memberitahukan pewawancara mengenai kekurangan secara jujur merupakan hal yang penting. Karena memahami keterbatasan diri sendiri adalah salah satu indikasi bahwa seseorang dapat melakukan refleksi diri. Selain itu, hal tersebut bisa menunjukkan bahwa kalian adalah kandidat yang dapat mereka percaya.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Pertanyaan Tentang Perusahaan

Guna mengenal pengetahuan kandidat lebih dekat, pewawancara akan menanyakan hal terkait company. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang terkait dengan perusahaan:

  • What do you know about this company?

Dengan menanyakan hal ini, pewawancara sebetulnya ingin memahami bagaimana teman-teman dapat tertarik dengan perusahaan mereka. Di samping itu, hal ini juga menjadi alat, guna mengetes sejauh mana pengetahuan kandidat mengenai tempat kerja yang mereka lamar. Karenanya, kandidat perlu mencari tahu sebelumnya.

  • Why are you interested in this job?

Pewawancara kerap kali mempertanyakan alasan mengapa kandidat tertarik pada pekerjaan tersebut. Guna menjawabnya, fokuslah pada alasan mengapa kalian melamar posisi itu. Misalnya, pekerjaan itu dapat memacu dan mengembangkan potensi teman-teman. 

3. Pertanyaan Lainnya

Selain tentang perusahaan dan pelamar, pewawancara juga akan menanyakan perihal lainnya di antaranya sebagai berikut:

  • How much do you expect to earn?

Pertanyaan mengenai gaji juga menjadi bagian dari interview bahasa Inggris. Walau ada beberapa perusahaan yang tidak menanyakannya. Namun, baiknya teman-teman persiapkan jawabannya. 

  • Where do you see yourself in five years’ time?

Sebuah perusahaan biasanya mencari kandidat penuh ambisi dan memiliki kemampuan problem solving. Maka dari itu, tunjukkan bahwa kalian memiliki visi dan ambisi. Jangan lupa untuk meresponnya dengan penuh percaya diri. 

Nah, itu dia tips interview bahasa Inggris dari MySkill! Apakah teman-teman sudah siap menghadapi interview bahasa Inggris? Matangkan persiapan kalian bersama MySkill.id melalui kelas Sukses Menghadapi Wawancara Kerja.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Editor: Wida Kurniasih